Mengenal Jenis Hewan yang Memiliki Kesetiaan Tinggi

Nggak harus jadi penggemar hewan untuk jatuh cinta pada keunikan dan tingkah laku lucu mereka. Termasuk dari sisi uniknya, ada beberapa hewan paling setia yang mengalahkan logika. Beberapa di antaranya bahkan bisa kita pelihara, lho!

Berikut Kania sudah merangkum 10 jenis hewan paling setia di dunia yang dilansir dari berbagai sumber. Pastinya informasi mengenai hewan-hewan ini siap memberikan hiburan untuk kamu yang membutuhkannya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


1. Kambing

shutterstock.com

Meskipun bukan hewan yang bisa dipeluk gemas, ternyata kambing merupakan hewan paling setia, lho! Riset membuktikan kalau kambing memiliki tingkat intelegensi dan loyalitas yang nggak kalah dari anjing.

Mereka bisa membangun hubungan emosional dengan manusia layaknya hewan peliharaan di rumah. Sebuah studi juga membuktikan kalau kambing sering terlihat prihatin jika pemiliknya kesusahan mengerjakan sesuatu. Wah, tanda-tanda setia banget, nih!

2. Kelinci

shutterstock.com

Si imut kelinci masuk daftar hewan paling setia karena kemampuannya beradaptasi dengan manusia. Pada dasarnya, kelinci termasuk hewan penakut dan tidak berbahaya. Jadi, jika kamu berhasil membuat dia percaya, maka kelinci akan jadi hewan yang setia menemani kamu di rumah.

Namun, tentunya hal ini harus dibarengi juga dengan cara merawat kelinci yang tepat. Hal ini karena kelinci juga gampang stres, maka butuh perawatan yang ekstra agar ia panjang umur.

3. Kucing

shutterstock.com

Meskipun sering terlihat galak dan berperilaku arogan, ternyata kucing juga merupakan salah satu hewan paling setia, lho. Kucing termasuk yang paling posesif dan enggan berbagi cinta dengan hewan lainnya. Namun, justru itulah wujud dari kesetiaan seekor kucing. Saat kucing ingin berdekatan denganmu, itu juga salah satu cara ia menunjukkan cinta sebagai seekor hewan paling setia.

Festiva Furniture Patung Kucing 6947-6

Kamu suka kucing, tapi tidak bisa memeliharanya karena beberapa alasan seperti alergi atau tidak punya waktu untuk merawatnya? Tenang, wakilkan saja kehadirannya dengan hiasan patung kucing favoritmu di rumah. Pajang di ruang tamu atau sudut kamarmu supaya selalu ingat dengan hewan favorit!

4. Hamster

shutterstock.com

Muka imut dan tubuh gemuk, siapa sih yang bisa menolak keimutan hamster? Apalagi setelah tau kalau hamster juga salah satu hewan paling setia, kamu nggak akan menyesal memeliharanya. Hamster sangat mudah mengenali tangan pemiliknya, jadi sebaiknya kamu sering bermain dengannya agar hamster makin aktif dan pintar, ya!

5. Bebek

shutterstock.com

Jarang sih, ya bebek jadi hewan peliharaan. Padahal, bebek juga merupakan hewan yang setia, lho! Pada beberapa contoh kasus, di mana pemilik dan bebek saling hidup bersama, ternyata tingkat kesetiaan bebek tidak kalah dibandingkan anjing. Bebek bisa mengenali pemiliknya dan sering berusaha memperlihatkan tingkah laku sebagai wujud cintanya .

The Alice’s Place Karpet Duck 60x60cm

Psst.. meskipun kamu nggak bisa memelihara bebek, tapi kamu bisa, lho menghadirkan berbagai ornamen dengan bentuk hewan paling setia satu ini di rumah. Misalnya saja melalui karpet lucu bentuk bebek berwarna kuning yang terbuat dari material bulu sintetis yang halus. Pasti hunian jadi lebih atraktif!

6. Berang-Berang

shutterstock.com

Berikutnya adalah berang-berang. Hewan yang bisa hidup di daratan dan air ini sangat setia terhadap pasangannya dan memiliki naluri yang sangat kuat untuk menciptakan hidup kekeluargaan yang harmonis.

