Di era modern seperti sekarang, konsumen diberikan kemudahan untuk memilih kebutuhan mereka. Termasuk pada kategori ini adalah kebutuhan sehari-hari, seperti memilih menu makanan sehat dan memilih kebutuhan perabot untuk kenyamanan di rumah.

Dalam memilih perabot atau furnitur, semuanya harus dipikirkan dengan matang, termasuk dalam memilih kasur untuk menemani Anda beristirahat di rumah. Ada banyak ragam kasur yang dijual, seperti kasur busa, kasur angin, spring bed, dan kasur lateks. Akan tetapi, yang paling laris digunakan adalah kasur spring bed dan lateks.

Apa perbedaan keduanya dan bagaimana cara memilihnya? Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan secara mendetil dua tipe kasur populer tersebut. Simak penjelasannya berikut ini!

Kasur Spring Bed

pinterest.com

Kasur spring bed atau coilspring, pertama kali diperkenalkan pada abad 19. Sejak saat itu, kasur spring bed merupakan jenis kasur paling populer sampai saat ini, dibuktikan dengan tiap produsen pasti memiliki produk spring bed, seperti spring bed Serta dan Guhdo. Kasur spring bed terbuat dari tiga lapisan yaitu boxing base (dasar), pegas, dan lapisan padding dengan gulungan logam sebagai penyangga.

Gulungan logam digunakan menambah tingkat lambungan kasur dan berfungsi sebagai penyangga untuk pegas metal. Ketebalan padding dan ukuran dari gulungan metal sendiri berperan penting dalam kenyamanan sebuah kasur pada saat dipakai.

Kelebihan

  • Harga: mulai dari kualitas standar hingga rendah cenderung dibanderol dengan harga murah. Ada pula kasur spring bed yang relatif mahal. Namun, kualitas standar pun sudah cukup bagus untuk dijadikan pertimbangan untuk membeli.
  • Mudah dicari dan bervariasi:  karena termasuk salah satu tipe kasur yang menjadi favorit masyarakat, spring bed mudah dijumpai di toko-toko furnitur favorit Anda. Di sana pun terdapat banyak merek dan ukuran spring bed yang bisa disesuaikan dengan budget, seperti spring bed Airland.
  • Diproduksi banyak produsen: hal ini membuat berbagai tingkatan kepadatan kasur mudah ditemui. Faktor ini sangat berpengaruh pada berat kasur. Walaupun berat kasur bervariasi berdasarkan merek, kasur spring bed cenderung ringan dan mudah dibawa.

Kekurangan

Di samping kelebihannya, kasur spring bed termasuk jenis yang tidak tahan lama. Lapisan teratas kasur spring bed cenderung akan rusak setelah beberapa tahun pemakaian tanpa perawatan yang tepat. Hal ini tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat busa kasur mulai turun dan Anda dapat merasakan tekstur pegasnya.

Pada saat seseorang tidur, ia akan dikelilingi oleh gelombang radiasi dari pegas kasur (pada saat yang sama, bekerja sebagai antena yang memperkuat radiasi televisi). Namun jangan khawatir, ada cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari bahaya radiasi, yaitu dengan mengganti kasur dengan kasur non-metal atau mengubah posisi kasur menjauhi menara radio atau televisi.

Tips Membeli Spring Bed

Jika Anda sudah memutuskan akan membeli kasur spring bed, ada baiknya untuk memperhatikan tips-tips berikut:

Coba duduki kasurnya

Jika badan Anda tenggelam, berarti kasur tersebut memiliki lebih banyak busa atau cover dibandingkan pegas. Hal ini kurang baik untuk menopang tubuh Anda, apalagi jika Anda berencana menggunakannya dalam waktu lama.

Pukul-pukul ringan

Jika suara busa terdengar lebih jelas saat dipukul, itu berarti kasur tersebut menggunakan sedikit pegas. Sebaliknya, jika terdengar dengungan atau terasa pantulan ringan dari pegas, itulah spring bed yang baik.

Tanyakan jumlapegas

Untuk ukuran yang sama, harga sebuah spring bed berbeda-beda. Semua tergantung dari jumlah pegas yang ada pada spring bed itu sendiri, makin banyak jumlah pegas makin bagus kualitasnya. Jumlah rata-rata pegas yang terdapat pada spring bed kualitas standar adalah 140. Jadi, jangan terkecoh dengan harga murah.

Tanyakan pula daya tahan spring bed

Spring bed kualitas normal rata-rata dapat bertahan selama 10-15 tahun.

Perhatikan layanan purna jual atau after sales

Tanyakan mengenai layanan purna jual merek yang menarik minat Anda sebelum membeli. Beberapa merek menyediakan layanan perbaikan dan perawatan, seperti penggantian dan perbaikan kain pelapis. Pada saat penggantian, tentu saja bagian lain seperti pegas dan busa ikut diperhatikan.

Kasur Lateks

google.com

Lateks adalah produk alami yang terbuat dari getah pohon karet. Getah yang sudah dikumpulkan kemudian akan diproses menjadi balok-balok kasur yang, secara alami, menghasilkan lambungan tanpa membutuhkan pegas atau gulungan logam. Jika Anda ingin membeli kasur lateks, kami sarankan untuk membeli kasur lateks alami. Mengapa?

Kelebihan

  • Kasur lateks alami memiliki konstruksi yang baik – tipe kasur lateks alami memiliki tipe sel terbuka untuk memudahkan pergantian udara. Biasanya, kasur lateks juga dibuat dengan pinhole alami yang membantu memaksimalkan aliran udara. Itulah mengapa kasur lateks sangat baik untuk digunakan di negara-negara beriklim hangat.
  • Anti-jamur dan tungau Material kasur lateks secara alami sangat resistan terhadap tungau dan jamur. Terlebih, kasur lateks tidak memerlukan bahan kimia untuk melakukan semua itu.
  • Ketahanan – berbanding terbalik dengan spring bed, kasur lateks mempunyai tingkat keawetan yang tinggi dibanding teman-temannya. Kasur tipe ini pun tidak terpengaruh dengan gerakan, sehingga disarankan bagi orang-orang yang mudah terbangun (light sleeper).
  • Membantu membentuk postur tubuh dan meredakan nyeri punggung – kasur lateks dapat membantu penggunanya meluruskan tulang belakang. Terlebih lagi, kasur ini sangat dianjurkan bagi pengguna yang memiliki masalah sakit punggung, termasuk di leher, pundak, dan pinggul.

Kekurangan

  • Berat – bobot kasur lateks jauh lebih berat dibanding kasur spring bed, hal ini bisa menjadi ketidaknyamanan bagi pengguna yang memilih bobot kasur ringan.
  • Mahal – Harga yang dibanderol untuk kasur lateks cenderung mahal karena proses produksinya yang cukup sulit. Secara kualitas, tipe kasur lateks memang lebih baik dibanding spring bed.

Tips Membeli Kasur Lateks

 

pinterest.com

Pilih kasur lateks alami (natural)

Harga mahal yang dibanderol untuk kasur lateks alami seringkali sebanding dengan kualitas dan daya tahan. Lateks alami memiliki tingkat daya apung (buoyancy) yang tinggi dan sangat elastis. Hindari kasur yang terbuat dari campuran lateks atau lateks sintetis.

Perhatikan ulasan konsumen

Ulasan konsumen merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kasur jenis apapun. Anda dapat menjelajahi Internet atau bertanya pada teman mengenai kualitas kasur dari merek yang menarik minat Anda. Jangan mudah tertipu oleh ulasan-ulasan sponsor atau ulasan pihak ketiga. Temukan minimal 10 ulasan nyata mengenai kasur yang ingin Anda beli.

Pastikan dealer Anda menyediakan garansi produk

Anda harus pintar-pintar memilih dealer yang tepat. Pilih perusahaan yang memberikan garansi dan ketentuan refund yang mudah, bahkan menyediakan trial period. Pastikan mereka mempunyai layanan konsumen dan layanan after sales yang baik. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam mengembalikan barang jika dirasa tidak cocok.

Harga

Di Dekoruma, kami menawarkan harga kasur terbaik untuk kebutuhan rumah Anda. Walaupun harga kasur lateks cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kasur spring bed, Anda dapat menemukan kasur lateks kualitas terbaik mulai dari Rp4,5 juta saja. Sedangkan untuk kasur spring bed, Anda cukup menyiapkan biaya mulai dari Rp1,2 juta.

Kesimpulan

Kasur spring bed baik bagi Anda yang memprioritaskan budget rendah dan tidak terlalu mempedulikan kualitas menyeluruh karena harganya cenderung murah dan pilihannya pun bervariasi.

Namun, jika Anda tidak keberatan mengeluarkan budget lebih tinggi dan sangat memperhatikan kualitas serta kenyamanan, kasur lateks mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Kesempatan untuk membeli kasur lateks dan spring bed berkualitas tidak datang setiap hari. Temukan kasur yang paling tepat untuk Anda dengan harga paling jujur di Dekoruma! Dekoruma jual kasur Florence, King Koil, Lady Americana, dan brand kasur lainnya. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!