Sebagian orang memanfaatkan momen lebaran untuk mendekorasi rumahya. Karena pada saat hari raya idul fitri, berkumpul bersama keluarga besar dan mengunjungi tetangga sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan setiap tahunnya.

Tak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong memperbaiki rumahnya. Mulai dari mengecat tembok hingga melakukan dekorasi ulang di area ruang tamu. Nah bagi kamu yang juga ingin melakukan dekorasi ruang tamu tapi masih bingung dengan konsepnya, coba deh terapkan konsep industrial.

Dekorasi bergaya industrial identik dengan dinding atau lantai unfinished. Namun, unfinished ini hanyalah sebuah istilah bukan berarti bangunan itu belum selesai sepenuhnya. Biasanya dinding atau lantai unfinished sudah mendapatkan sentuhan akhir agar tahan lama dan mudah dibersihkan. Dekorasi industrial ini akan membuat ruang tamu kamu semakin berkarakter. Lalu bagaimana menerapkan tema ini agar cocok untuk area ruang tamu? Yuk simak tipsnya!

1. Gunakan material yang terekspos

Material terekspos artinya menggunakan material beton, bata atau rangka atap kayu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan material logam atau besi. Kamu juga bisa lho memakai furniture bekas untuk mendapatkan dekorasi rumah bergaya industrial.

2. Lakukan dekorasi pada dinding

Dinding unfinished pada ruang tamu kamu akan semakin menarik jika ditambahkan dekorasi. Kamu bisa aplikasikan mural, lukisan atau pun membuat

gallery wall
yang memuat foto-foto kamu bersama keluarga.

3. Kombinasikan warna netral dengan warna cerah.

Jika kamu merasa warna abu-abu yang dihasilkan dari dinding unfinished terlihat gelap, kamu bisa lho kombinasikan dengan warna cerah. Karena warna abu-abu termasuk warna yang netral, maka jika digabung dengan warna cerah pun masih tetap cocok

4. Pakai furniture daur ulang

Ini juga bisa menjadi solusi agar budget yang telah kamu sediakan untuk dekorasi rumah tidak membengkak. Kamu bisa gunakan papan reklame atau elemen-elemen besi seperti patahan rel kereta. Tentunya yang sudah dimodifikasi ya agar tidak terlihat usang.

5. Perhatikan pencahayaan di ruangan

Lampu gantung juga sangat kental dengan dekorasi rumah bergaya industial. Kamu bisa pilih lampu dengan kepala besar dan terbuat dari logam. Lampu ini akan semakin menambah kesan industrial pada area ruang tamu kamu.

Nah sekarang kamu nggak bingung lagi kan? Beberapa

furniture
tadi bisa diaplikasikan pada ruang tamu kamu untuk mendapatkan gaya industrial. Atau, kamu bisa mencoba gaya dekorasi ruangan bertema biru minimalis jika kurang cocok dengan gaya industrial. Jika dekorasi rumah sudah beres, pasti kamu juga sudah siap menyambut lebaran dong. Dijamin lebaranmu kali ini lebih berkesan deh!

Kamu nggak perlu khawatir kesusahan mencari furniture-furniture tersebut, karena Dekoruma juga menyediakan koleksi dekorasi rumah bergaya industrial, lho. Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Langsung cek aja, yuk!