Ketika hendak menata dapur, hal yang pertama kali dipikirkan adalah mau pakai kompor apa, lalu mulai menyusun daftar belanja peralatan dapur. Tak jarang, orang-orang melupakan pentingnya kabinet dapur Surabaya di awal penataan. Padahal, kabinet dapur itu sama pentingnya dengan perlengkapan dapur. Bahkan, furnitur ini juga memegang peran untuk menjaga kerapian dan mempercantik dapur.

Bicara soal kabinet dapur Surabaya, mungkin kamu membutuhkan kabinet yang multifungsi. Supaya makin yakin, ada baiknya kamu simak dulu berbagai pertimbangannya berikut ini!

Kenapa Menggunakan Kabinet Dapur Multifungsi?

Sesuai dengan namanya, kabinet dapur multifungsi bisa digunakan untuk banyak kegiatan, bukan hanya untuk menyimpan bahan makanan atau alat masak saja. Ada yang multifungsi jadi meja food preparation dan sebagainya. Penggunaan kabinet dapur Surabaya yang multifungsi akan membantu kamu memaksimalkan lahan dapur yang mungil karena dua (atau lebih) fungsi digabungkan dalam satu furnitur.

Kabinet Dapur Custom VS Siap Pakai

Toko kabinet dapur di Surabaya pada umumnya memberikan 2 opsi bagi pembeli, mau custom atau beli kabinet dapur yang siap pakai. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Kabinet dapur custom dibuat sesuai dengan kondisi ruang dapur dan kebiasaan memasak si pemilik hunian. Itu artinya, ukuran sudah pasti pas. Fitur-fitur multifungsi juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Desain dan warna pun bisa dibuat mengikuti interior hunian sehingga terlihat lebih serasi. Namun, kabinet dapur Surabaya multifungsi yang custom membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama dan biayanya pun lebih mahal dibandingkan produk yang sudah jadi.

Sementara itu, kabinet yang sudah siap pakai memiliki harga jual yang lebih murah dan bisa segera diletakkan pada dapur masing-masing. Desainnya pada umumnya sederhana agar mudah menyatu dengan interior gaya apa pun. Sayangnya, kamu perlu membandingkan satu kabinet dapur dengan yang lain terkait ukuran dan fungsinya secara keseluruhan agar bisa mendapatkan produk yang paling fit dan ideal untuk di ruang dapurmu. Oleh karena itu, kamu perlu juga mengukur luas ruang dapur dan mengetahui kebutuhan memasakmu sebelum membelinya.

Material yang Umum Digunakan

Karena posisi kabinet dapur Surabaya cenderung berada di area yang basah dan juga panas, maka pemilihan materialnya tidak boleh sembarang dan pastinya harus tahan panas. Berikut beberapa material kabinet dapur yang bisa kamu pertimbangkan:

Kayu Solid

Material kayu solid bisa dibilang sebagai material kabinet dapur yang sudah paling lama digunakan. Biasanya, kayu yang dipilih berasal dari pohon jati dan mahoni karena kualitasnya sangat baik, anti rayap dan tidak mudah lapuk. Namun, belakangan ini mulai ditinggalkan karena ada risiko terbakar dan sumber dayanya sudah semakin langka.

Kayu Olahan

Kalau material kayu olahan ini merupakan alternatif dari kayu solid. Material ini dibuat dari serpihan-serpihan kayu yang di-press menjadi lembaran. Hasil olahannya bisa berupa particle board, MDF, ataupun HPL. Karena diolah dengan mesin, material ini dapat diberi campuran warna-warna yang menarik, bahkan ada yang permukaannya dibuat menyerupai motif kayu asli.

Stainless Steel

Kabinet dapur Surabaya dengan bahan stainless steel lebih sering digunakan pada dapur profesional, tapi bukan berarti dapur rumahan tidak boleh pakai, ya. Keunggulan stainless steel adalah tahan panas, anti karat, tahan air, dan mudah dibersihkan dari noda minyak. Dapur pun selalu kelihatan kinclong.

Yang menjadi kelemahannya adalah suhu permukaannya mengikuti suhu di sekitarnya. Namun, hal ini tidak akan terlalu mengganggu karena anggota tubuh kita juga tidak akan terlalu sering bersentuhan langsung dengan material tersebut.

UPVC

UPVC sendiri merupakan hasil modifikasi campuran PVC dengan kandungan kimia stabilizer. Material kabinet dapur Surabaya yang satu ini tengah populer karena anti rayap dan menjadi alternatif dari kayu solid sehingga mampu mengurangi penebangan pohon. Daya tahannya terhadap perubahan cuaca juga patut diacungi jempol.

