Berniat mendekor rumah dengan desain a la Scandinavian? Sebelum memulai proyek dekorasi rumah dengan desain Scandinavian interior, kamu perlu mengetahui hal-hal penting mengenai pilihan dekorasi rumah yang satu ini. Terlebih lagi dalam menata dapur dengan dekorasi rumah Scandinavian. Pasalnya, pemilihan kitchen set juga harus benar-benar tepat agar mampu menonjolkan nuansa Scandinavian.

Melalui artikel ini, Kania ingin berbagi berbagai rahasia penting seputar dekorasi rumah a la Scandinavian, loh! Mulai dari karakteristik desain bergaya Scandinavian hingga tips-tips merancang dapur dan menyiapkan kitchen set untuk desain Scandinavian. Lebih lengkapnya bisa kamu simak seperti di bawah ini.

Karakteristik Utama Dekorasi Rumah Scandinavian


Apa yang membedakan dekorasi rumah a la Scandinavian dengan dekorasi lainnya? Dekorasi Scandinavian sebenarnya merupakan sebuah pergerakan dari desain arsitektur, interior dan furnitur yang muncul pada tahun 1950. Dekorasi ini sendiri pada awalnya diusung oleh negara-negara seperti Swedia, Denmark, Finlandia dan Norwegia. Dimana dekorasi rumsh Scandinavian sangat kental dengan karakteristiknya yang simple, minimalis dan fungsional.

Beberapa karakteristik lainnya yang begitu menonjol dari dekorasi rumsh a la Scandinavian diantaranya:

DESAIN BERGAYA SCANDINAVIAN DIDOMINASI DENGAN WARNA NETRAL

Warna netral seperti halnya abu-abu terang dan putih menjadi ciri utama dari dekorasi rumah a la Scandinavian. Warna netral yang digunakan dalam desain ini mampu memberikan kesan ruangan tampak lebih luas sekaligus terlihat elegan. Meskipun dekorasi rumah bergaya Scandinavian bukan termasuk desain modern, namun jika dilihat akan tampak seperti desain modern.

JENDELA KACA DENGAN UKURAN YANG CENDERUNG CUKUP LEBAR

Kaca bening dengan ukuran yang lebar membuat cahaya matahari menjadi sumber penerangan utama saat siang hari untuk rumah bergaya Scandinavian. Bahkan bisa dikatakan berkat cahaya matahari yang cukup terang memasuki ruangan dengan dekorasi rumah Scandinavian, sudah tidak lagi dibutuhkan adanya penerangan lampu. Desain dekorasi rumah yang membuat kamu lebih menghemat listrik karena tidak perlu lagi menyalakan lampu apa pun saat siang hari.

PLAFON, LANTAI, DAN TEMBOK MENGGUNAKAN KAYU DENGAN DOMINASI WARNA PUTIH

Ciri spesial yang hanya dimiliki dekorasi rumah a la Scandinavian adalah penggunaan kayu berwarna putih pada plafon, lantai dan tembok. Namun, penggunaan kayu disini juga bisa diganti dengan keramik yang memiliki tekstur menyerupai kayu.

MENGGUNAKAN FURNITUR DENGAN DESAIN SEDERHANA

Bisa dikatakan bahwa furnitur Scandinavian sangat cocok dengan interior bergaya urban. Keduanya memiliki karakteristik penggunaan furnitur yang ramping. Mulai dari furnitur yang ditempatkan dalam ruang tamu maupun kitchen set yang bisa ditemukan di dapur, semuanya memiliki desain yang sederhana. Meskipun terkesan minimalis, akan tetapi furnitur untuk dekorasi rumah Scandinavian memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Seperti menempatkan IKEA Sunnersta Dapur Mini ini pada dapur dengan dekorasi rumah bergaya Scandinavian.

MEMANFAATKAN PEMANDANGAN ALAM

Jendela kaca dengan ukuran lebar pada dekorasi rumah Scandinavian bukan hanya berguna sebagai tempat masuk cahaya matahari. Melalui jendela tersebut, kamu juga berkesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar. Karakteristik tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebiasaan orang-orang Scandinavia. Pasalnya, orang-orang Scandinavia memang menyukai pemandangan halaman rumahnya yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman.

FUNGSI MERUPAKAN ASPEK PALING UTAMA

Baik interior ruang tamu, ruang tidur, dapur beserta semua pilihan kitchen set maupun kamar mandi dalam dekorasi rumah Scandinavian dipilih dengan menekankan pada aspek fungsi. Oleh karena itu, dalam dekorasi rumah, gaya Scandinavian ini memiliki ciri khas yang spesial yakni menggunakan furnitur dan perabot seperlunya. Sesuai dengan fungsi dari furnitur dan perabotan yang digunakan tersebut.