Berang-berang dewasa akan memelihara sarang mereka dengan membuat lubang besar agar mereka dan keluarganya dapat bertahan hidup bersama. Uniknya, ketika tidur siang, hewan paling setia ini akan saling berpegangan tangan satu sama lain agar mereka tidak terpisahkan.

7. Burung Kakatua

shutterstock.com

Tren memelihara burung Kakatua semakin melanda dewasa ini. Wajar saja karena hewan ini punya wujud warna-warni yang cantik dan tingkat kecerdasan yang nggak kalah dari anak berusia 5 tahun. Jika dilatih dengan baik, hewan ini bisa meniru suara, bahkan seakan siap bercengkerama dengan pemiliknya. Sebagai salah satu hewan paling setia, burung Kakatua bakal nempel terus dan menatap penuh cinta!

8. Kuda

shutterstock.com

Kehadiran kuda memberikan banyak manfaat bagi manusia, mulai dari kebutuhan bertani, berkebun, transportasi, olahraga, hiburan dan masih banyak lagi. Sejatinya, kuda memang hewan paling setia yang tak pernah mengeluh. Tak jarang ada jalinan komunikasi emosional antara kuda dan penunggang setianya.

Kana Furniture Patung Recynth Black G428 Horse

Buat orang-orang yang suka dengan hewan satu ini, biasanya memiliki aneka dekorasi atau benda-benda yang memperlihatkan gambar atau wujud kuda. Misalnya saja lukisan kuda berlari atau dekorasi patung kuda yang dipajang di ruang tamu. Kalau kamu salah satunya, jangan lewatkan patung kuda gagah Recynth Black dari Kana Furniture di atas, ya!

9. Anjing

shutterstock.com

Soal loyalitas, mungkin anjing yang jadi wakil sebagai hewan paling setia. Kemampuan anjing untuk menunjukkan cinta bisa lewat jilatan, sambutan, pelukan, dan banyak lagi yang bikin hati langsung meleleh. Anjing jarang mau berpisah dengan pemiliknya, bahkan kerap menunjukkan kesedihan dan murung jika ditinggal sendirian. 

Kamu juga harus tahu kalau anjing bahkan rela mengorbankan nyawa untuk menjaga harta dan keselamatan pemiliknya. Nggak heran kalau hewan yang satu ini banyak dipelihara orang-orang di seluruh dunia.

10. Serigala

shutterstock.com

Jangan terkejut kalau serigala menjadi hewan paling setia, bahkan boleh dibilang melebihi anjing. Fakta ini ditemukan oleh studi ilmiah Stockholm University di mana loyalitas serigala termasuk di atas rata-rata. Namun, ada syaratnya agar serigala menjadi hewan paling setia, yaitu manusia sebagai pemiliknya harus sudah mendampingi sejak awal.

Riset ini didukung eksperimen di mana serigala lebih rela mengantarkan makanan ke pemiliknya, dibandingkan ke anak serigalanya. Berbeda dengan anjing yang mendahulukan anak anjing sebelum diberikan ke pemiliknya. Menarik banget, ‘kan?

Glerry Home Decor Wolf Eye Cushion 40x40cm

Karena kesetiaannya dan sifatnya yang tegas, nggak jarang orang-orang jadi suka mengoleksi aneka benda dengan gambar atau ilustrasi serigala. Salah satu yang paling umum adalah bantal dekorasi bergambar kepala serigala. Sangat cocok jadi penghias ruang tamu atau kamar tidur cowok untuk kesan yang lebih maskulin.

Kira-kira dari daftar hewan paling setia di atas, mana yang paling istimewa buat kamu? Kalau nggak bisa memelihara aslinya, minimal hadirkan produk dengan gambar atau bentuk hewan-hewan favoritmu seperti koleksi dari Dekoruma tadi.

Psst.. selain jual aneka dekorasi yang terinspirasi dari hewan-hewan paling setia, Dekoruma juga menyediakan beragam jenis furnitur kekinian untuk hunianmu, lho. Mulai dari sofa, lemari pakaian, kabinet dapur, meja makan, hingga tempat tidur, semuanya ada. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan informasi kamu, ya!