Rekomendasi Kabinet Dapur Surabaya Multifungsi

Ketika berkunjung ke toko furniture di Surabaya, ada banyak pilihan yang tersedia. Tak jarang, akhirnya orang-orang, mungkin juga termasuk kamu malah bingung mau memilih yang mana. Untuk itu, Kania telah menyiapkan rekomendasi kabinet dapur Surabaya terbaik yang multifungsi!

Cubic Kitchen Set Sudut Bawah ELENA KSBS

Tidak dapat dipungkiri, area sudut ruangan selalu tricky untuk diisi dengan furnitur. Untungnya, ada kabinet dapur Surabaya dari Cubic yang desainnya mengikuti bentuk sudut ruangan. Kabinet Kitchen Set Sudut Bawah seri ELENA KSBS yang diletakkan di bawah ini bisa dimanfaatkan juga sebagai meja dapur. Pilihan warnanya pun sangat menarik, ada warna sonoma oak (krem), pacific oak (cokelat tua), dan white-black.

Heim Studio SANO Lemari Dapur dengan Meja

Kabinet dapur Surabaya multifungsi ini diproduksi oleh Heim Studio. Sekilas nampak bagai kabinet biasa dengan laci, lemari, dan rak. Akan tetapi, bagian top table-nya dapat diputar sehingga tersedia fungsi baru, yakni meja makan. Perpaduan warnanya pun unik, di mana ada warna putih pada kabinet dan warna cokelat pada top table hingga kaki meja. Kabinet dapur multifungsi seri SANO yang bergaya Japandi ini juga layak dijadikan meja kerja, lho!

Heim Studio Kanou Kabinet

Masak-masak jadi makin praktis berkat kabinet dapur Surabaya Heim Studio Kanou. Kabinet multifungsi ini terdiri dari rak dan laci yang pas untuk menyimpan alat makan. Desainnya minimalis dengan dominasi warna putih dan penggunaan kenop kayu pada handle pintu yang bentuknya klasik. Karena tingginya hanya 80 cm, bagian atas kabinet ini cocok dijadikan meja preparation atau area bikin kopi!

Pro Design Clava Kabinet Dapur – Pro Oak – Granite

Ada lagi kabinet dapur multifungsi seri Clava dari Pro Design. Kabinet ini terdiri dari lemari atas, lemari bawah, laci, dan meja persiapan. Namun, semuanya menyatu sehingga kamu tidak perlu repot memasang lemari atas dengan baut dan paku lagi. Desain seperti ini membuat kegiatan masak di pagi hari lebih praktis karena akses dari meja persiapan ke ruang penyimpanan bahan makanan dan minuman sangat dekat.

Heim Studio KIVA Small Cabinet

Untuk dapur mungil, pilih saja kabinet mungil KIVA dari Heim Studio. Ukurannya 59 x 49 x 85 cm dengan pembagian area satu rak terbuka dan 2 susun rak dengan pintu. Bagian rak yang terbuka dirancang khusus untuk meletakkan alat elektronik, seperti blender atau magic jar. Di belakangnya, sudah ada lubang untuk menghubungkan kabel ke colokan listrik. Ambalan raknya pun dapat ditarik keluar sehingga kamu lebih mudah mengoperasikan alat elektronik tersebut. Tampilannya begitu estetik dengan material utama particle board dan paper lamination bermotif kayu.

Toko Kabinet Dapur di Surabaya

Sudah tahu belum kalau Dekoruma jual kabinet dapur Surabaya? Kamu bisa langsung melihat dan mencoba kabinet dapur tersebut di Dekoruma Experience Center (DEC) Surabaya terdekat! Jadi, bukan hanya melihat produk secara online lewat aplikasi atau situs Dekoruma saja.

Kabinet dapur murah Surabaya di DEC sifatnya sudah siap pakai, hanya membutuhkan perakitan sederhana. Bagi yang ingin custom kabinet dapur, Dekoruma juga menyediakan layanan desain custom. Kamu bisa lihat-lihat materialnya sekaligus melakukan konsultasi dengan tim desainer interior Dekoruma di DEC.

Showroom Dekoruma di Surabaya sendiri tersebar di 2 lokasi strategis yang mudah dijangkau. Pertama, ada DEC HR Muhammad di Jl. Mayjen HR Muhammad No. 96. Ada pula DEC Manyar di Jl. Manyar Kertoarjo No. 35. Tunggu apa lagi? Yuk, ke Dekoruma Experience Center bareng keluarga sekarang juga!