Saat mendesain dapur impian, banyak pilihan layout yang bisa dipilih. Namun salah satu yang paling favorit dan masih sering digunakan adalah kitchen set letter U. Mengapa demikian? Dengan bentuk menyerupai huruf U atau tiga titik utama di bagian dapur, kitchen set letter U ternyata punya banyak keunggulan tersendiri. Langsung pahami mengapa desain kitchen set ini bisa ideal juga untuk hunian kamu!

Cara Menciptakan Kitchen Set Letter U

Siapapun pasti mendambakan dapur idaman yang efisien supaya aktivitas bekerja dan memasak jadi gampang. Untuk itu, dibutuhkan tatanan 3 komponen utama dalam dapur yaitu:

  • Area Mencuci : penempatan bak cuci dan rak pengeringan.
  • Area Memasak : posisi kompor, oven dan zona untuk persiapan memasak
  • Area Storage : terdiri dari rak dan laci dapur, termasuk juga kulkas dan lemari.

Dari 3 komponen utama ini maka hadirlah konsep kitchen set letter U yang bisa mencakup semua kebutuhan secara luwes. Dengan desain yang tepat, desain kitchen set ini bisa saling mendukung dengan jarak yang berdekatan. Kinerja di dapur jadi lebih ringkas dan cepat karena semua posisi mudah diakses. 

Baik untuk rumah maupun di cafe dan restoran, banyak yang memilih konsep kitchen set letter U yang dinilai praktis. Semua kebutuhan mencuci, memasak dan menyimpan makanan jadi ekstra efisien. 

8 Keuntungan Menggunakan Kitchen Set Letter U

1. Cocok Untuk Dapur Kecil Sekalipun

Hanya memiliki ruang dapur yang sedang ukurannya bahkan kecil? Tidak perlu khawatir, karena desain kitchen set ini justru sangat ideal untuk dapur yang mini. Tatanan kitchen set letter U bisa memberikan efisiensi tanpa harus banyak bergerak, kamu jadi lebih hemat energi tidak perlu menghabiskan banyak langkah kaki. Pastikan saja ada jarak sekitar 1.5 meter antara setiap area, supaya nyaman untuk kebutuhan dapur jangka panjang.

2. Juga Ideal Untuk Dapur Besar

Lalu apakah artinya kitchen set letter U tidak cocok untuk dapur besar? Justru kebalikannya! Desain kitchen set tetap akan lebih efisien karena area dapur jadi terpusat dengan baik. Untuk dapur berukuran sedang hingga besar, kitchen set  dapat dioptimasi dengan area memasak atau storage yang lebih maksimal. Struktur dan tata ruang tetap nyaman, tanpa harus terasa terlalu berjauhan. 

3. Pilihan menambahkan area duduk

Tergantung dari ukuran dapur yang ada, desain kitchen set letter U sangat ideal untuk ditambahkan dengan area duduk. Bayangkan pada ruang dapur yang cukup memadai, sisi terbuka pada kitchen set dapat ditaruh sebuah meja bar lengkap dengan dua kursi tinggi. Pastikan saja akses keluar masuk tetap nyaman dan kamu akan memiliki satu area dapur yang lengkap dengan area makan yang lebih personal. 

4. Bisa Juga Menambah Kitchen Island

Kitchen Island merupakan fitur tambahan yang kerap hadir di berbagai dapur modern, yaitu berupa meja atau stasiun kerja terpisah untuk menyiapkan makanan, menyimpan benda dan memiliki desain senada dengan dapur. Keberadaan kitchen island akan ideal ditambahkan ke dapur, supaya ada area ekstra untuk memotong, meletakkan, atau memajang benda.

Sama prinsipnya dengan menambahkan meja bar atau area duduk tambahan, kitchen island bisa ditambahkan pada sisi terbuka dari kitchen set letter U. Yang penting ukurannya harus disesuaikan agar akses keluar masuk tidak sampai menyulitkan. 

