Cara Bangun Rumah 50 Juta yang Tetap On-budget

Pembangunan rumah baru pada umumnya membutuhkan dana mencapai ratusan juta rupiah. Dana tersebut meliputi keperluan material bangunan, jasa arsitek, jasa desain interior, dan upah pekerja.

Mengetahui besar dana secara umum ini kerap membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk memulai pembangunan rumah. Padahal, kalau mau berhemat dan tahu triknya, biaya pembangunan rumah baru bisa ditekan hingga 50 jutaan saja. Tidak percaya? Simak tips jitu bangun rumah 50 juta dari Kania berikut ini!

Sesuaikan Lahan dengan Dana yang Ada

pixabay.com

Dengan dana sebesar 50 juta, kamu bisa membangun rumah baru di atas lahan sekitar 40 meter persegi hingga 60 meter persegi. Rumahnya sendiri bisa dibangun 1 lantai dengan tipe 21 atau 36. Saat merencanakan bangun rumah 50 juta ini, pertimbangkan secara matang ruangan yang wajib berdiri sendiri dan ruangan yang bisa digabung dengan ruangan lain. 

Kamar mandi cukup satu saja untuk digunakan bersama. Jumlah kamar tidur dapat disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Sementara itu, dapur dan ruang makan dapat digabung, begitu pula dengan ruang keluarga dan ruang tamu.

Pilih Konsep Hunian yang Paling Tepat

dekoruma.com

Saat bangun rumah 50 juta, kamu tidak bisa sembarangan memilih konsep hunian. Konsep yang terlalu mewah hanya akan menambah biaya dan membuat properti terasa sempit. Sebaiknya pilih konsep hunian yang sederhana, tapi tetap estetik seperti Japandi. Konsep ini mengedepankan fungsi hunian yang nyaman, barang-barang terorganisir dengan baik, serta penggunaan furnitur yang multifungsi dan space-saving di hunian.

Heim Studio Yver Meja Makan Multifungsi

Salah satu contoh furnitur esensial yang multifungsi dan space-saving adalah meja makan lipat seperti model di atas. Meja makan ini memiliki tiga buah laci dan bagian permukaan meja di sisi kanan-kiri dapat dilipat ketika tidak digunakan sehingga tampilannya jadi seperti meja konsol untuk meletakkan aneka dekorasi. Meja makan serbaguna ini bisa digunakan untuk 2 hingga 4 orang. Bangun rumah 50 juta berukuran mungil pun jadi terasa lebih menyenangkan dengan furnitur semacam ini.

Cari Material Bangunan yang Terjangkau

pixabay.com

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak material bangunan yang harganya terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya. Alih-alih menggunakan rangka kayu untuk atap, kamu bisa pertimbangkan rangka atap baja ringan yang lebih murah. Ingat, pilihlah material yang murah terjangkau, tapi tetap berkualitas untuk bangun rumah 50 juta. Bukan pilih yang murahan dan mengorbankan keselamatan penghuni di kemudian hari.

Memilih Jasa Tukang

pixabay.com

Saat bangun rumah 50 juta, kamu tidak wajib menggunakan jasa kontraktor. Cukup cari tukang yang profesional dan berpengalaman. Tanyakan info ini kepada kerabat atau tetangga di sekitar calon rumah baru kamu. Untuk urusan menata interior, kamu bisa melakukannya sendiri. Tak perlu sekaligus untuk semua ruangan, mulai saja dari #SatuSudutDulu. Kumpulkan inspirasi-inspirasi interior dari berbagai situs seperti Dekoruma.

Isi Rumah Secara Bertahap

pixabay.com

Memiliki properti untuk dihuni berarti kamu harus menyiapkan furnitur juga. Dengan dana bangun rumah 50 juta yang terbatas, pastikan untuk membeli furnitur esensial terlebih dulu. Kamu bisa beli furnitur baru ataupun yang bekas tapi masih layak pakai.

Adapun, furnitur esensial yang wajib ada di hunianmu di antaranya adalah meja makan, tempat tidur, lemari, dan perlengkapan dapur. Seiring waktu menghuni rumah baru, kamu bisa menambah furnitur-furnitur lain secara bertahap setiap bulannya mulai dari #SatuSudutDulu.

Ide Desain Bangun Rumah 50 Juta

Bagaimana dengan desainnya? Tenang, Kania akan berikan beberapa ide desain untuk bangun rumah 50 juta. Mungil, tapi tetap nyaman dihuni!

Minimalis dengan Taman Mungil

prohomedecors.com

Bangun rumah 50 juta termasuk taman juga dapat diwujudkan. Rumahnya didesain minimalis dengan atap datar. Di sisi depan dan samping terdapat area mungil untuk menanam bunga favorit. Sementara itu, warna putih yang menyelimuti bangunan plus aksen kayu pada bagian depan rumah membuatnya tampil cantik dan menawan.

Lantai Mezzanine

treehugger.com

Bangun rumah 50 juta untuk sendiri atau berdua saja? Coba terapkan desain lantai mezzanine seperti ini. Bagian lantai mezzanine digunakan untuk kamar tidur. Anak tangganya dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Kamar mandinya mungil, tapi bersih. Di sisi lain, ada dapur yang tertata rapi dengan perlengkapan yang minimalis. Tidak ketinggalan ada pula rak gantung sebagai penyimpanan yang space-saving.

Bangun Rumah 50 Juta dengan Dinding Kaca

supermodel-bestawards.com

Rumah mungil rawan terasa sesak. Maka dari itu, kamu bisa pertimbangkan bangun rumah 50 juta dengan dinding kaca. Penggunaan dinding kaca akan membuat bagian dalam rumah lebih terang. Pandangan dari dalam ke luar rumah pun lebih luas dan plong. Jadi, rasa sesak di rumah mungil dapat diminimalisir.

Apakah kamu sudah siap bangun rumah 50 juta dengan tips jitu di atas? Yuk, semangat menabung untuk wujudkan rumah impian dengan desain yang kamu sukai!

Kalau kamu tidak mau repot membangun rumah, kamu juga bisa lho langsung membeli rumah baru sesuai budget dan kebutuhan melalui Dekoruma Properti! Terdapat banyak pilihan tipe rumah dengan harga terbaik dari berbagai lokasi di Jabodetabek, seperti rumah baru di Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang. Selain itu, ada pula rumah dijual dari tangan kedua dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Jakarta Selatan, Bogor, dan BSD.

Nggak perlu pusing juga soal furniturnya karena kamu pun bisa menemukan aneka furnitur yang space-saving dan multifungsi dengan harga terjangkau di Dekoruma. Dekoruma jual meja & kursi makan, sofa, rak buku, nakas, hingga tempat tidur. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!