Dewasa ini, banyak sekali variasi menata ruangan sesuai dengan inspirasi dan desain setiap individu.  Jika dahulu kita hanya mengenail istilah klasik, modern, minimalis, maka sekarang sudah banyak sekali pilihan styling atau menata ruangan seperti Industrial, Bohemian, Shabby Chic hingga Scandinavian interior.  Semuanya memiliki ciri khas dan identitas desain masing- masing yang semakin membuat nyaman dan betah pengguna ruangannya.

Baca juga: Dekorasi Rumah Terkini: Si Trendi, Shabby Chic

Tak lupa pula, ada cara menata ruangan ala Urban Modern yang kini semakin melejit trendnya. Konsep Urban Modern memang semakin diminati karena mudah diaplikasikan dengan perabot yang minimalis dan lebih terjangkau, serta memiliki daya tarik tersendiri yang sangat disukai masyarakat perkotaan yang modern.

Penasaran ingin mengenal cara menata ruangan dengan gaya Urban Modern? Yuk kita berkenalan dengan gaya interior dan menata ruangan Urban Modern.

Definisi ” Urban Modern” Untuk Interior Anda

Desain interior ” Urban Modern” adalah gaya menata ruang dengan pengaruh atau nuansa kosmopolitan yang kental. Ada bauran eleman cool, trendi, dan bergaya muda yang semuanya lebur demi menghadirkan estetika ruangan yang lembut, nyaman dan tetap modern. Pastinya, siapapun yang memasuki sebuah ruangan yang berkonsep Urban Modern akan seketika merasakan pesona ruang yang apik, kasual, namun tetap modern untuk bersantai.

Via : Pinterest

Urban Modern terutama sangat diminati bagi mereka yang tinggal di perkotaan atau yang memiliki jadwal kerja di luar rumah yang padat. Rumah urban modern otomatis menjadi sebuah kediaman dan tempat beristirahat untuk melepas lelah dengan total. Ada unsur kenyamanan yang memanjakan pada tema Urban Modern, sekaligus segar dan refreshing setiap saat.

Selengkapnya: Mendekorasi Rumah Ala Scandinavian Tidak Sulit Kok

Pada dasarnya, konsep Urban Modern diarahkan untuk menampilkan sisi lembut dari kediaman Anda.  Walaupun arus kehidupan kota besar cenderung berat dan melelahkan, rumah Urban Modern tetap terasa kontemporer ala kota besar, namun ada unsur soft dan homey yang memberikan rasa tenang. Jika kamu adalah pemilik rumah yang berada di kota besar yang padat, ada baiknya untuk mempertimbangkan penerapan gaya Urban Modern untuk rumah kamu.

Tips Menata Ruang Ala Urban Modern

Untuk menata ruangan ala Urban Modern, ikuti tips- tips sederhana berikut ini :

  1. Prioritaskan kesan lembut yang simpel dan modern.Jauhi penataan ruangan yang terkesan kasar atau macho karena Urban Modern adalah segala sesuatu hal yang berkaitan dengan estetika lembut dan modern. Menata ruangan Urban Modern juga berarti mencari gaya styling interior yang update dan inovatif, tetapi tidak mudah lekang oleh waktu. Jadi, perpaduan pas antara klasik, minimalis dan modern adalah salah satu strategi desain urban modern yang boleh dicoba.
  2.  Memilih furnitur yang nyaman dan natural
    Source : AVSO.ORG

    Furnitur untuk ruangan urban modern akan cenderung bergaya rendah dan modular yang minim dekorasi atau ornamen yang mendetil. Perabot yang lugas dan apik lebih disukai, begitu juga halnya aksesoris rumah yang dipasang. Intinya, setiap perabot, aksesoris, dan rumah punya manfaat yang jelas dan tidak berlebihan jumlahnya. Sofa pun menjadi penting, misalnya sofa rendah yang empuk, meja kopi yang kecil dan simpel, hingga lukisan besar yang modern adalah contoh- contoh titik fokus furnitur yang mencerminkan ruangan Urban Modern.

  3.  Pilih warna- warna netral yang alami
    Warna akan sangat menentukan ruangan urban modern.  Paduan warna yang netral, adem dan alami seperti putih, abu-abu, hitam akan sangat tepat jika diaplikasikan sebagai palet utama ruangan Urban Modern. Selain itu, dominasi warna non-monoton akan memberikan kesan modis dan urban yang nyaman. Jauhi warna- warna hip dan kontras seperti hijau, oranye dan warna primer lainnya.
  4. Konsep desain yang lapang.
    Source : HGTV

    Hidup di kota besar, banyak yang memilih konsep Urban Modern karena keterbatasan ruangan rumah.  Fokus pada Urban Modern adalah memanfaatkan ruang semaksimal mungkin dengan tata peletakan furnitur yang tidak berlebihan sehingga flow ruangan tetap apik dan leluasa.

  5. Lighting yang pas dan sesuai.
    Via : Home With Perfect Ideas

    Pilih lighting alami saat menata ruang Urban Modern. Untuk ruangan utama seperti ruang tamu atau ruang bersantai keluarga, sinar terang dari penerangan alami seperti jendela atau kaca langit- langit akan sangat cocok. Sedangkan untuk ruang personal seperti tempat tidur, pasang lampu dengan intensitas yang rendah untuk kesan homey yang nyaman.

Inspirasi Menata Ruangan Urban Modern dari Dekoruma

Setelah mengetahui tips-tips penting dalam menata ruangan Urban Modern, saatnya untuk mencari inspirasi- inspirasi desain dan konsep Urban Modern dari sumber yang ada. Dekoruma sendiri sebagai penyedia produk dan seluruh kebutuhan tata ruang rumah tangga juga kerap menghadirkan berbagai furnitur, lampu hingga dekorasi rumah lainnya yang sesuai dengan berbagai gaya interior styling.

Khusus untuk ruangan dengan unsur Urban Modern, berikut inspirasi desain urban modern lengkap dengan produk dari Dekoruma.

  • Inspirasi #1 : Ruang Keluarga Yang Nyaman
    Via Pinterest
  • Inspirasi #2 : Ruang Tidur Yang Personal

    DigsDigs

Nah bagaimana? Mudah bukan untuk mencari kombinasi furnitur, lampu, hingga dekorasi untuk ruangan Urban Modern bersama Dekoruma? Dengan katalog produk yang lengkap, kami yakin menyulap desain lama yang ada di rumah atau ruangan kini bisa semakin mudah dan terjangkau.

Saatnya untuk terus browsing inspirasi ruangan Urban Modern dari sumber-sumber desain interior yang ada dan temukan dekorasi rumah yang sesuai keinginan hanya di Dekoruma. Dekoruma jual cermin, lampu gantung, lukisan, dan yang lainnya.

Selain dekorasi, ada juga aneka jenis furnitur berkualitas untukmu. Dekoruma jual meja kerja, rak dinding, kursi malas, lemari pakaian, dan meja belajar minimalis. Akhir kata, selamat mendekorasi dan menata ruang Urban Modern di kediamanmu!