5. Dapur Lebih Mudah Dirapikan

Kitchen set letter U seperti membentuk ruang pribadi yang mudah untuk dipertahankan kerapiannya. Bayangkan, dengan adanya rak atau kabinet yang mengelilingi semua kegiatan dapur, artinya semua pernak-pernik dapur tinggal diletakkan secara rapi pada tempatnya masing-masing. Tidak ada lagi istilah perangkat dapur yang terletak terpisah sendiri, karena semua terpusat pada konsep kitchen set yang saling menyatu.

6. Praktis & Bisa Dipersonalisasi

Mau meletakkan wastafel di sisi tengah? Atau lebih suka di bagian sisi kiri atau kanan? Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan atau posisi rumah. Kemudahan aransemennya yang menjadikan kitchen set letter U sangat favorit. 

Tinggal susun antara area mencuci, memasak dan storage sesuai keinginan lalu personalisasikan. Sebut saja ada posisi jendela, maka sebaiknya kompor diletakkan berdekatan agar asap dan bau dapur bisa segera keluar secara alami. Area mencuci lalu bisa disesuaikan dengan alur pipa sedangkan area menyimpan bisa menggunakan bidang terbesar dari area dapur.

7. Meminimalisir Bahaya Api

Kitchen set letter U memudahkan dalam hal mencegah resiko kecelakaan yang bersumber dari api atau kompor. Dengan posisi jarak berdekatan antara dua titik air dan api, maka cukup membalikkan atau langsung menjangkau sumber air untuk memadamkan kompor yang bermasalah. 

8. Desain fleksibel jangka panjang

Karena desain kitchen set letter U yang fleksibel seperti disebutkan di atas, aransemen ini juga dianjurkan untuk mereka yang harus menggunakan bantuan kursi roda atau punya pergerakan terbatas tetapi tetap ingin memasak. Untuk hunian keluarga milik sendiri atau bukan rental, pilihan kitchen set pasti cocok digunakan jangka panjang. 

Tips Optimasi Kitchen Set Letter U

Kitchen set letter U sangat menarik untuk terus diperkaya dengan berbagai fitur tambahan, mulai dari instalasi lampu hingga tambahan furnitur yang mendukung. Beberapa tips yang sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan kitchen set letter U antara lain:

1. Menambahkan lampu di tengah ruangan

Agar kitchen set tetap terkesan cerah dan plong, pastikan bagian tengah ruangan sudah ditambahkan dengan lampu berkapasitas cukup. Pilihan lampu juga akan menambah estetika kitchen set, misalnya dengan bentuk lampu gantung yang manis dan atraktif. 

2. Sambungkan bagian sudut kitchen set

Pada bagian sudut dari kitchen set satu ini bisa dibuat secara bersambung supaya bagian rak jadi maksimal. Posisi pintu kabinet tidak harus saling bersenggolan atau susah dibuka tutup, karena bisa dipadukan agar bersatu di tengah. Sama halnya juga jika memilih konsep rak terbuka, usahakan agar bagian sudut bersambung sehingga tampilan kitchen set letter U makin luwes. 

3. Pilih pallet warna natural

Karena kitchen set letter U bersifat mengelilingi ruangan dapur, maka wajar jika ada yang khawatir ruangan jadi lebih gelap. Ini bisa disiasati dengan memilih warna kitchen set yang natural seperti putih, krim atau abu-abu ala Japandi. Pantulan cahaya pada kitchen set justru saling kompak dan membuat ruangan dapur senantiasa cerah bersih. 

4. Eksperimen bahan berbeda

Agar kitchen set terlihat anti mainstream dan lebih unik, jangan ragu untuk mencoba bahan-bahan berbeda. Sebut saja gagang besi, berpadu lemari kayu dengan jendela rak berbingkai kaca. Untuk permukaan kitchen set bisa menggunakan bahan marmer yang bercorak natural, sedangkan wastafel tetap tampil modern dengan material stainless steel anti karat. Bisa dipastikan, kombinasi kitchen set jadi tambah apik!

Nah, jadi makin yakin enggak, sih, memilih desain kitchen set letter U? Tim Dekoruma menyarankan untuk terus jajaki kemungkinan desain ini agar penampilan dapur jadi cantik abadi sepanjang waktu. Lengkapi kitchen set dengan perlengkapan dapur dan aksesoris lainnya, cuma dari Dekoruma