Tips Memilih Sayuran yang Baik Agar Tetap Segar

Sayuran memang baik untuk kesehatan dan dikonsumsi setiap hari. Tapi hal tersebut tidak berlaku kalau kamu menggunakan sayuran yang kurang berkualitas. Sudah hilang gizinya, banyak bakteri jahat, masakan jadi kurang menarik dan nikmat. Bagi yang baru pertama kali mau memasak sayur, pastinya masih bingung cara memilih sayuran yang baik di pasaran. Oleh karena itu, simak pembahasan cara memilih sayuran yang baik berikut ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Perhatikan Warna Sayur

pixabay.com

Ciri sayuran yang baik dan segar bisa langsung dikenali dari warna sayur itu sendiri. Sayur yang segar tidak akan terlihat pucat. Sayuran yang pada dasarnya berwarna hijau, akan berwarna hijau segar bukannya kuning kecoklatan.

Tapi jangan buru-buru terlena dengan warna cantik dari sayur. Jika warna terlalu mencolok, bisa jadi ada tambahan pewarna buatan. Cara memilih sayuran yang baik tanpa bahan pewarna adalah dengan merendam sayuran tersebut dalam air, jika luntur sebaiknya jangan digunakan.

Cara Memilih Sayuran yang Baik dengan Mencium Aromanya

pixabay.com

Sayuran yang segar dan berkualitas memiliki aroma khas sayur tersebut. Aroma tersebut dapat dijadikan panduan cara memilih sayuran yang baik. Apabila ada aroma busuk atau tidak semestinya, sayur tersebut perlu dicurigai. Penggunaan pestisida yang berlebihan pada sayur juga dapat mempengaruhi aroma, seperti ada bau obat atau zat kimia yang menyengat. Lalu, ketika dimasak ada rasa pahit khas obat-obatan.

Rasakan Tekstur Sayur

pixabay.com

Sayuran yang segar memiliki tekstur kasar dan kuat. Cara memilih sayuran yang benar adalah dari teksturnya bergantung pada jenis sayur tersebut. Sayur daun-daunan tidak layu ataupun berlubang. Batangnya pun mudah dipatahkan. Sedangkan sayur umbi-umbian seperti wortel dan kentang dapat dilihat dari tekstur kulitnya yang tidak keriput, bagian dalamnya keras, dan tidak ada lubang.

Adelaides Wadah Makanan Silicon 1500 ml

Agar tekstur dan kualitas sayuran tetap terjaga, masukkan ke dalam kulkas. Gunakan wadah silikon transparan reuseable Adelaides. Simpan sayur ke dalam wadah masing-masing, jangan dicampur. Dengan demikian aroma tidak akan tercampur, kulkas tetap rapi, dan memudahkan pencarian. 

Sayur yang Belum Dicuci

pixabay.com

Tips memilih sayuran yang baik kali ini mungkin terdengar nyeleneh, yaitu pilih sayuran yang belum dicuci. Sayuran tersebut memang terlihat kotor, diselimuti tanah dan pasir. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena sayuran tersebut aman dikonsumsi dan malahan lebih baik kualitasnya. Hal ini dikarenakan jika sayur sudah dicuci terlebih dahulu, maka akan lebih cepat busuk meskipun kamu menyimpannya di dalam kulkas.

Terapkan saja cara memilih sayuran yang bagus dan berkualitas tadi tanpa melihat tumpukan pasir dan tanah. Ketika mau disiapkan untuk memasak, inilah waktu yang tepat untuk mencuci sayuran tersebut. Cukup cuci pakai air bersih agar vitamin yang terkandung tidak ikut terbuang. Untuk umbi-umbian, gunakan bantuan sikat gigi supaya tanah dan pasir benar-benar hilang.

Yoshikawa Baskom Sayur Segi 26×20 cm

Gunakan baskom sayur dari Yoshikawa untuk meniriskan sayur dari air bekas cucian. Bagian bawah dan sampingnya terdapat lubang kecil untuk mengeluarkan air. Waktu memasak sayuran pun lebih mudah karena tidak akan kebanyakan air.

Cara Memilih Sayuran yang Baik Melalui Petani Langsung

pixabay.com

Tips memilih sayuran yang baik ini mungkin sulit dilakukan di perkotaan. Tapi bisa kamu terapkan ketika bepergian ke daerah penghasil sayuran. Karena beli ke petani langsung, maka kondisi sayur dijamin masih segar. Berbeda dengan sayuran yang sudah didistribusikan ke pasar-pasar di kota. Sayuran tersebut sudah keburu layu selama perjalanan dan tidak bisa bertahan lama di rumahmu. 

Demikian cara memilih sayuran yang baik, segar, dan berkualitas. Para pemula dijamin bisa melakukannya dengan mudah. Biar semakin sehat, lengkapi hidangan sayur dengan aneka protein dan karbohidrat. Yuk, temukan berbagai informasi menarik lainnya tentang home & living di Dekoruma!