Inspirasi Placemat Meja Makan yang Estetik dan Menawan

Suka risih melihat meja makan yang mendadak kotor karena ada tumpahan sisa makanan atau cipratan minuman yang meninggalkan noda? Kamu bisa menyiasatinya dengan menaruh beberapa placemat di atas meja makan, yaitu di masing-masing area makan tiap anggota keluarga.

Placemat nggak cuma bisa meminimalkan tumpahan makanan ke meja secara langsung sehingga membuat area tersebut jadi senantiasa bersih dan rapi. Melainkan, placemat juga ampuh menjadi ornamen dekoratif yang bisa membuat meja makan kamu auto keren dan mewah.

Banyak, lho pilihan placemat yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipakai di meja makanmu, mulai dari model, material, dan bentuknya yang beragam. Akan tetapi, sebaiknya kamu sesuaikan dengan konsep desain interior ruang makanmu ketika memilih aksesoris rumah yang fungsional satu ini. Yuk, langsung saja intip inspirasi model placemat yang keren dan menawan dari Kania di bawah ini!

Alami dan Kece Pakai Placemat Tenunan

Danari YORA Alas Piring / Placemat Tenun Eceng Gondok Motif Hachi

Placemat tenunan dari bahan-bahan alami bisa membuat suasana meja makanmu makin kece dan natural. Model placemat tenunan ini cocok banget buat melengkapi desain interior rumah yang mengusung tema nuansa alam, seperti tropis, Japandi, ataupun Skandinavian.

Bahan alaminya pun sangat beragam. Salah satunya, kamu bisa menggunakan placemat tenunan eceng gondok yang unik seperti inspirasi di atas. Placemat ini ditenun dengan tetap mempertahankan warna naturalnya. Pastinya, placemat ini bakal pas banget untuk menjadi tatakan piring, gelas, beserta sendok dan garpu. Meja makan jadi lebih rapi dan estetik, deh!

Placemat yang Simpel nan Elegan

Maiika Ville Ars-en-Re (2)- Putih- Placemat Square 30×45 CM

Jangan berpikir bahwa placemat yang keren dan menawan itu harus memiliki motif yang ramai. Dengan menggunakan placemat yang simpel berwarna dasar natural, seperti putih, justru meja makanmu bakal terlihat lebih elegan dan berkelas. Lihat saja placemat pada gambar di atas!

Placemat yang satu ini terbuat dari bahan polyurethane dengan sedikit motif yang simpel. Walaupun terlihat sederhana, placemat ini nyatanya ampuh banget bikin meja makan jadi terkesan mewah. Ukurannya juga nggak terlalu besar dan tetap space-saving sehingga cocok juga untuk dipajang di meja makan mungil. Supaya makin klop, tambahkan aneka dekorasi atau alat makan yang bernuansa mewah juga, ya!

Estetik dan Natural dengan Placemat Bambu

UCHII Bamboo Placemat Long Natural Cloth Alas Piring Tatakan Meja Biru

Placemat dari bambu masih jadi favorit sampai sekarang. Hal ini karena placemat yang terbuat dari bahan alami dianggap lebih aman sebagai alas peralatan makan, lebih awet, serta mampu menambah estetika yang nggak bisa diganti dengan material lainnya.

Kalau kamu tertarik dengan placemat bambu, jangan pakai yang modelnya biasa-biasa saja. Coba gunakan placemat bambu dengan tambahan motif yang terkesan etnik sehingga meja makan jadi makin estetik. Salah satunya, kamu bisa lirik produk dari brand UCHII yang menawarkan placemat dari anyaman bambu natural dan dipadu dengan motif kain bernuansa ombak biru yang menciptakan suasana oriental khas Jepang.

Placemat Nggak Harus Bentuk Persegi Panjang

Maiika Loey G- Rose Gold- Placemat Round Dia 38 CM

Persegi atau persegi panjang memang merupakan bentuk placemat pada umumnya. Akan tetapi, nggak ada salahnya kamu menggunakan bentuk placemat lainnya yang nggak kalah keren. Contohnya, kamu bisa memilih placemat berbentuk bundar untuk menjadi alas peralatan makan di meja makanmu.

Tidak sulit, kok mencari placemat bundar yang keren. Salah satunya, kamu bisa menggunakan placemat seri Loey G dari brand Maiika yang ada di Dekoruma! Placemat ini sangat cocok untuk manjadi alas piring dan gelas ketika kamu sedang makan. Pilihan warnanya juga beragam dengan sentuhan gaya metalik, mulai dari rose goldsilver, emas, dan bronze. Pastinya meja makan kamu akan terlihat lebih modern dan keren!

Placemat Kayu yang Anti Panas

Dekornata Large Wooden Slice 25 – 30 Tatakan Kayu Besar

Kalau kamu mengusung desain interior Japandi di hunian, jangan lupa untuk mempertimbangkan penggunaan placemat dari material kayu di meja makan. Placemat kayu umumnya bukan sebagai alas piring makan, tapi lebih ke arah sebagai alas untuk mencegah panas dari mangkok, gelas, sampai panci. Di samping itu, placemat kayu juga multifungsi menjadi dekorasi yang estetik dan space-saving untuk meja makanmu.

Kalau nggak mau pusing, kamu bisa langsung pilih placemat kayu dengan kesan alami yang kental dari brand Dekornata di atas. Terbuat dari kayu mahoni dengan ukuran diameter 28 sentimeter, placemat ini bisa ditaruh di tengah meja untuk menjadi alas peralatan makan & minum serta peralatan masak yang masih panas. Dengan begitu, permukaan meja makan kamu akan tetap aman.

Jadi, model placemat mana, nih yang mau kamu pilih supaya meja makanmu makin kece, rapi, dan mewah? Yuk, cari dan temukan lebih banyak lagi model placemat estetik yang kamu suka di Dekoruma!

Selain placemat, Dekoruma juga jual beragam jenis furnitur untuk di dapur dan ruang makanmu, lho! Beberapa di antaranya, ada meja & kursi makan, kabinet dapur, troli dapur, serta aneka rak bumbu. Yuk, percantik ruang makan kamu mulai dari #SatuSudutDulu bersama Dekoruma!