Takjil adalah makanan atau minuman yang disantap orang untuk mempercepat pembatalan puasa. Biasanya, takjil berupa makanan atau minuman ringan yang manis. Dengan demikian, kadar gula darah dapat segera normal dan saluran pencernaan mulai bekerja perlahan. Aneka menu takjil kekinian dapat dijadikan pertimbangan.

Pilihan menu takjil tersebut ada sangat banyak. Tampilan unik dan rasanya enak. Semua kalangan pun bisa menikmatinya, dari anak-anak hingga lansia.

Aneka Menu Takjil Kekinian untuk Buka Puasa

Beberapa di antaranya bisa kamu buat di rumah agar tidak perlu antri dan lebih higienis. Ini dia 8 rekomendasi menu takjil kekinian yang enak dan mudah dibuat di rumah selama bulan Ramadhan.

Kolak Ubi

kompas.com

Menu takjil yang satu ini selalu menjadi idaman para pemburu takjil. Rasanya manis dan nikmat disantap dalam keadaan hangat. Cara membuatnya sangat mudah, begitu pula dengan bahan yang dibutuhkan. Bahan utamanya adalah ubi manis, gula jawa, daun pandan, santan, dan air.

Untuk membuatnya, kupas ubi dan potong kotak-kotak. Kemudian rebus hingga empuk bersama dengan gula jawa dan santan. Nyalakan api kecil dan aduk perlahan agar santan tidak pecah. Jangan lupa masukkan daun pandan supaya lebih wangi. Jika suka, kolak ubi ini dapat dikombinasikan dengan pisang, kolang-kaling, dan pacar cina.

Telur Gulung

food.indozone.id

Makan telur rebus, dadar, atau ceplok sih sudah biasa. Sesekali coba bikin menu takjil kekinian telur gulung yang juga dikenal sebagai jajanan sekolah. Bahan yang dibutuhkan hanya telur, garam, lada, minyak goreng, dan tusuk sate.

Cara membuatnya pertama-tama pecahkan telur dalam wadah, kocok rata dengan garam dan lada. Kemudian panaskan minyak. Tuangkan telur yang sudah dikocok tadi ke dalam minyak panas. Lalu segera gulung menggunakan tusuk sate. Hasilnya akan seperti sate lilit. Nah, telur gulung ini dapat kamu sajikan dengan saus favorit selagi hangat.

Jasuke

astronauts.id

Menu takjil kekinian berikutnya adalah jasuke alias jagung susu keju. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari menu takjil kekinian ini adalah jagung, susu kental manis, dan keju. Hal yang perlu dilakukan adalah mengukus jagung hingga matang. Selagi masih hangat, tuangkan susu kental manis dan parutan keju. Aduk hingga rata dan jasuke pun siap dinikmati. Rasanya manis berpadu gurih dan teksturnya unik.

Salad Buah

freepik.com

Untuk yang belum sempat makan buah di saat sahur, buat saja salad buah sebagai takjil. Menu takjil kekinian satu ini dapat dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Apapun buah yang kamu gunakan, buah tersebut perlu dipotong kecil-kecil. Kemudian letakkan di dalam mangkok.

Setelah itu, tambahkan kental manis dan sedikit parutan keju sebagai toppingnya. Agar lebih nikmat dan sehat, taburkan biji selasih. Kamu bisa membuatnya di sore hari. Lalu simpan di dalam lemari es agar tetap fresh dan menyegarkan saat dimakan.

Cilok

radartasik.disway.id

Berikutnya ada menu takjil kekinian cilok yang punya tekstur kenyal, tapi bikin nagih. Jajanan takjil yang satu ini berbahan dasar tepung tapioka dan terigu. Adonan utama cilok diberi bumbu garam, merica, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan irisan daun bawang. Kemudian diberi campuran air hangat dan diuleni hingga mudah dipulung.

Selanjutnya, kamu perlu didihkan air. Masukkan adonan cilok yang sudah dipulung tadi dan rebus hingga mengambang ke permukaan air. Angkat dan tiriskan. Cara penyajian cilok ini beragam. Ada yang mencampurkannya dengan bumbu kacang, bumbu rujak, saus sambal, atau bubuk aneka rasa.

Es Thai Tea

healthline.com

Belakangan ini Thai Tea sedang nge-hits di mana-mana. Mulai dari minuman, es krim, hingga selai roti. Di antara varian tadi, minuman Thai Tea adalah yang paling mudah dibuat di rumah dan anti gagal. Minuman manis segar untuk menu takjil kekinian hanya membutuhkan bahan dasar teh hitam, kental manis, dan susu evaporasi.

Pertama-tama, didihkan air dan teh hitam hingga warnanya pekat. Lalu saring dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, campurkan dengan susu evaporasi dan kental manis. Kalau sudah siap, tinggal sajikan dengan es batu. Ada satu rahasia nih, tambahkan bubuk vanili agar aromanya semakin wangi.

Susu Kurma

parenting.firstcry.com

Buah kurma adalah buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Jadi, rasanya kurang lengkap kalau belum membuat menu takjil berbahan utama buah kurma. Salah satu menu yang mudah dibuat adalah susu kurma.

Siapkan buah kurma yang sudah dibuang bijinya. Rendam selama semalaman dengan air bersih. Setelah itu, haluskan buah kurma menggunakan blender. Tambahkan susu cair dan madu, kemudian blender lagi hingga halus. Susu kurma nikmat disajikan panas maupun dingin. Baik untuk mengembalikan energi usai berpuasa juga lho.

Es Semangka India

sedaap.biz.id

Bosan makan semangka dalam bentuk potongan atau jus saja? Tenang, ada takjil viral es semangka India yang bikin pengalaman makan semangka jadi lebih menyenangkan. Bahan yang dibutuhkan adalah buah semangka, sirup rasa mawar, daun mint, biji selasih, air, dan es batu.

Buah semangka disiapkan dalam bentuk potongan kecil. Lalu, campurkan sirup rasa mawar dan air. Tambahkan biji selasih, es batu, dan daun mint sebelum disajikan. Es semangka India ini juga dapat divariasikan dengan tambahan kental manis. Rasanya sangat menyegarkan dan manis. Sangat pas untuk disajikan usai berpuasa dan berpanas-panasan seharian.

Membuat takjil di rumah dengan menu kekinian memang terasa menyenangkan, bukan? Nah, buat kamu yang saat ini  bingung ingin membuat berbagai aneka takjil di atas, kamu bisa mencobanya dari yang termudah.

Aneka menu takjil di atas juga bisa kamu whislist nanti ketika sudah menempati rumah impian dengan mencarinya di Dekoruma Properti. Pasalnya, mencari properti modern ini juga sama mudahnya seperti membuat menu takjil kekinian dari rumah.

Sebab, Dekoruma menawarkan berbagai pilihan rumah impian dengan budget yang bisa disesuaikan denganmu. Untuk bisa mendapatkan rumah yang kamu inginkan, kamu cukup gunakan smartphone atau laptop untuk mengaksesnya. Yuk, cari properti di Dekoruma Properti sekarang juga!

Temukan Properti Terbaik di Dekoruma Properti

Pilihan terlengkap mulai dari rumah dan Apartemen.

Temukan Perumahan Lainnya di Jakarta Selatan!