Begini Cara Menata Ruang Rumah Minimalis agar Lebih Rapi

Ketika menata ruang tamu, ada banyak elemen yang perlu dihadirkan. Bukan hanya sekedar meletakkan sofa dan meja kopi, tapi juga dekorasi dan memperhatikan pencahayaan. Kemudian, semua elemen tadi harus ditata dengan tepat. Pasalnya, beda penataan akan beda pula hasil tampilan akhir. Apalagi untuk tata ruang rumah minimalis yang mungil. Bersikap sembarangan bisa membuatnya semakin sempit dan tidak nyaman disinggahi.

Oleh karena itu, ada banyak orang yang mencari bagaimana menata ruang tamu di dalam rumah agar terlihat minimalis dan tetap cantik. Nah, biar kamu tidak salah dalam menata ruang rumah , coba deh, ikuti 6 tips tata ruang rumah minimalis berikut ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


 Aplikasi Warna Cerah dan Netral

dekoruma.com

Banyak orang yang bermain aman dengan warna serba putih untuk menata ruang tamu mungil dan minimalis. Padahal ada pilihan warna netral lainnya yang bisa membuat ruang tamu tampil lebih lapang dan terang. Misalnya saja beige dan aneka warna pastel.

Selanjutnya agar tata ruang rumah minimalis ini semakin menarik, gunakan perpaduan tone warna. Sofa dan karpet menggunakan warna beige. Sedangkan dindingnya dicat warna ivory.

Gunakan Furnitur Multifungsi dan Space-saving

dekoruma.com

Gaya Japandi bisa dijadikan acuan untuk tata ruang rumah minimalis yang mungil. Di antaranya adalah dengan penggunaan furnitur multifungsi dan spacesaving

Heim Studio MAKO Meja Tamu

Furnitur meja sekaligus wadah penyimpanan tidak boleh terlewatkan. Meja tamu MAKO dari Heim Studio memiliki permukaan meja yang dapat dibuka dan desainnya cocok untuk tata ruang rumah minimalis.

Di dalamnya ada area penyimpanan dengan 3 sekat untuk mempermudah kamu menata barang. Selain itu, permukaan meja yang sedang dalam keadaan terbuka akan menjadi lebih tinggi dan dapat dimanfaatkan pula sebagai meja kerja.

Manfaatkan Space dengan Bijak

dekoruma.com

Rumah mungil zaman sekarang umumnya dibuat bertingkat. Oleh karena itu manfaatkan space dengan bijak dalam menata ruang rumah yang minimalis. Area void dan bawah tangga bisa dijadikan untuk ruang tamu Japandi yang minimalis dan homey.

Sofa cukup dibuat merapat ke dinding. Bila membutuhkan space tambahan ketika banyak tamu, gelar karpet dan ciptakan area lesehan dadakan. Gunakan juga rak dinding atau ambalan sebagai area dekorasi yang spacesaving pada tata ruang rumah minimalis.

Cermin untuk Tata Ruang Tamu Minimalis

dekoruma.com

Dalam menata ruang tamu minimalis berukuran mungil, cermin sering dihadirkan pada dinding yang berhadapan dengan TV. Cermin yang sifatnya memantulkan bayangan dapat menciptakan efek tampilan ruangan yang lebih luas. Bentuk cermin juga dapat kamu sesuaikan dengan gaya interior masing-masing sehingga multifungsi juga sebagai hiasan yang menawan. 

Dekorasi Secukupnya untuk Tata Ruang Tamu Minimalis

dekoruma.com

Tata ruang rumah minimalis yang cantik bisa-bisa buyar karena dekorasi yang berlebihan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu hanya menggunakan dekorasi sederhana yang anti gagal seperti tanaman hias.

Bila ukuran tanaman hias tersebut besar, letakkan di sudut ruang tamu. Jika berukuran mungil, letakkan saja di atas meja kopi. Selain jadi cantik, ruang tamu dan rumah kamu bakal lebih asri.

Tirai yang Berbahan Ringan

dekoruma.com

Tips tata ruang rumah minimalis berikutnya seringkali terlupakan, yaitu terkait pemilihan tirai. Sebaiknya pilih tirai yang materialnya ringan. Dengan demikian, suasana di dalam ruang tamu juga semakin ringan. Cahaya matahari pun bisa menembus dengan mudah sehingga ruang tamu di rumah jadi lebih terang.

Pastikan juga untuk mengukur panjang tirai, jangan sampai menjuntai karena membuat langit-langit rumah terlihat rendah. Sebaliknya jika jendela berukuran kecil, pasanglah tirai lebih tinggi dari posisi jendela dengan ukuran panjang melebihi bagian bawah jendela. Tips menata ruang rumah yang minimalis ini bisa membuat langit-langit terlihat tinggi.

Keenam tips tata ruang rumah minimalis tadi dapat kamu terapkan sendiri di rumah, lho. Awali dengan merencanakan budget, serta mengukur ruangan dengan furnitur yang diincar. Jika masih ragu, serahkan saja ke tim desain interior Dekoruma yang siap menata ruang tamu minimalis di rumah mungil kamu!

Selain jasa desain interior, Dekoruma juga menyediakan berbagai aneka furnitur lengkap dengan kualitas terbaik, seperti sofa ruang tamu, meja tamu, peralatan dapur, hingga tempat tidur. Dapatkan juga berbagai promo menarik yang bisa kamu dapatkan saat belanja furnitur di Dekoruma, mulai dari gratis ongkir, diskon, hingga cashback! Yuk, cek Dekoruma sekarang juga dan temukan produk impianmu!