Cara Memilih Kipas Angin Dinding yang Ideal

Kipas angin dinding selalu diandalkan oleh keluarga Indonesia untuk menyejukkan seisi rumah. Listriknya lebih hemat dibandingkan menggunakan AC. Jika dibandingkan dengan kipas angin jenis lainnya, model kipas angin ini pun tergolong space-saving dan efisien karena digantungkan di dinding bagian atas sehingga jangkauan anginnya lebih luas.

Akan tetapi, jangan sembarang pilih kipas angin dinding. Perhatikan tips dan rekomendasi terbaiknya dari Kania di bawah ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Perhatikan Ukuran Kipas Angin Dinding

shutterstock.com

Meski diletakkan di atas dinding dan tidak mengganggu lalu lintas penghuni, tetap saja kamu harus menyesuaikan ukuran kipas angin tersebut. Untuk ruangan besar, tentu kipas anginnya harus besar supaya dapat menjangkau semua sudut.

Sebaliknya, kipas angin dinding kecil lebih cocok untuk ruangan yang mungil agar hembusan angin minimumnya tidak terasa berlebihan. Sementara itu, untuk baling-balingnya, ukuran standar yang cukup untuk menyejukkan ruangan adalah 16 inch dengan diameter 40 cm dan berjumlah 3 bilah.

Pilih yang Dilengkapi Remote Control

shutterstock.com

Karena berada di bagian atas, kipas angin dinding sulit dikontrol menggunakan tangan. Baik untuk mengatur kecepatan, menyalakan, atau menyesuaikan arah angin. Dengan remote control, kamu bisa mengatur kipas angin tanpa perlu memanjat terlebih dulu. Jika tidak ada remote control, idealnya kipas angin tersebut memiliki tali untuk menarik tombol pengatur kecepatan angin.

Bobot Kipas Angin dan Kualitas Dinding

shutterstock.com

Sebelum memilih kipas angin dinding atau wall fan, kenali dulu kualitas dari dinding rumah masing-masing. Jika tipis dan tidak memiliki konstruksi yang kuat, dinding dapat retak ketika dipasang kipas angin tersebut. Masing-masing kipas angin memiliki bobot dan cara pemasangan yang berbeda. Kamu bisa berkonsultasi dengan penjual kipas angin terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Kemudahan Bongkar Pasang

shutterstock.com

Kipas angin wajib dibersihkan dari debu supaya bisa mengeluarkan angin dengan lancar. Karena posisinya di atas, tentu kamu harus cari kipas angin dinding yang mudah dilepas-pasang. Cari tahu apakah bagian penopangnya menggunakan sekrup pengaman atau hanya berupa cantolan besi yang bisa diangkat. Begitu pula untuk kerangka dan baling-balingnya. Apabila bisa dilepas-pasang dengan mudah, kamu akan lebih nyaman membersihkannya dengan alat pembersih berupa kain lap atau bahkan air.

Ketahui Daya dan Voltase Kipas Angin Dinding

shutterstock.com

Beda kipas angin maka beda pula daya dan voltasenya. Kipas angin dinding pada umumnya memiliki daya 30-50 watt. Ketahui daya dan voltase dari kipas angin yang kamu incar, lalu pertimbangkan apakah kapasitas listrik di rumah sudah sesuai.

Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik

Bingung memilih kipas angin dinding yang terbaik? Tenang, berikut ini Kania juga punya beberapa rekomendasi produknya untukmu. Yuk, langsung saja kita simak bersama!

1. Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFW

Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFW

Kipas angin wall fan dari Cosmos ini memiliki bilah berukuran 16 inch yang dilengkapi 3 level kecepatan dan tombol berhenti. Baling-balingnya dibuat lebar sehingga dapat menyebarkan angin sejuk lebih merata. Daya listriknya sendiri sebesar 46 watt.

2. Panasonic Wall Fan F-EU409

Panasonic Wall Fan F-EU409 Kipas angin Dinding (Diameter 40 Cm)

Kipas angin dari brand Panasonic yang satu ini memakan daya 40 watt. Kecepatan kipas anginnya mencapai 2.640 m³/h. Kendati demikian, mesinnya tidak berisik sehingga cocok untuk menemani waktu tidur.

3. Miyako Wall Fan 16 Inch

Miyako Wall Fan 16 Inch – KAW1689RCPL

Berikutnya ada kipas angin wall fan Miyako yang dilengkapi dengan remote control dan tombol soft touch. Ukuran bilah kipasnya 16 inch dengan daya 65 watt dan voltase 220 volt. Tinggal gantungkan saja pada dinding ruangan di hunian dan nyalakan kipasnya dari sofa atau tempat tidur kamu menggunakan remote, maka angin sejuk langsung menyebar ke seluruh ruangan.

4. Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFG

Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFG

Kali ini ada kipas angin dinding dengan warna hitam yang bakal membuat rumah tampil elegan dan modern. Bilah kipas dirancang khusus untuk menghasilkan angin sejuk dan merata ke seluruh ruangan. Daya listriknya sendiri 46 watt saat dinyalakan.

5. Miyako Desk Wall Fan 12 Inch

Miyako Desk Wall Fan 12 Inch – KAD1227BPL

Rekomendasi yang terakhir datang dari merek Miyako lagi. Kipas angin dinding ini multifungsi sebagai kipas angin meja juga. Selain itu, kipas angin ini juga dilengkapi fitur thermofuse yang mampu mencegah motor kipas menjadi over heat. Bahannya terbuat dari plastik sehingga mudah dibuka dan bobotnya ringan. Daya listrik yang dibutuhkan 45 watt dengan tegangan 220 volt.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kalau mau beli kipas angin dinding ‘kan? Dengan adanya beberapa rekomendasi di atas, Kania harapkan kamu bisa segera memiliki produk kipas angin terbaik untuk dipasang di tembok rumahmu, ya!

Selain memasang kipas angin yang space-saving, pastikan juga kamu menghadirkan furnitur-furnitur multifungsi yang berkualitas supaya tiap ruangan di hunianmu jadi makin efisien. Kamu bisa, lho temukan aneka jenis furnitur multifungsi di Dekoruma! Mulai dari sofa bed, tempat tidur, lemari pakaian, rak display, rak sepatu, meja makan, bahkan Dekoruma juga jual kursi kantor.

Pastinya produk-produk tersebut bisa kamu beli secara online melalui aplikasi ataupun website Dekoruma. Namun, kalau lebih suka belanja langsung ke toko, kamu juga bisa kunjungi showroom Dekoruma terdekat di kota-mu. Apalagi, di Dekoruma Experience Center (DEC) kamu bisa bebas cobain furnitur dan aksesoris yang diinginkan. #EnaknyaAdaDekoruma cari barang keperluan rumah jadi makin mudah!