Mengenal Konsep Hunian Aparthouse

Di era modern seperti sekarang ini, mencari properti yang tepat terasa sulit. Terlebih untuk kamu yang tinggal di perkotaan. Harga properti berupa rumah baru setiap tahunnya mengalami kenaikan harga sehingga makin sulit untuk menemukan hunian terbaik. Namun, kini terdapat solusi baru untuk kamu yang sedang mencari hunian, yakni aparthouse.

Mungkin istilah hunian ini masih asing di telingamu karena memang belum terlalu banyak diterapkan di Indonesia. Jika kamu belum pernah mendengar tentang aparthouse dan bagaimana konsep dari properti hunian yang satu ini, Kania akan mengajak kamu mengenali serba-serbinya melalui ulasan di bawah ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Apa Itu Aparthouse?

dekoruma.com

Aparthouse adalah konsep rumah apartemen yang populer di kawasan Amerika Serikat sejak tahun 1870-an. Konsep hunian ini tercipta untuk mengatasi lonjakan jumlah penduduk yang mengakibatkan krisis rumah dan keterbatasan lahan di kawasan perkotaan.

Dengan adanya konsep hunian rumah apartemen ini, masyarakat kini mendapatkan opsi properti baru melalui hunian yang terdiri dari 3 hingga 4 lantai serta memiliki luas layaknya kamar pada apartemen studio. Di samping itu, hunian ini juga biasanya dibangun dalam konsep split level dan dibuat layaknya rumah bertingkat. Dengan demikian dapat menampung sebanyak dua hingga tiga kamar tidur.

Meskipun sekilas tampak mirip dengan townhouse, tapi rumah apartemen ini dibangun dengan ukuran dan luas yang terbatas. Selain itu, aparthouse pun biasanya memiliki status kepemilikan berupa Sertifikat Hak Milik (SHM), berbeda dengan apartemen yang berstatus Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Tujuan Pembuatan

contemporist.com

Kehadiran aparthouse memberikan solusi pada generasi muda yang ingin memiliki properti berupa rumah tapak, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, hunian ini pun menawarkan kepraktisan yang dibutuhkan oleh masyarakat modern, utamanya terletak pada lokasi yang biasanya berada di pusat kota.

Dengan hadirnya konsep rumah apartemen ini, tentunya kamu bisa memiliki rumah baru yang lokasinya super strategis sehingga mempermudah mobilitas. Terlebih lagi, saat ini ada banyak sekali aparthouse yang ditawarkan dengan harga kompetitif.

Keunggulan Aparthouse

shutterstock.com

Aparthouse juga menawarkan banyak keunggulan sehingga dapat dijadikan pertimbangan oleh kamu yang sedang mencari rumah baru. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, rumah apartemen juga biasanya dirancang dengan desain modern sehingga sangat cocok dimiliki oleh generasi muda. Dijual dengan harga kompetitif, konsep rumah apartemen juga umumnya telah didukung dengan teknologi smart home sehingga semakin mempermudah kamu saat mengelola rumah.

Kekurangan Aparthouse

shutterstock.com

Meskipun memiliki banyak keunggulan, kamu juga tetap harus mengetahui bahwa properti yang satu ini memiliki sejumlah kekurangan. Perlu kamu ketahui, aparthouse biasanya memiliki fasilitas umum yang minim dan dibangun di lahan dengan luas terbatas. Pilihan tipe unitnya juga cenderung terbatas. Selain itu, hunian ini umumnya memiliki tata letak yang kurang ramah untuk diakses lansia.

Aparthouse vs Compact House

shutterstock.com

Banyak orang kerap menyamakan keberadaan aparthouse dengan compact house. Padahal, kedua tipe properti tersebut sangatlah berbeda. Perbedaan utamanya sendiri terletak pada ukuran, di mana aparthouse biasanya hanya memiliki ukuran 12 hingga 45 meter persegi. Sedangkan, compact house ukurannya jauh lebih besar.

Mengenai pengaplikasiannya, compact house biasanya dikhususkan untuk keluarga kecil dengan fungsi layaknya rumah, tapi dengan desain yang lebih fleksibel karena dilengkapi dengan dapur kering serta basah. Kendati demikian, umumnya compact house tidak memiliki fasilitas selengkap rumah apartemen, termasuk keberadaan aparthouse yang biasanya berlokasi strategis berdekatan dengan berbagai fasilitas publik.

Buat kamu yang sedang mencari properti, apakah kamu tertarik tinggal di aparthouse? Semoga pembahasan dari Kania di atas dapat membantu kamu memutuskan tinggal di hunian terbaik, ya!

Kamu bisa, lho temukan pilihan aparthouse melalui Dekoruma Properti! Selain itu, ada banyak juga pilihan apartemen dan rumah biasa dengan harga terjangkau di berbagai daerah yang berlokasi strategis. Beberapa di antaranya ada rumah baru di Jakarta Barat, rumah dijual di Bekasi, dan apartemen di Tangerang. Yuk, langsung saja cek selengkapnya!