Melihat meja komputer sekaligus jadi meja kerja yang berantakan tentu membuat semangat kerja jadi menurun. Akibatnya, kerja jadi tidak produktif dan pekerjaan yang dilakukan jadi tidak bisa optimal. Apalagi jika Anda duduk berjam-jam di muka komputer.

Jika Anda berpikir semua ini terjadi akibat mood anda yang sedang buruk, maka segera atasi penyebab tersebut. Bagaimana pun juga, melihat meja kerja yang tertata baik tentu akan menimmbulkan semangat untuk bekerja.

Pentingnya meja kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja, membuat Anda terpikir untuk mendekorasi meja agar merasa nyaman dalam bekerja. Tidak perlu melakukan dekor meja yang berlebihan, yang penting bersih, rapi, dan membuat semangat kerja Anda bertambah.

Pertanyaannya, harus mulai dari mana? Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan buat dekorasi meja kerja.

Pilih Peralatan Warna Terang

Pemilihan alat-alat kerja yang berwarna terang mampu meningkatkan semangat dalam bekerja dibandingkan warna hitam. Anda bisa memilih warna terang seperti kuning atau hijau yang dipercaya mampu meningkatkan kreativitas.

Khusus warna merah atau ungu dipercaya dapat membuat suasana tenang. Jika anda penyuka warna terang, biru atau pink juga bisa dipakai karena warna ini dipercaya untuk membuat suasana kerja lebih damai.

Anda dapat mulai dengan sesuatu yang sederhana seperti menyediakan pulpen dengan banyak pilihan warna atau stabilo warna-warni yang bisa membantu anda untuk menandai pekerjaan yang sedang dilakukan sehingga nyaman untuk dilihat serta mudah untuk diingat.

Sticky Notes

sourcedigit

Agar lebih mudah dalam mengingat segala tugas yang ada, Anda dapat menggunakan sticky notes atau post it yang bisa ditempelkan pada komputer anda atau meja dan dinding tempat kerja. Hal ini bisa membuat Anda selalu ingat dengan batas waktu pekerjaan dan hal apa saja yang harus diselesaikan.

Pajanglah sticky notes dengan berbagai warna yang menarik sehingga anda tidak jenuh melihatnya. Yang terpenting adalah peletakan pada tempat yang mudah Anda lihat setiap harinya. Adanya sticky notes bermanfaat untuk menghindari dari rasa malas dalam menunda-nunda suatu pekerjaan.

Kutipan Penyemangat

Setiap orang pasti memiliki kalimat atau penyemangat yang mampu memotivasi Anda agar tetap bersemangat dalam bekerja. Agar kalimat-kalimat tersebut tetap ada dipikiran, Anda dapat menuliskan atau mengetik kalimat tersebut kemudian menempelkan pada papan styrofoam atau papan yang tersedia di sekitar meja kerja Anda.

Selain itu, kata-kata penyemangat bisa anda kreasikan dengan menyetting sebagai wallpaper desktop komputer di meja kerja. Ini dapat membuat Anda selalu termotivasi setiap harinya untuk bekerja secara optimal. Beberapa kutipan penyemangat yang bisa Anda cantumkan di meja kerja Anda antara lain:

  • “Hari ini harus lebih baik daripada kemarin”
  • “Mereka bisa, aku pun bisa!”
  • “Mimpiku belum selesai!”
  • “Pasti kena!”

Bawa Peralatan Sendiri

Menggunakan peralatan kerja sendiri lebih membuatt Anda bisa tampil percaya diri. Anda dapat membawa barang-barang dari rumah seperti mouse, alat tulis sendiri, atau laci kecil. Model dan warna merupakan pilihan Anda sendiri yang tentunya membuat semuanya lebih nyaman dilihat. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar diperbolehkan dari kantor untuk membawa peralatan sendiri tersebut atau tidak.

Penempelan Jadwal Di Dinding

Bagi Anda yang sering lupa dengan agenda atau deadline, cobalah untuk menempelkan jadwal di dinding sekitar meja kerja. Hal ini dapat membantu agar tidak ada tugas pekerjaan yang terlewati. Jangan lupa menambahkan board untuk menempelkan hasil kerja atau gambar-gambar yang menarik agar menambah semangat kerja. Kehadiran rak kecil juga penting dalam membantu menghemat waktu ketika mencari buku atau dokumen yang akan digunakan.

Pemakaian Wallpaper

Tidak ada salahnya anda mendekorasi meja dengan wallpaper. Dibanding warna yang cenderung polos, cobalah mengganti dengan wallpaper yang memiliki corak atau foto-foto favorit. Hal ini membuat Anda tidak merasa bosan untuk beralih tempat walaupun telah berjam-jam duduk di sana.

Tambahan Figura

Anda dapat buat dekorasi meja dengan menambahkan figura dengan foto-foto kenangan atau spesial yang bisa membuat anda tambah semangat bekerja setiap harinya. Foto tersebut bisa berupa kenangan bersama keluarga, orang tercinta, atau sahabat. Selain mempercantik meja kantor, foto dalam figur juga membuat Anda bisa bernostalgia dengan masa-masa pada saat foto tersebut diambil.

Tanaman Segar

domino

Jika menyukai segala hal yang berbau alam, Anda dapat mencoba meletakkan tanaman kecil segar di sekitar meja kerja. Selain mengurangi polusi udara, adanya tanaman segar membuat Anda seolah berada di alam terbuka sehingga Anda dapat bekerja secara optimal.

Benda Kenangan

Anda pasti memiliki kenangan baik yang selalu diingat atau sebaliknya. Jika benda kenangan itu dapat menyuntik semangat dalam bekerja, kenapa tidak Anda bawa saja untuk dekorasi meja kerja Anda sendiri?

Benda kenangan setiap orang pasti berbeda bisa berupa hadiah dari seseorang yang spesial, piagam prestasi, atau penghargaan lainnya. Selain menjadi hiasan, benda-benda tersebut dapat mengingatkan Anda tentang apa saja yang telah diraih hingga titik sekarang. Hal ini membuat Anda tidak patah semangat dalam bekerja. Tapi ingat, jangan berlebihan dan memindahkan ruang koleksi di meja kerja.

Jaga Kerapian

Hal ini memang gampang diutarakan namun sulit untuk dilakukan. Terlalu banyak barang di atas meja membuat segalanya bisa berantakan apalagi jika suasana hati sedang buruk.

Luangkanlah waktu untuk merapikan segala benda yang mengganggu. Jangan meletakkan benda-benda yang tidak penting di atas meja karena akan membuat meja kerja menjadi kumuh.

Gunakan Bantal Duduk

Posisi duduk selama bekerja sangat memengaruhi produktivitas kerja. Terlalu lama duduk merupakan penyebab timbulnya masalah seperti nyeri punggung, sehingga kerja menjadi kurang bersemangat. Oleh karena itu, tambahkan bantal sebagai sandaran saat duduk yang membuat punggung Anda dapat merasa nyaman, serta menghindari rasa sakit akibat duduk terlalu lama.

Ternyata membuat dekorasi meja kerja tidaklah sulit. Asalkan ada niat maka semua pasti bisa terselesaikan. Hadirkan barang apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kreatifitas dan semangat kerja Anda.

Dekorasi meja kerja secara tepat dapat memberikan rasa nyaman walaupun beraktivitas seharian di depan meja. Jika Anda masih bingung mencari meja kerja yang tepat, Dekoruma menyediakan meja sekaligus kursi kantor dengan aneka ragam bentuk yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Yuk, cek sekarang!