RAMAH LINGKUNGAN

Desain dekorasi rumah bergaya Scandinavian termasuk salah satu model yang sangat ramah lingkungan. Pencahayaan ruangan dengan memanfaatkan cahaya matahari didukung suasana alam pedesaan yang asri menjadi bentuk hunian yang senantiasa menjaga kelestarian alam.

Salah satu furnitur ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat desain Scandinavian pada dapur adalah IKEA Gamleby Rak dinding, warna antik lembut. Furnitur ini memiliki warna khas yang antik karena terbuat dari material kayu pinus solid.

Kurang lebih itulah karakteristik dari dekorasi rumah bergaya Scandinavian. Sekarang Kania ingin berbagi mengenai dekorasi dapur bergaya Scandinavian. Termasuk rekomendasi kitchen set pilihan untuk dapur Scandinavian.

Dapur Minimalis Bergaya Scandinavian


Jika dapur yang kamu miliki berukuran kecil, namun ingin membuatnya lebih fungsional, maka pilihan desain Scandinavian merupakan yang paling tepat. Alasannya tidak lain karena dekorasi Scandinavian memang tampak sederhana dan terkesan minimalis. Bukan hanya itu, desain interior dari gaya dekorasi yang satu ini terkenal dengan susunannya yang sangat tertata, sehingga kamu tidak akan mengalami masalah dengan penataan kitchen set di dalam dapur. Apa saja tips penting dalam mendekor dan memilih kitchen set yang tepat untuk dapur dengan gaya Scandinavian?

Dapur Scandinavian memiliki karakteristik khas warna putih. Bukan tanpa alasan, dominasi warna putih pada desain ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena berfungsi memaksimalkan cahaya alami yang ada dalam dapur. Jika dekorasi dapur kamu sudah bernuansa putih, maka kamu hanya perlu menambahkan beberapa sentuhan dibarengi penataan kitchen set yang cerdas sudah mampu menciptakan tampilan Scadinavian.

Gantungan cangkir HAN Rak Aluminium Peralatan Makan Silver 7800 – Perak ini sangat cocok melengkapi kitchen set dalam ruang dapur bergaya Scandinavian. Jangan lupa untuk menempatkan kitchen set secara simetri agar ruang dapur terlihat rapi dan tetap menonjolkan sisi kesederhanaannya.

Tips Membeli Kitchen Set Dapur Scandinavian


  • Pertimbangkan model dan desain kitchen set, pikirkan baik-baik apakah kamu ingin menggabung dapur kotor dan dapur bersih atau memisahkannya. Dalam memilih desain dan model juga harus disesuaikan tema dekorasi dapur kamu. Dimana dalam desain Scandinavian, lebih banyak menggunakan furnitur dengan desain sederhana.
  • Ketahui material dasar kicthen set yang dipilih, seperti misalnya kayu solid, plywood dan lain sebagainya.
  • Pilih warna dan motif yang sesuai dengan dominasi warna dapur kamu. Dapur Scandinavian yang didominasi warna putih, sangat tepat jika kamu memilih kitchen set dengan warna senada.

Inspirasi Kitchen Set Untuk Ruang Dapur Dengan Dekorasi Scandinavian


Warna putih yang diaplikasikan pada area dapur sangat cocok dipadukan dengan warna coklat dari kursi dan meja dengan material kayu, seperti JYSK Dining Set Tylstrup 118X75X73 Natural, terlihat desain yang sederhana tetapi tampil menarik. Ditambah penerangan lampu bergaya rustic akan menambah kesan sederhana dan fungsional.

Tidak meninggalkan karakteristik khas dari gaya Scandinavian, desain dapur yang langsung menyatu dengan meja makan mengutamakan kepraktisan sekaligus fungsi dari sebuah ruangan. Masih tetap mengandalkan warna dasar putih dengan perabot furnitur dari besi dan kayu seperti Felini Furniture Set Meja Makan 6 Kursi MMK 6 ini tampak begitu apik.

Membuat sebuah rak dari material kayu sebagai alternatif tempat penyimpanan dalam dapur bergaya Scandinavian merupakan salah satu pilihan tepat. Tempatkan beberapa tanaman hijau untuk memberikan kesan hidup sekaligus membuat dapur tampak lebih lega.

Ruang dapur yang didesain tanpa sekat dengan ruangan lainnya memberikan kesan yang lebih lega. Terutama dengan adanya warna putih dominan pada keseluruhan ruang, didukung furnitur dapur berbahan kayu yang tampak natural dengan kursi Picchio Kursi Makan Kruis warna hitam terlihat menonjol di dalam ruang dapur yang memiliki dominasi kitchen set berwarna terang.

Adanya lampu bergaya industrial juga mampu memperkuat karakter dapur. Kamu bisa menambahkan kabinet kaca untuk menempatkan barang pajangan maupun perabot rumah pada salah satu sisi ruangan. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menemukan kabinet kaca yang paling tepat dengan dekorasi interior Scandinavian rancanganmu di dekoruma.