Mengenal Ragam Tanaman Philodendron Beserta Tips Memeliharanya

Ada banyak cara yang bisa kamu aplikasikan agar nuansa hunian jadi makin sejuk, segar, dan asri. Salah satunya, kamu bisa meletakkan tanaman hias di sejumlah area rumah sebagai dekorasi. Tanaman hias yang bisa kamu rawat di rumah juga terdiri dari berbagai jenis. Adapun, salah satu yang bisa kamu rawat adalah tanaman philodendron yang tak hanya mudah dirawat, tapi juga terdiri dari berbagai macam warna, ukuran, serta bentuk.

Nah, jika kamu tertarik merawat tanaman philodendron di rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis dari tanaman yang satu ini. Selanjutnya, barulah cari tahu tips dan trik merawatnya dengan tepat. Kania sudah merangkum semua informasinya di bawah ini. Yuk, kita simak bersama!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Tanaman
Philodendron Epipremnum Aureum

shutterstock.com

Jenis tanaman philodendron yang pertama adalah epipremnum aureum. Jenis philodendron ini sangat mudah ditemukan dan biasa dikenal juga dengan nama sirih gading kuning gantung. Memiliki karakter tumbuh secara menjuntai, philodendron epipremnum aureum kerap digunakan sebagai tanaman hias gantung.

Philodendron Selloum

shutterstock.com

Ada pula tanaman philodendron selloum. Kerap juga disebut dengan nama philodendron jari karena bentuk daunnya yang mirip jari, jenis philodendron ini pun kerap difungsikan sebagai dekorasi pelaminan karena bentuknya yang sangat estetik.

Tanaman
Philodendron Moonlight

shutterstock.com

Selanjutnya adalah tanaman philodendron moonlight. Tanaman ini memiliki karakter daun berwarna kekuningan seperti lemon dan kerap digunakan sebagai komponen dekorasi di area taman rumah atau bisa juga diletakkan di dalam pot. Selain itu, jenis philodendron ini pun memiliki karakter yang dapat bertahan pada suhu dingin.

Philodendron Red Congo

shutterstock.com

Selanjutnya adalah tanaman philodendron red congo. Tanaman ini kerap digunakan sebagai tanaman hias gantung atau bisa juga kamu tanam di dalam pot dan diletakkan di atas lantai dekat jendela. Seperti jenis philodendron lainnya, jenis tanaman yang satu ini pun sangat mudah dirawat.

Philodendron Monstera Deliciosa

shutterstock.com

Terakhir adalah tanaman philodendron monstera deliciosa yang sangat populer di Indonesia dan kerap dijadikan dekorasi indoor. Tanaman hias monstera ini memiliki karakter daun yang dapat tumbuh lebat dan sangat mudah dirawat, bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Selain ditempatkan di area dalam ruangan, jenis philodendron ini pun tetap aman jika kamu ingin menempatkannya di bagian outdoor.

Cara Merawat Tanaman Philodendron

shutterstock.com

Terdiri dari beragam jenis, tanaman philodendron sangatlah mudah untuk dirawat. Jika kamu tertarik merawat tanaman hias yang satu ini, kamu punya hanya perlu meletakkannya di lokasi yang terang, tapi tak terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu, gunakan juga pot tanaman dengan drainase yang baik serta jangan terlalu sering menyiramnya. Idealnya hanya disiram sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk jenis philodendron indoor dan satu kali sehari untuk jenis philodendron outdoor.

Kamu juga bisa melakukan perawatan lanjutan dengan pemberian pupuk sebanyak lima kali dalam setahun. Silakan gunakan pupuk cair untuk tanaman daun agar daun pada tanaman ini bisa berkembang maksimal.

Pilihan Pot Terbaik

Jbrothers Pot Seng Kaki Tiga Kayu D-20

Agar tumbuhan philodendron yang kamu rawat di rumah makin terlihat cantik, kamu bisa menggunakan model pot yang unik seperti produk di atas. Pot tanaman ini berdesain minimalis dan memiliki diameter 20 cm serta dibuat dari seng berwarna putih. Bagian kaki potnya sendiri terbuat dari jati Belanda yang memiliki ketinggian total 20 cm.

Jbrothers Pot Gentong Kaki Kayu D-25

Rekomendasi pot tanaman untuk philodendron lainnya adalah pot model gentong dengan kaki kayu seperti gambar di atas. Pot tanaman ini juga memiliki desain minimalis dengan diameter 25 cm dan terbuat dari seng. Pilihan warnanya ada dua, yaitu putih dan abu-abu tua yang hampir menyerupai hitam. Sama seperti rekomendasi sebelumnya, kaki pot dari Jbrothers ini berbahan kayu jati Belanda dengan ketinggian total 55 cm.

Demikianlah berbagai jenis tanaman philodendron dan cara merawatnya dengan tepat di rumah. Yuk, buat hunian kamu makin segar dan asri dengan menghadirkan salah satu jenis philodendron favoritmu!

Temukan artikel dengan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa belanja furniture online, lho. Mulai dari meja TV, meja tamu, sofa, credenza, rak sepatu, tempat tidur, meja rias, kursi makan, hingga kabinet dapur, semuanya ada di Dekoruma!

Nah, kalau kamu lebih suka belanja langsung ke toko, bisa juga langsung kunjungi showroom Dekoruma terdekat di kota-mu. Di Dekoruma Experience Center, kamu #BebasCobain furnitur dan aksesoris yang diinginkan. Ada juga berbagai promo menarik yang bisa didapatkan. Yuk, langsung saja cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma!