Dewasa ini, semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Tidak heran kalau mengingat betapa besarnya pengaruh kualitas tidur baik yang kamu dapatkan terhadap produktivitas kerja. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih kasur yang tepat. Selain kasur busa dan spring bed, jenis kasur yang saat ini sedang naik daun dan banyak dicari orang adalah kasur latex. Yuk, simak pembahasannya berikut!

Apa itu Material Latex?

insidebedroom.com

Latex adalah getah karet kental, seringkali terlihat mirip dengan susu, yang dihasilkan oleh tumbuhan dan membeku ketika terkena udara bebas. Susunan bahan latex dibagi menjadi dua komponen.

  • Komponen pertama adalah bagian yang memancarkan bahan-bahan yang terkandung secara merata yang disebut serum.
  • Komponen kedua adalah bagian yang didispersikan, terdiri dari butir-butir karet yang dikelilingi lapisan tipis protein. Bahan bukan karet yang jumlahnya relatif kecil tapi memiliki peran penting dalam mengendalikan kestabilan sifat lateks dan karetnya.

Di negara-negara Eropa dan Amerika, kasur latex merupakan pilihan populer yang banyak digemari karena mampu kenyamanan prima dan tingkat higienis yang tinggi.

Jenis-jenis Kasur Latex

Berdasarkan kandungan bahannya, kasur latex dibagi menjadi beberapa jenis:

Synthetic Latex

google.com

Jenis kasur latex yang satu ini memiliki permukaan lembut dan berlubang-lubang kecil. Kandungan lateks alamnya paling sedikit jika dibandingkan dengan jenis kasur latex lainnya, dengan perbandingan 20% latex alam dan 80% bahan sintesis. Kasur berbahan latex sintesis ini memiliki harga yang relatif lebih murah dari lateks asli.

Natural Latex

google.com

Kasur latex alami memiliki warna pucat dan ukuran lubang yang besar. Kandungan latex alamnya mencapai hingga 80%. Jenis kasur latex yang satu ini memiliki usia pemakaian yang panjang. Keunggulan latex alami adalah sifatnya yang antibakteri dan antialergi.

Bio Latex

google.com

Kasur latex yang satu ini merupakan kasur latex kualitas terbaik dengan kandungan latex alam sebanyak 90%. Kasur ini berwarna kuning keemasan dan lubang-lubang berukuran besar seperti yang terdapat pada latex alami. Selain juga bersifat antibakteri dan antialergi, kasur latex jenis ini juga memiliki kekenyalan yang sangat baik sehingga mampu menopang tubuh dengan sempurna.

Ciri-ciri Kasur Latex

Kasur berbahan latex yang asli memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dari penampilan, kasur latex yang asli berwarna kuning keemasan. Hal ini dikarenakan aplikasi dari proses pemurnian latex yang memiliki hasil akhir berwarna kuning. Bila kasur berwarna kuning keputihan, berarti kasur tersebut menggunakan latex sintesis.
  • Kasur latex yang asli memiliki bobot yang berat dan tidak mudah terangkat.
  • Tidak mudah rontok permukaannya walaupun digosok dengan kuat.
  • Bersifat elastis dan lentur, serta memiliki kepadatan yang tinggi.

Keunggulan Kasur Latex

google.com

Lentur

Salah satu keunggulan kasur latex seperti kasur latex dari Dunlopillo adalah sifatnya yang lentur, bukan lembut, sehingga dapat menopang secara sempurna mengikuti bentuk tubuh. Hal ini membantu mencegah timbulnya nyeri punggungg saat bangun pagi.

Hypo Allergenic

Sifat dasar bahan latex membuatnya menjadi media di mana kuman dan bakteri tidak dapat hidup lebih dari 12 jam. Pilihan yang tepat untuk kamu yang menderita alergi.

Breathable

Kasur berbahan latex memiliki ventilasi udara yang baik dan mudah untuk beradaptasi terhadap suhu kamar yang lebih ideal. Sejuk ketika digunakan pada udara agak panas dan hangat ketika digunakan pada suhu udara agak dingin.

Menyangga tubuh

Karena strukturnya, kasur latex dapat menyangga tubuh dengan mengurangi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh.

Membantu membentuk postur tubuh

Kasur latex dapat membantu penggunanya meluruskan tulang belakang, membentuk postur tubuh ideal, dan meredakan nyeri punggung. Kasur jenis ini sudah mendapatkan pengakuan dari World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) yang menjamin kualitas kasur tersebut mampu meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

Nyaman

Survey membuktikan, 85% pemilik kasur latex merasa puas dengan kenyamanan yang diberikan. Kenyamanan merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan sebagian besar orang ketika ingin membeli tempat tidur.

Tahan lama

Dibandingkan dengan kasur berbahan busa biasa, kasur dengan bahan latex dapat bertahan lebih lama. Untuk pemakaian normal, kasur latex dapat memberikan manfaat dan kenyamanan tidur sehat sampai bertahun-tahun.

Kekurangan Kasur Lateks

Harga Relatif Mahal

Dibandingkan dengan jenis kasur lainnya, kasur latex memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan harga spring bed atau kasur lainnya. Meski demikian, kasur latex merupakan bentuk investasi untuk kesehatan yang baik.

Bobot Kasur

Bobot kasur jenis latex juga lebih berat dari rata-rata dan tidak mudah terangkat. Sehingga, akan diperlukan pengeluaran biaya ekstra untuk rangka tempat tidur atau dipan yang kokoh yang dapat menyangganya.

Harga Kasur Latex

Walaupun harga kasur lateks cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kasur spring bed, di Dekoruma, kami menawarkan harga terbaik untuk kebutuhan rumah kamu. Kamu bisa menemukan kasur latex kualitas terbaik mulai dari Rp4,5 juta saja!

Tips Membeli Kasur Latex

insidebedroom.com

Pilih kasur lateks alami

Pahami ciri-ciri dari latex alami. Harga mahal dari kasur latex seringkali sebanding dengan kualitas dan daya tahan yang dimilikinya. Sebaiknya juga kamu hindari kasur yang terbuat dari campuran latex atau latex sintesis.

Uji coba kasur

Lakukan pengujian jenis kasur yang kamu inginkan di toko, sehingga kamu dapat mengetahui dengan pasti jenis kasur yang tepat untukmu. Ingat, penampilan dapat menipu. Chiropractors merekomendasikan pengujian kasur di toko selama 10-15 menit dengan bantal kamu sendiri. Semakin baik posisi tidur yang kamu dapatkan, semakin tinggi kemungkinan kamu untuk tidak membuat keputusan yang terburu-buru.

Lakukan riset melalui Internet

Hampir semua informasi umum dapat ditemukan melalui berbagai media dan Internet. Manfaatkan hal tersebut untuk mencari tahu mengenai konsumen yang sudah pernah membeli sebelumnya.

Ulasan mereka dapat membantu kamu untuk mendapatkan bayangan dan membuat keputusan. Jangan mudah tertipu oleh ulasan-ulasan sponsor atau ulasan pihak ketiga, ya!

Dealer memiliki garansi produk

Pintar-pintar memilih dealer yang tepat. Pilihlah perusahaan yang memberikan garansi dan ketentuan refund yang mudah, bahkan mungkin menyediakan trial period. Pastikan mereka memiliki layanan konsumen dan layanan after sales yang baik. Hal ini akan memudahkan dalam pengembalian barang jika dirasa tidak cocok.

Jangan takut untuk mengorek dompetmu untuk membeli kasur latex. Walaupun terbilang mahal, kasur latex merupakan salah satu investasi yang bagus untuk kesehatan tulang belakangmu. Kamu juga bisa mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas, yang dapat mendukung produktivitas dalam bekerja.

Namun, jika kamu memiliki budget yang terbatas, tentunya Dekoruma juga memiliki berbagai variasi jenis kasur. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.  Dekoruma jual kasur Airland, kasur King Koil, dan merek kasur latex lainnya yang bisa kamu pilih. Temukan kasur yang tepat dengan harga paling jujur, hanya di Dekoruma!