Cara Menentukan Warna-warna Cat Tembok yang Cocok dengan Hunian

Jika selama ini kamu berpikir kalau memilih warna warna cat tembok putih adalah keputusan yang tepat untuk menghias tembok rumah idaman, coba pertimbangkan kembali. Tidak semua tembok rumah akan terlihat bagus ketika menggunakan cat warna putih walaupun warna ini tergolong netral.

Bisa jadi rumahmu justru akan lebih menawan jika menggunakan cat tembok warna gelap. Lantas, bagaimana cara memilih warna cat dinding yang tepat untuk hunian idaman? Yuk, simak tips dan triknya dari Kania berikut ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!


Perbanyak Inspirasi Sebelum Memilih Warna Cat Dinding

freepik.com

Apabila tidak memiliki ide atau arah tujuan saat memilih warna warna cat tembok, kamu bisa mulai dengan mencari inspirasi. Kumpulkan inspirasi sebanyak-banyaknya melalui majalah interior, blog, bahkan katalog produsen cat tembok.

Dari sana, kamu bisa menemukan banyak warna unik yang sedang tren dan belum pernah dilihat sebelumnya. Bagi kamu yang sudah menentukan gaya desain interior tertentu, akan lebih mudah pencarian inspirasi karena kualifikasinya sudah ditentukan.

Manfaatkan Skema Warna

dekoruma.com

Sebagai orang awam dalam dunia desain, kita kerap kali hanya mengetahui warna-warna primer seperti merah, biru, hitam, dan sebagainya. Padahal, ada banyak warna turunan yang tidak kalah menarik dan mampu menghidupkan suasana di dalam ataupun luar rumah.

Misalnya untuk warna hijau, ada banyak warna turunan yang cantik seperti hijau pastel, sage green, dan toska. Beda warna turunan, beda pula nuansa yang tercipta, padahal masih sama-sama hijau.

Pilih Kombinasi Warna dari Color Wheel

shutterstock.com

Kalau memilih warna warna cat tembok monokrom terkesan membosankan untukmu, mungkin memilih kombinasi warna adalah solusinya. Untuk memilih beberapa warna cat tembok yang akan dikombinasikan, manfaatkanlah color wheel.

Bagi yang ingin memilih kombinasi 2 warna, ada beberapa cara yang paling umum. Pertama, dengan menggunakan warna yang berdekatan pada color wheel. Contohnya merah dan oranye atau hijau dan kuning. 

Kedua adalah menggunakan warna pelengkap atau kontras. Caranya dengan memilih warna-warna yang posisinya berseberangan pada color wheel. Contohnya merah dan biru atau kuning dan ungu. Kombinasi warna untuk interior ini cukup menantang, tapi bisa menghidupkan suasana rumah serta terlihat unik.

Heim Studio Mito Sofa 1 Dudukan Ash Green

Tips memilih warna-warna kombinasi tersebut juga bisa diterapkan antara dinding dan furnitur. Sofa 1 dudukan berwarna ash green akan tampil serasi di tengah ruang keluarga dengan cat tembok warna cream

Pertimbangan Gaya Rumah Untuk Memilih Warna Cat

home-designing.com

Pada dasarnya, masing-masing gaya rumah memiliki warna yang identik. Saat bingung memilih warna cat yang tepat, kamu bisa mulai menentukan berdasarkan pertimbangan gaya tersebut.

Rumah mewah akan menawan jika kamu memilih warna warna cat tembok cokelat atau putih gading. Untuk rumah minimalis modern, pilihlah warna abu-abu dan putih. Sementara itu, untuk rumah dengan konsep alam, gunakan warna hijau dan cokelat.

Tentukan Kesan yang Ingin Diciptakan

dekoruma.com

Permainan warna dapat membantumu mewujudkan kesan yang ingin diciptakan dalam suatu rumah. Hal ini dikarenakan masing-masing warna memiliki fungsi dan filosofi tertentu.

Memilih warna-warna cat tembok yang terang, seperti putih atau kuning pastel, dapat menciptakan kesan ruangan yang lapang. Ini menjadikannya ideal diaplikasikan pada ruangan mungil. Ada juga warna biru yang menciptakan sensasi nyaman dan relaksasi sehingga cocok untuk kamar tidur.

Keserasian dengan Furnitur yang Ada

dekoruma.com

Apabila kamu memilih warna warna cat tembok untuk renovasi dan berencana menggunakan furnitur yang sudah ada sebelumnya, maka pertimbangkan keserasian warna cat dengan furnitur tersebut. Misalnya furnitur tersebut memiliki warna broken white, sebaiknya kamu memilih warna cat tembok beige muda atau putih.

Demikianlah 6 tips yang bisa kamu terapkan ketika memilih warna warna cat tembok yang tepat untuk rumah idaman. Jika sudah menemukan warna yang tepat, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghitung kebutuhan cat tembok untuk luas bidang dinding yang akan dicat.

Kemudian, pastikan ketersediaan warna tersebut di toko dan langsung beli sekaligus cat yang dibutuhkan.  Hal ini bertujuan untuk menghindari kamu kehabisan warna cat yang diinginkan, serta menghindari perbedaan warna akibat waktu atau batch produksi yang berbeda.

Kalau kamu mencari furnitur atau aksesoris rumah yang serasi dengan warna cat tembok pilihanmu, kamu bisa cek dan temukan di Dekoruma. Mulai dari sofa, meja tamu, credenza, lemari dapur, meja & kursi makan, karpet, cermin, lampu, hingga lemari pakaian, semuanya tersedia.

Bahkan selain jual furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa desain interior di berbagai kota di Indonesia, lho. Mulai dari desain interior Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Malang, hingga Medan. #EnaknyaAdaDekoruma mewujudkan rumah impian jadi makin mudah!

Semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan warna cat yang tepat untuk hunian idaman, ya!