Contoh Perhitungan RAB Rumah 2 Lantai 

Kamu berencana membuat properti berupa rumah baru yang terdiri dari dua lantai? Sebelum melakukan pembangunan, terdapat beberapa tahapan awal yang harus kamu lakukan. Salah satunya adalah membuat perhitungan RAB rumah 2 lantai agar proses pembangunan bisa berjalan efisien dan sesuai budget.

 Nah, untuk membantu kamu agar bisa memiliki gambaran mengenai RAB rumah, Kania akan membagikan tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menghitungnya secara akurat. Untuk itu, sebelum memutuskan membangun rumah baru ataupun merenovasi rumah dijual, pastikan kamu untuk menyimak contoh RAB rumah 2 lantai berikut ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Hitung RAB Rumah 2 Lantai Berdasarkan Luas Bangunan

shutterstock.com

Cara pertama untuk menghitung RAB rumah dua lantai dapat dilakukan dengan mengetahui informasi perhitungan kasar yang berlaku secara umum. Adapun, informasi ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari rekan ataupun kontraktor yang akan kamu sewa. 

Estimasi cara membuat RAB rumah  ini bisa dihitung berdasarkan luas bangunan, seperti luas bangunan 100 m2 yakni berkisar Rp350 juta dan luas bangunan 100 m2 hingga 200 m2. Mulai dari Rp350 juta hingga Rp1,2 milyar, serta luas bangunan 300 m2 yakni sekitar Rp1,2 milyar.

Hitung Berdasarkan Harga Material

shutterstock.com

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghitung RAB rumah yakni berdasarkan harga satuan material. Untuk mengetahui hal ini, kamu perlu melakukan penghitungan rinci terhadap material yang akan digunakan, daftar upah tukang yang akan dipekerjakan, membuat alur kerja terkait proses pembangunan, serta menghitung jumlah harga material secara menyeluruh.

Hitung Berdasarkan Harga Per Meter Persegi

shutterstock.com

Kamu juga bisa menggunakan metode penghitungan kasar dari harga per meter persegi ketika membangun properti berupa rumah baru yang terdiri dari dua lantai. Sebagai contoh, anggaran untuk membangun rumah adalah sebesar Rp5 juta per m2.

Jika memutuskan untuk membangun rumah dua lantai dengan total luas bangunan sebesar 100 m2, maka kamu pun bisa mengetahui estimasi RAB rumah 2 lantai yakni sebesar Rp500 juta.

Simulasi Perhitungan RAB Rumah 2 Lantai

shutterstock.com

Untuk melakukan simulasi dari penghitungan RAB rumah, tentu saja kamu harus melakukan uraian secara detail. Pertama-tama, kamu harus menguraikan budget untuk persiapan pekerjaan yang didalamnya termasuk pembokaran rumah dijual ataupun pembuangan puing bangunan lama.

Selain itu, hitung juga RAB rumah 2 lantai untuk pekerjaan pondasi termasuk uraian jenis material yang akan digunakan. Rincian biaya untuk pekerjaan struktur beton, biaya untuk pekerjaan pemasangan dinding, pekerjaan pemasangan plafon di kedua lantai bangunan, pemasangan keramik.

Kemudian pikirkan tentang pemasangan kusen dan pintu jendela, pekerjaan dan pengecatan dinding serta plafon, estimasi biaya instalasi listrik, biaya instalasi sanitasi, serta pekerjaan lain seperti pembuatan tangga serta instalasi kanopi.

Lakukan Penghitungan RAB Rumah Secara Tepat!

shutterstock.com

Tentu saja menghitung RAB rumah harus kamu lakukan secara tepat agar kamu memiliki gambaran mengenai budget yang harus dipersiapkan. Dalam melakukan penghitungan, kamu pun harus memperhatikan harga terbaru dari material bangunan yang akan digunakan serta biaya terbaru dari jasa pekerja karena akan mempengaruhi estimasi biaya keseluruhan.

Jika kamu memutuskan untuk mengerjakan proyek bangunan rumah 2 lantai melalui kontraktor, kamu pun harus memilih jasa yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Inilah berbagai tips dan cara menghitung RAB rumah 2 lantai yang ideal. Selain tips di atas, temukan juga berbagai inspirasi terbaik lainnya melalui laman Dekoruma!

Tak hanya berbagai informasi, di Dekoruma juga kamu bisa menemukan aneka furnitur dan perlengkapan rumah yang minimalis bergaya Japandi yang harganya ramah di kantong. Beberapa diantaranya adalah sofa bed minimalis, meja tamu, perlengkapan kamar tidur, peralatan makan & minum, hingga kursi santai rumah.

Untuk membeli furnitur minimalis kamu bisa membelinya secara online atau mendatangi Dekoruma Experience Center secara langsung yang ada di kotamu. Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Yuk, kunjungi Dekoruma dan wujudukan hunian yang indah ala Japandi bersama Dekoruma