Selain ruang tamu dan kamar tidur, dapur juga merupakan salah satu tempat terpenting yang wajib ada kehadirannya dalam rumah. Rumah yang tidak memiliki dapur tidak bisa dikatakan sebagai rumah yang baik.

Sayangnya banyak orang yang tidak menata area dapur rumah mereka. Mereka beranggapan bahwa tidak ada tamu yang akan masuk sampai ke dapur, apalagi sampai memperhatikan bagaimana dapur ditata. Eits, jangan salah! Justru sebenarnya dapur didesain untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di dapur, seperti ibu rumah tangga loh!

 

Penataan area dapur yang berantakan dan sembarangan bisa membuat semangat untuk memasak jadi menurun. Bisa-bisa, kegiatan memasak malah terasa seperti beban berat. Oleh sebab itu dapur yang cantik dan apik dibutuhkan. Seperti anak membutuhkan ruang bermain yang bisa membebaskannya bermain sekaligus mendukung imajinasinya, seperti itu juga lah kamu membutuhkan area dapur yang nyaman. Agar memasak pun bisa jadi hobi menyenangkan untuk menjalani hari.

Area tempat tinggal yang semakin hari semakin kecil, juga ikut mempengaruhi ukuran dapur. Membuat area dapur menjadi semakin terbatas dan sempit. Jangankan mau memperhatikan desain untuk area dapur yang terbatas, orang-orang hanya mementingkan fungsinya saja. Padahal, dapur juga bisa dibilang sebagai jantung rumah. Tempat kamu menghabiskan waktu untuk memasak makanan untuk mereka yang tersayang dengan penuh kesabaran dan cinta. Kalau tidak merasa nyaman, bagaimana mau meracik masakan penuh cinta?

 

Dengan area dapur yang berukuran mungil, kamu juga bisa menyulapnya agar terlihat lebih luas dengan bantuan warna. Warna terang seperti warna putih dapat membantu menciptakan gaya minimalis yang mampu memberi kesan luas sekaligus bersih dan rapi untuk dapur kamu. Dinding dapur yang terbuka tanpa sekat juga dapat membantu memberikan perasaan luas dan tidak menyesakkan. Berkegiatan di dapur pun bisa lebih leluasa dan nyaman.

 

Ini dia desain dapur minimalis yang cantik dan multifungsi untuk memenuhi semua kebutuhan kamu beraktivitas di dapur!

 

1. Desain dapur untuk memasak

Fungsi utama dari dapur adalah tempat untuk memasak. Memasak untuk orang-orang tersayang, dan tentunya juga memasak untuk diri sendiri. Jangan merasa malas untuk memasak, karena ini juga merupakan bentuk cinta yang bisa kamu berikan tunjukkan. Dapur yang terbuka bisa membantu mengurangi kepenatan kamu selagi memasak sehingga lebih banyak inspirasi resep yang berdatangan! Dapur terbuka juga bisa membuat kamu dapat memasak sekaligus berinteraksi dengan pasangan.

 

2. Desain dapur dengan ruang makan

Untuk menghemat ruang apartemen mungil kamu, akan lebih baik kalau area dapur dan ruang makan dijadikan satu. Hal ini bisa kamu lakukan semudah dengan menjadikan meja counter sebagai meja makan dan menambahkan kursi di sana. Menyajikan masakan pun bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Bahkan sebagai tempat untuk menyesap kopi pagi kamu. Ditemani secangkir kopi panas sambil menikmati waktu berkualitas bersama pasangan, benar-benar mood booster yang baik untuk mengawali hari!

 

3. Desain dapur dengan tempat penyimpanan

Untuk memasak kamu akan membutuhkan bermacam-macam peralatan masak dan bahan memasak. Tidak heran kalau kamu akan sering menemukan dapur dalam keadaan berantakan dengan panci, wajan, talenan, bahkan toples-toples berisikan bumbu kering dan berbagai barang lainnya. Tempat penyimpanan seperti kabinet pun menjadi suatu keharusan untuk hadir di dapur.

Selain laci kabinet, kamu bisa menggunakan rak dinding dan rak gantung sebagai tambahan tempat penyimpanan kamu. Sehingga dapur pun bisa menjadi lebih rapi dan kamu tidak perlu merasa stress melihat dapur berantakan. Kamu juga bisa meletakkan buku-buku resep kamu di rak dinding agar mudah dijangkau selagi memasak. Untuk menaikkan mood memasak, kamu juga bisa menghias dapur dengan hiasan dinding, pajangan, dan dekorasi kecil lainnya di sekitar area dapur.

 

4. Desain dapur yang sejuk

Selain dapur yang rapi, kamu juga membutuhkan kesejukan di sana agar lebih bersemangat memasak. Tanaman kecil seperti sukulen bisa menjadi pilih tepat untuk memberi kehijauan di dapur kamu. Tanaman tiruan pun bisa menjadi pilihan lain untuk kamu yang merasa tidak sanggup merawat tanaman. Atau kamu juga bisa mencoba tips Kania kemarin! Yaitu dengan menanam sayuran sisa masak kamu kembali. Lebih hemat dan lebih segar deh dapur kamu. Hihi.

 

Itu dia desain dapur minimalis yang nyaman dan siap untuk memanjakan kamu. Memasak pun jadi bersemangat dan betah deh berlama-lama di dapur. Kalau kamu, gaya seperti apa yang kamu terapkan untuk area dapur rumahmu? Jangan lupa untuk SHARE ke Kania melalui COMMENT di bawah ya.

 

Selamat menata!