Inspirasi Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Dak teras merupakan salah satu bagian dari konstruksi rumah yang kehadirannya sangat penting. Sesuai dengan namanya, dak teras ini berada di bagian atas teras dan menggunakan material beton. Fungsinya untuk menahan beban bangunan, serta pelindung dari teriknya sinar matahari dan tetesan air hujan. Tidak sedikit juga yang kerap menyebut model dak teras rumah minimalis modern ini sebagai atap teras.

Kamu mau bangun rumah atau melakukan renovasi? Cari inspirasi dulu dari 5 model dak teras rumah minimalis modern yang sudah Kania kumpulkan di bawah ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern dengan Genteng

atap.co

Sebenarnya, teras tidak semuanya berukuran besar. Model dak teras rumah minimalis modern juga tidak harus selalu mendatar. Kamu bisa mengakali keterbatasan dana dan ruang dengan model dak teras rumah minimalis modern seperti ini. Posisinya miring dan dilapisi genteng, seperti atap rumah pada umumnya. Posisi miring ini membuat ukuran model dak teras rumah minimalis lebih ringkas, tapi tidak mengurangi daya halau matahari dan air hujan.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Sekaligus Lantai Balkon

archdaily.com

Kalau yang ini adalah inspirasi model dak teras rumah minimalis modern yang ukurannya besar dan menggunakan beton. Karena ukurannya ini, area teras sangat aman dari sinar matahari dan hujan. Sementara itu, bagian atasnya dijadikan balkon besar. Model ala kanopi balkon lantai 2 ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai taman atau area untuk barbecue.

Menyatu dengan Alam

tallboxdesign.com

Bagi kamu yang suka bersantai di teras dan ingin lebih menyatu dengan alam, maka model dak teras rumah minimalis modern ini tidak boleh dilewatkan. Bagian pilar dak teras dibuat menggunakan batu bata dan semen. Sedangkan, bagian atasnya menggunakan kaca sehingga kamu bisa menikmati sinar mentari pagi, keindahan awan, serta keasrian taman. Namun, karena sifatnya yang transparan, lebih disarankan model dak teras rumah minimalis modern ini dibangun di halaman belakang agar tidak mengganggu privasi.

Bentuk T untuk Ruang Pohon

habitusliving.com

Punya rumah modern serba beton, tapi tidak melupakan tanaman hijau adalah hal yang keren. Kamu mungkin ingin model dak teras rumah minimalis modern yang full coverage, tapi merasa kasihan karena pohon-pohon tidak bisa mendapatkan sinar matahari.

Nah, coba desain huruf T seperti gambar di atas saja. Celah di kedua sisi dak teras bisa jadi ruang bagi pohon bertumbuh. Bonusnya, saat matahari bersinar, teras kamu kebagian bayangan pohon yang estetik. Bagian permukaan tanah ditutupi batu kerikil supaya lantai teras tidak mudah kotor oleh cipratan tanah ketika hujan.

Olymplast Sofa Plastik – SOFA CHAIR RATTAN OSCR 1 SEATER – Grey

Namanya teras, belum sah kalau belum ada kursi dan meja untuk ngopi di pagi hari. Salah satu rekomendasi dari Dekoruma adalah kursi rotan persembahan Olymplast. Kursi rotan yang identik dengan kesan tradisional dimodifikasi dengan warna abu-abu dan kombinasi material plastik yang lebih modern. Pastinya tetap aman diletakan di luar ruangan sepanjang waktu.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Sekaligus Kanopi Garasi

livinspaces.net

Model dak teras rumah minimalis modern berikutnya multifungsi sebagai kanopi garasi. Ukurannya sengaja dibuat mengikuti lebar rumah. Model dak teras rumah minimalis modern ini juga tergolong space-saving karena tiang penyangganya hanya ada di sisi kanan dan kiri rumah. Bagian tengah yang bersih tanpa tiang kanopi membuat garasi lebih leluasa untuk mobil, motor, dan penghuninya berjalan kaki.

Semoga kelima model dak teras rumah minimalis modern tadi dapat memberi pencerahan saat kamu hendak membangun rumah, ya. Agar dak teras tersebut bisa berfungsi dengan baik, pastikan untuk menggunakan material berkualitas dan ukurannya disesuaikan dengan kondisi rumah masing-masing. 

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya! Selain artikel, beragam jenis furnitur untuk hunianmu juga ada di Dekoruma, lho dan bisa langsung kamu beli secara online. Mulai dari kasur, sofa, lemari pakaian, rak dinding, hingga meja kerja, semuanya tersedia.

Namun, kalau kamu lebih suka belanja langsung ke toko, bisa juga kunjungi showroom Dekoruma terdekat di kota-mu. Di Dekoruma Experience Center, kamu pun #BebasCobain furnitur dan aksesoris yang diinginkan. Yuk, cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma!