Selama ini, yang ada di bayangan orang-orang mengenai apartemen adalah hunian vertikal yang sempit dan mahal dengan 1 atau 2 kamar tidur saja. Padahal, tidak semua apartemen seperti itu. Harga apartemen bisa dibilang lebih terjangkau dari rumah tapak. Ada juga apartemen yang berukuran besar dan memiliki 3 kamar tidur atau lebih, lho! Bahkan, biasanya dilengkapi dengan balkon pribadi yang berukuran besar, sangat cocok untuk keluarga beranggota banyak. Untuk urusan layout ruang atau desain interior apartemen 3+ kamar tidur tentunya butuh perencanaan yang matang.

Nah, buat kamu yang masih meragukan ukuran apartemen untuk ditinggali oleh seluruh anggota keluarga, mari simak desain interior apartemen 3+ kamar tidur berikut ini. Siapa tahu kamu berminat untuk membeli apartemen 3 kamar di waktu mendatang!

Desain Interior Apartemen 3+ Kamar Tidur dengan 2 Kamar Mandi

Referensi desain interior apartemen 3+ kamar tidur yang pertama adalah yang dilengkapi dengan 2 kamar mandi. Biasanya, satu kamar mandi untuk digunakan bersama dan satunya lagi berada di dalam kamar tidur utama. Masing-masing kamar berukuran cukup besar hingga bisa meletakkan TV dan kasur berukuran double bed. Umumnya, tiap kamar tidur juga dilengkapi dengan balkon mini untuk meletakkan tanaman dan menciptakan sirkulasi udara yang lancar.

Pada desain interior apartemen 3+ kamar tidur seperti ini, sebaiknya bagian dapur dibatasi dengan tembok dari ruangan lainnya. Dengan demikian, asap yang muncul pada saat memasak tidak akan mudah menyebar ke area lainnya di apartemen. Kamu juga perlu menggunakan cooker hood untuk memperlancar sirkulasi udara dapur yang berada di apartemen 3 kamar tidur ini.

Selain itu, buatlah ruang makan pada desain interior apartemen 3+ kamar tidur yang menyatu dengan ruang keluarga. Untuk membedakan areanya, kamu bisa menggunakan karpet di bagian ruang keluarga, sedangkan area makan tanpa karpet.

Desain Interior Apartemen 3+ Kamar Tidur Dua Lantai

Jika kamu berpikir unit apartemen hanya terdiri dari satu lantai, maka kamu salah besar. Di sejumlah apartemen, ada juga unit yang memiliki dua lantai. Cukup luas untuk menampung seluruh anggota keluarga, bukan? Tidak kalah elitnya dengan rumah tapak!

Desain interior apartemen 3+ kamar tidur dengan dua lantai cukup menarik. Lantai pertama biasanya digunakan sebagai ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Hasilnya, ruang keluarga memiliki area yang cukup luas untuk bersantai. Semua anggota keluarga pun akan semakin senang untuk berkumpul di sana.

Sementara itu, pada lantai dua, desain interior apartemen 3+ kamar tidur biasanya dikhususkan untuk ruang tidur dan kamar mandi. Posisi kamar tidur yang ada di lantai dua pada desain interior apartemen 3+ kamar tidur ini membuat privasi seluruh penghuni apartemen menjadi lebih terjaga karena tamu hanya memiliki ruang gerak di lantai pertama.

Akan tetapi, desain interior apartemen 3+ kamar tidur ini tidak disarankan untuk keluarga dengan anggota yang sudah lanjut usia. Hal ini karena mungkin mereka akan kesulitan dan lebih cepat merasa lelah untuk naik atau turun tangga setiap hari.

Desain Interior Apartemen 3+ Kamar Tidur Ekstra Luas dengan Balkon

Desain interior apartemen 3+ kamar tidur berikutnya akan membuat kamu ingin memilikinya. Dua kamar tidur tambahan berukuran besar dibuat bersebelahan. Bagaimana tidak, unit apartemen ini memiliki luas yang cukup besar. Umumnya, desain interior apartemen 3+ kamar tidur seperti ini dilengkapi dengan balkon di dekat ruang keluarga. Balkonnya sendiri cukup luas sehingga kamu bisa meletakkan beberapa bangku dan meja. Di sudut-sudutnya kamu bisa meletakkan tanaman dalam pot untuk menyegarkan suasana dan mempercantik tampilan balkon.

Kamu bisa mengatur penataan ruangan sesuka hati. Misalnya saja di seberang balkon apartemen tadi adalah kamar tidur utama dengan kamar mandi pribadi. Biasanya, di dalam kamar tidur pun ada lagi akses menuju balkon lain yang bisa digunakan untuk bersantai atau menyambut matahari pagi.

Untuk dapur, kamu bisa menggunakan model kitchen set letter L supaya lebih leluasa. Bisa juga dibuat dengan posisi yang tertutup ataupun terbuka dan menyatu dengan ruangan lain. Space dapur yang cukup luas ini sangat cocok untuk penghuni apartemen yang suka memasak.

Idealnya, ruang makan dalam desain interior apartemen 3+ kamar tidur seperti ini tidak menyatu dengan dapur, melainkan berada di sebelah ruang dapur dan menyatu dengan ruang keluarga. Jika ada sisa ruang atau space kosong, walau kecil bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan peralatan bersih-bersih, koleksi buku, dan sebagainya.

Desain Interior Apartemen 3+ Kamar Tidur Sederhana dengan 1 Kamar Mandi

Pada desain interior apartemen 3+ kamar tidur lainnya, ada yang hanya memiliki 1 kamar mandi untuk digunakan seluruh penghuni apartemen. Memang cukup menghemat ruangan, tapi kamu harus bersabar untuk mengantre menggunakan kamar mandi sehari-hari.

Desain interior apartemen 3+ kamar tidur ini memiliki ukuran yang berbeda pada tiap kamarnya, tapi tetap nyaman untuk ditinggali dan diisi dengan aneka furnitur. Meski tanpa balkon, kamar tidur akan terasa tetap terang dan memiliki sirkulasi udara yang lancar karena biasanya dilengkapi dengan jendela.

Ruang keluarganya memiliki area yang cukup luas dan bisa digunakan juga untuk menerima tamu. Dapurnya pun memiliki ukuran yang luas. Tinggal tentukan saja model kitchen set-nya. Karena desain interior apartemen 3+ kamar tidur ini cukup besar, ruang makan pun bisa disatukan dengan dapur.

Desain Interior Apartemen 3+ Kamar Tidur Super Luas dengan Taman Pribadi

Desain interior apartemen 3+ kamar tidur yang satu ini tidak kalah luasnya dengan rumah tapak. Tiga kamar tidur yang ada di unit apartemen ini berukuran cukup luas hingga bisa memuat kasur berukuran king dan memiliki kamar mandi pribadi. Bahkan, kamar mandinya pun masing-masing bisa memiliki bathtub. Sementara itu, di bagian luar kamar tidur biasanya ada juga sebuah kamar mandi yang bisa digunakan anggota keluarga ataupun tamu.

Dapur pada layout apartemen seperti ini biasanya berukuran cukup luas dan terpisahkan oleh dinding dengan area lainnya di apartemen. Buat kamu yang gemar memasak bisa meletakkan berbagai macam perlengkapan masak dan berkreasi untuk menciptakan masakan yang nikmat. Area ruang makan bisa dibuat menyatu dengan ruang keluarga, hanya dibatasi dengan partisi.

Yang menarik dari desain interior apartemen 3+ kamar tidur model ini adalah kehadiran balkon dan taman yang cukup luas tidak seperti unit apartemen pada umumnya. Saking luasnya, kamu bisa meletakkan kursi dan meja kecil untuk bersantai. Kehadiran area taman ini bisa kamu  manfaatkan untuk menyalurkan hobi bercocok tanam.

Sebaiknya, pilihlah rumput sintetis untuk menutupi lantai, kemudian letakkan sejumlah tanaman hijau berukuran sedang dalam pot atau bunga warna-warni. Unit apartemenmu akan terlihat lebih segar dan cantik!

Kira-kira, sudah tahu layout atau penataan desain interior apartemen 3+ kamar tidur seperti apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan keluargamu? Kalau sudah, selanjutnya tinggal memilih style yang kamu inginkan untuk unit apartemen kamu. Untuk hasil yang lebih maksimal, mulai dari penataan ruang hingga pemilihan gaya, serahkan saja kepada jasa desain interior Dekoruma. Desainnya space-saving, prosesnya pun jelas dan transparan!