Serba-Serbi Alat Masak Silikon dan Kayu Beserta Rekomendasinya

Alat masak wajib tersedia di seluruh hunian. Terlebih lagi, kini makin banyak alat untuk masak atau kitchen utensils yang bisa kamu gunakan sehingga kegiatan memasak jadi lebih praktis dan menyenangkan untuk dilakukan. Di pasaran, terdapat dua jenis alat memasak favorit yang biasa digunakan, yaitu yang terbuat dari material silikon dan kayu, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, jika kamu bingung memilih mana yang pas untuk digunakan di rumah, Kania akan membagikan serba-serbi mengenai alat masak silikon dan kayu. Di akhir pembahasan juga ada beberapa rekomendasi produknya yang bisa kamu pilih. Yuk, langsung saja simak selengkapnya!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Perbedaan Alat Masak Silikon dan Kayu

Ada beberapa faktor yang bisa memperlihatkan perbedaan alat masak silikon dan kayu secara signifikan. Di antaranya adalah dari segi material, penggunaan, desain, perawatan, dan harganya. Yuk, simak selengkapnya!

1. Karakter Material

shutterstock.com

Untuk alat memasak berbahan kayu, material yang digunakan biasanya berbahan kayu jati asli atau teak wood dengan finishing food-grade beeswax sehingga aman digunakan. Penggunaan bahan tersebut juga membuatnya tergolong awet dan tahan lama, terlebih ada banyak kitchen utensils kayu berbobot ringan sehingga tetap nyaman saat digunakan.

Sementara itu, alat memasak silikon dibuat dari bahan food grade, memiliki karakter ringan, berukuran tebal, tapi tetap kuat. Saat ini, ada juga beberapa produk alat masak silikon yang telah dilengkapi dengan handle berbahan kayu sehingga mudah digunakan serta memberikan tampilan yang cantik.

2. Penggunaan Saat Memasak

shutterstock.com

Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis hidangan. Namun, khusus untuk alat masak berbahan silikon, maksimal panas yang didukung oleh alat ini yakni 230 derajat.

Selain itu, kitchen utensils yang terbuat dari bahan silikon seperti spatula juga tidak akan menggores panci atau wajan saat digunakan, serta tidak akan menempel pada panci atau wajan. Berbeda dengan yang terbuat dari bahan kayu, jika kamu kurang berhati-hati menggunakannya, maka permukaan wajan kamu bisa saja tergores.

3. Desain Alat Masak

dekoruma.com

Peralatan masak berbahan kayu memiliki tampilan desain klasik yang sangat cocok digunakan di berbagai konsep desain dapur. Sementara itu, alat masak silikon tampil dengan banyak warna sehingga cocok digunakan pada hunian bergaya modern. Bahkan peralatan masak yang terbuat dari bahan silikon juga memiliki desain yang sangat beragam sehingga tak hanya cocok digunakan untuk memasak, tapi juga untuk menyajikan makanan.

4. Perawatan Alat Masak Silikon dan Kayu

shutterstock.com

Kedua alat masak ini memerlukan teknik perawatan yang berbeda. Untuk yang berbahan silikon, biasanya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga penggunaannya tidak merepotkan. Sementara itu, yang terbuat dari bahan kayu memerlukan proses pembersihan yang lebih detail agar sisa makanan bisa lenyap dan tidak menempel pada permukaannya karena bisa menyebabkan timbulnya jamur.

5. Harga Alat Masak Silikon vs Kayu

shutterstock.com

Kedua alat untuk memasak ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Mengenai harganya, yang terbuat dari kayu biasanya dijual dengan banderol lebih murah jika dibandingkan dengan yang berbahan silikon. Hal ini karena biasanya alat masak silikon telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern.

Rekomendasi Alat Masak Silikon dan Kayu Terbaik

Melalui penjelasan di atas, mungkin kamu telah memutuskan untuk menggunakan bahan alat masak apa di rumah. Sebagai referensi, Kania memiliki daftar rekomendasi peralatan masak silikon dan kayu yang bisa kamu pertimbangkan.

Danari JIRA Spatula Silikon

Danari JIRA Spatula Silicone

Rekomendasi pertama adalah spatula dari Danari JIRA yang dibuat  dengan silikon food grade serta dipadukan dengan gagang berbahan kayu sehingga nyaman saat digunakan. Tak hanya itu saja, alat masak silikon ini pun memiliki desain yang tebal, kuat, mudah dibersihkan, serta tidak akan menggores panci ataupun wajan kamu.

Danari JIRA Scrapper Silikon

Danari JIRA Scrapper Silicone

Ada pula scrapper berbahan silikon dari Danari JIRA. Alat masak yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk menyajikan kue ataupun makanan. Selain itu, produk ini juga mudah dibersihkan dan anti lengket sehingga dapat tidak akan merusak peralatan masak kamu yang lainnya jika saling bersentuhan.

Danari JIRA Pencapit Makanan Silikon

Danari JIRA Pencapit Makanan Silicone 30 cm

Selanjutnya adalah pencapit makanan yang juga dibuat dari bahan silikon sehingga kamu bisa sekaligus melindungi wajan, panci, bahkan piring dari goresan. Sama seperti kedua produk sebelumnya, alat memasak yang satu ini pun dibuat dari material food grade sehingga aman digunakan.

Danari JIRA Sendok Saring

Danari JIRA Sendok Saring Silicone

Ada pula sendok saring yang juga dibuat menggunakan bahan silicone non stick sehingga tidak akan menempel pada panci ataupun wajan yang digunakan. Sendok saring yang satu ini pun tak hanya anti lengket, tapi juga sangat mudah dipakai dan dibersihkan. Dengan begitu, kamu tak akan repot saat atau setelah menggunakannya.

Dekornata Mona Wooden Tongs – Capitan Kayu

Dekornata Mona Wooden Tongs Capitan Kayu Makanan

Jika kamu menginginkan alat masak berbahan kayu, maka kamu bisa mempertimbangkan produk dari Dekornata yang satu ini. Dibuat dari material kayu berkualitas dan kuat, capitan makanan ini tak hanya awet digunakan, tapi juga siap membuat tampilan dapur kamu makin terlihat cantik dan elegan.

Itulah beberapa perbedaan alat masak berbahan silikon dan kayu beserta rekomendasi produknya. Yuk, temukan lebih banyak lagi berbagai alat masak terbaik dan berkualitas di Dekoruma!

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis peralatan dapur lainnya untuk kamu. Mulai dari wajan, panci, kotak makanan, toples, pisau, talenan, hingga loyang & wadah panggang pun ada. Lengkap banget, ‘kan?

Bahkan, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set untuk mewujudkan dapur impian kamu, lho! Kami siap melayani untuk di berbagai kota, mulai dari pembuatan kitchen set di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, hingga kitchen set Surabaya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!