Yums! Siapa sih yang bisa menolak godaan dari semangkuk es krim? Baik di musim hujan ataupun kemarau, untuk anak-anak sampai orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun menyukainya. Tesktur yang lembut, sensasi dingin yang menyegarkan dan berbagai rasa yang menarik membuat semua orang menyukai es krim.

Hanya saja, banyak juga orang yang mencoba menghindari es krim karena takut es krim dapat mengganggu diet mereka. Wah, padahal banyak sekali manfaat yang terkandung dalam es krim loh!

wholefully.com

Berbagai kandungan dan vitamin baik dalam es krim dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga menurun tekanan darah. Kandungan susunya juga bisa mencegah gigi berlubang dan juga menetralisir racun yang ada di dalam makanan. Itu baru sedikit dari banyaknya kegunaan es krim loh! Hihihi.

Jangan takut untuk mengonsumsi es krim hanya karena kamu sedang diet. Dengan es krim berbahan buah-buahan yang sehat, sebagai resep es krim bebas lemak yang cocok untuk pola makan sehat.

wholefully.com

Bahan dasar utama resep es krim sehat adalah buah pisang! Selain memberikan rasa manis yang alami, buah pisang juga mampu memberikan tekstur creamy yang lembut seperti es krim pada umumnya. Es krim dengan bahan dasar buah pisang ini sering juga disebut sebagai es krim vegetarian. Bebas lemak dan gula loh! Selaras dengan gaya hidu sehat.

Cara pembuatannya sangat simpel dan mudah loh! Dengan memakai peralatan dapur praktis, kamu bisa membuat es krim dengan berbagai rasa dengan menambahkan beberapa bahan bersama dengan pisang. Ini dia beberapa rasa resep es krim sehat yang bisa kamu buat di rumah

1. Resep es krim pisang

wholefully.com

Kamu tidak akan percaya kalau es krim ini hanya dibuat dari potongan pisang yang sudah dibekukan! Es krim rasa pisang ini cocok untuk cemilan di waktu apapun loh. Bahkan es krim ini dapat memberikan manfaat baik untuk radang tenggorokan atau perut kamu.

Bahan es krim pisang:

  • 2 buah pisang, sudah dipotong dan dibekukan.

Gunakan blender untuk menghaluskan buah pisang beku selama kurang lebih 3 menit, sampai memiliki tekstur lembut yang menyerupai es krim. Hidangkan segera!

2. Resep es krim coklat

wholefully.com

Es krim dengan rasa coklat adalah salah satu rasa umum yang selalu menjadi pilihan orang-orang. Sekarang kamu bisa buat es krim coklat yang sehat tapi tetap nikmat dan tidak kalah dengan es krim coklat yang kamu beli di luar.

Bahan es krim coklat:

  • 2 buah pisang, sudah dipotong dan dibekukan.
  • 1 sdm bubuk coklat tanpa pemanis
  • ¼ sdt ekstrak vanili

Blender potongan buah pisang beku, bubuk coklat dan ekstrak vanili selama kurang lebih 3 menit, sampai memiliki tekstur lembut yang menyerupai es krim. Hidangkan segera!

3. Resep es krim stoberi

wholefully.com

Es krim stoberi ini memberikan warna terang yang sangat cantik ya. Campuran dari buah pisang dan stoberinya memberikan sensasi rasa asam manis yang menyegarkan baik untuk lidah maupun hati.

Bahan es krim stoberi:

  • 1 buah pisang, sudang dipotong dan dibekukan
  • 100 gr buah stroberi beku
  • ½ sdt ekstrak vanili

Blender potongan pisang beku, stoberi dan ekstrak vanili selama kurang lebih 3 menit, sehingga memiliki tekstur lembut yang menyerupai es krim. Hidangkan segera.

4. Resep es krim kacang

wholefully.com

Yums! Resep es krim yang satu ini bisa semakin nikmat kalau dipadukan dengan saus coklat di atasnya. Membayangkannya saja jadi tidak sabar untuk mencicipinya. Hihihi.

Bahan es krim selai kacang:

  • 2 buah pisang, sudah dipotong dan dibekukan
  • 2 sdm selai kacang
  • secubit garam

Blender potongan pisang beku, selai kacang dan garam selama kurang lebih 3 menit, sehingga memiliki tekstur lembut yang menyerupai es krim. Hidangkan segera.

5. Resep es krim pina colada

wholefully.com

Rasakan sensasi rasa asam yang menyegarkan. Langsung teringat pada pinggir pantai deh. Campuran dari buah pisang, nanas dan santan kelapa yang membuat resep es krim kamu semakin creamy!

Bahan es krim pina colada:

  • 1 buah pisang, sudah dipotong dan dibekukan
  • 75 gr nanas kalengan
  • 125 ml santan kelapa
  • 2 sdm coconut flakes yang tidak dimaniskan

Blender potongan pisang beku hingga mencapai tekstur lembut menyerupai es krim. Tambahkan nanas kalengan, santen kelapa dan coconut flakes, lalu blender lagi sampai merata. Hidangkan langsung atau kamu bisa menghidangkannya setelah dibekukan selama 10-15 menit.

Nah itu dia beberapa es krim sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Cemilan sehat untuk menikmati segala aktivitas kamu!

Sedikit tips dari Kania, jangan gunakan pisang yang masih hijau untuk resep es krim kamu ya, karena rasanya masih kurang pas untuk dijadikan es krim. Semakin matang pisang, maka semakin manis rasa es krim yang akan kamu dapatkan. Untuk Kania sih, lebih menyukai rasa pisang dengan tingkat kematangan yang pas. Selamat memasak!

Sedang mencari alat masak baru yang berkualitas? Dekoruma solusinya! Dekoruma jual peralatan memasak yang lengkap, mulai dari panci, spatula, wajan, saringan, hingga cetakan kue.

Selain peralatan masak, ada juga aneka jenis furnitur untuk hunianmu. Dekoruma jual rak gantung, sofa bed, meja belajar, hingga lemari pakaian. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!