Aneka Model Sekat Ruang Tamu Minimalis yang Bisa Kamu Tiru

Ruang tamu diciptakan khusus di area rumah paling depan. Hal ini dilakukan demi menjaga privasi para penghuni. Dinding yang menghalangi antar ruang akan membatasi pandangan tamu. Namun, di rumah berukuran mungil, rasanya agak kurang cocok untuk mendirikan dinding pembatas di ruang tamu karena akan membuat ruangan terkesan tambah sempit dan pengap. Lantas, muncullah ide untuk menggunakan sekat ruang tamu.

Sekat ruang tamu sejatinya berupa pembatas atau penghalang pandangan ke ruangan di sekitarnya. Sifatnya non-permanen alias bisa dipindahkan. Biasanya, ukurannya juga tidak sebesar dinding sehingga lebih spacesaving. Bukan sekadar penyekat, ini dia 5 ide sekat ruang tamu pilihan Kania yang bisa bikin hunianmu makin stylish!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Pagar Kayu dengan Celah Kecil

dekoruma.com

Sekat ruang tamu minimalis yang satu ini terbuat dari kayu. Papan-papan kayu yang ramping disusun secara vertikal dan memiliki celah kecil. Desain sekat ruang tamu seperti ini dapat memberikan efek ruangan yang lebih tinggi dan juga lapang. Pada beberapa bagian, ada pula lubang horizontal berbentuk persegi panjang yang cocok dijadikan tempat meletakkan dekorasi mungil.

Lalu, apakah kamu menyadari jika bentuk sekat ruang tamu ini seperti huruf L? Bentuk seperti ini memungkinkan kamu untuk memperluas area ruang tamu karena bisa membingkai satu area tanpa terpaku pada ukuran dinding yang ada. 

Rak Multifungsi

dekoruma.com

Lahan pada hunian mungil wajib dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan sekat ruang tamu yang multifungsi sebagai rak juga. Sekat ruang tamu multifungsi bergaya Japandi ini didominasi oleh bagian yang tertutup, sedangkan bagian yang terbuka terdiri dari beberapa ukuran dan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman hias, bingkai foto, dan pajangan lainnya.

Sekat ruang tamu ini memiliki ketebalan yang pas sehingga tidak mudah roboh dan tetap kokoh membatasi ruangan. Material kayu dengan aksen serat alami menjadikannya tampil serasi untuk dipadukan dengan segala warna dan desain interior.

Pilar Stylish nan Mewah

dekoruma.com

Lahan mungil bukanlah penghalang untuk kamu memiliki hunian yang stylish dan mewah. Ide sekat ruang tamu yang cocok dengan konsep ini adalah sekat yang berupa pilar mungil. Diameter pilar disesuaikan dengan luas hunian. Beri jarak antar pilar sekitar 1,5 hingga 2 meter supaya tidak menghalangi jalur lalu-lalang. Agar tetap tampil minimalis, hindari memberi ukiran rumit pada bagian pilar.

Pakai Sekat, Tetap Lapang

dekoruma.com

Pemakaian sekat ruang tamu kerap menimbulkan masalah baru seperti hunian yang terasa sesak. Khusus untuk hunian super mungil, coba ikuti ide sekat ruang tamu dari kaca ini. Dengan demikian, ruangan akan tetap terlihat lapang dan hemat pencahayaan lampu di siang hari. Sekat ruang tamu kaca ini pun dilengkapi dengan aksen kerangka dari besi warna hitam. Minimalis sekaligus stylish tanpa perlu mengeluarkan usaha ekstra.

Multifungsi Jadi Panel TV dan Rak Pajang

dekoruma.com

Sebagian orang menjadikan ruang keluarga sebagai ruang tamu juga. Wajar saja kalau ada TV di ruang tersebut. Kondisi ini juga bisa menjadi ide sekat ruang tamu yang menarik. Supaya spacesaving, pilih sekat ruang tamu multifungsi yang dapat digunakan juga sebagai panel TV dan rak untuk memajang aneka dekorasi atau benda kesayanganmu. 

Graver Rak TV dengan Laci Luxury

Sekat ruang tamu yang multifungsi sebagai panel TV akan menopang dengan kokoh jika dibuat permanen. Lalu, bagaimana kalau kamu ingin menggunakan sekat ruang tamu ini pada hunian yang sudah selesai dibangun?

Tenang saja karena ada lemari rak TV dari Graver dengan model serupa yang bisa kamu jadikan sekat ruang tamu. Desainnya sederhana, memiliki banyak rak, bahkan laci dan juga lemari kaca, dan pastinya kokoh karena menggunakan material particle board berkualitas.

Memberikan sentuhan stylish pada hunian, terbukti bisa dilakukan dengan kelima ide sekat ruang tamu minimalis tadi. Kania paling suka inspirasi sekat ruang tamu yang pertama karena modelnya Japandi banget. Kalau kamu, paling suka dengan ide yang mana, nih?

Temukan artikel dengan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain baca artikel, kamu juga bisa sekaligus belanja furnitur dan aksesoris rumah secara online, lho. Tak perlu khawatir kalau punya rumah mungil, hias saja hunianmu mulai #SatuSudutDulu dengan aneka furnitur space-saving dan aksesoris cantik. Misalnya saja dengan menambahkan sofa minimalis, credenza, bohlam & lampu led, meja kerja yang nyaman, rak sepatu, nakas, karpet, ataupun vas & pot bunga. Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma!