Menentukan sofa untuk dibeli dan digunakan didalam rumah bukan hanya sekedar melihat faktor harga dan keindahan tampilannya saja. Sebab jenis bahan sofa sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum membeli.

Jenis bahan sofa tersebut nantinya akan mempengaruhi kenyamanan dan tingkat keawetan sofa yang telah dibeli. Lalu seperti apa jenis bahan sofa yang bisa kamu pilih?

Berikut beberapa jenis bahan sofa yang telah kami rangkum

Katun

Jenis bahan sofa yang pertama adalah katun yang menjadi material yang sering kali digunakan pada kebanyakan furnitur salah satunya adalah sebagai lapisan sofa. Sofa yang memiliki bahan katun memiliki tekstur yang halus dan juga lembut, namun meskipun demikian tetap taham lama dan kuat untuk kamu gunakan.

Kualitas katun dipengaruhi juga dari kerapatan jalinan benangnya, semakin rapat maka semakin baik juga kualitas katun tersebut. Kelemahan bahan katun, adakah?

Tentu saja ada, jenis bahan sofa yang terbuat dari katun tidak mampu tahan terhadap kusut, api, dan juga tanah. Dikarenakan hal itulah bahan katun pada sofa sering kali dikombinasikan dengan bahan yang lainnya agar mampu menutupi kekurangan yang ada.

Polyester

Selanjutnya ada jenis bahan sofa yang merupakan serat buatan manusia dan tidak tersedia di alam yang bernama polyester.

Kelebihan dari jenis bahan ini adalah lebih awet, tidak mudah kusut, dan juga tidak mudah sobek. Jenis bahan polyester juga sering kali dikombinasikan dengan jenis bahan yang lain atau disebut sebagai material polyester campuran. Polyester tersebut sering kali dicampur dengan jenis bahan seperti wool dan juga rayon.

Rayon (Viscose)

Jenis bahan sofa yang ketiga berasal dari serat yang dihasilkan dari regenerasi selulosa. Dipilihnya rayon sebagai bahan pelapis sofa dengan tujuan agar menyerupai katun, linen, dan juga sutra. Namun, Rayon memiliki harga yang jauh lebih murah dan juga tahan lama dibandingkan dengan jenis bahan tersebut. Kekurangannya adalah jenis bahan sofa yang satu ini mudah mengkerut dan juga mudah terbakar.

Nilon

Nilon merupakan jenis bahan sofa yang berasal dari serat buatan. Nilon banyak digunakan sebagai bahan pelapis sofa dikarenakan keunggulannya yang elastis, tidak mudah robek, tahan terhadap air, tahan terhadap jamur, ringan, dan mudah untuk dicuci.

Meskipun memiliki banyak kelebihan jenis bahan sofa yang terbuat dari Nilon dapat terdegradasi akibat sinar matahari.

Linen

Jika Anda menginginkan jenis bahan sofa yang kuat, tidak mudah robek, tidak mudah pudar, dan lembut maka pilihlah linen sebagai bahan pelapis sofa.

Linen merupakan serat alami yang lebih sulit untuk menyerap tinta dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya. Oleh karena inilah, sofa yang berbahan linen seringkali tampil tanpa motif atau polos. Kekurangannya, jenis bahan yang satu ini dapat kotor dan mengkerut.

Chennile

Dalam bahasa Perancis chennile memiliki arti ulat bulu. Jenis bahan sofa yang satu ini mendapatkan nama demikian dikarenakan terlihat layaknya rajutan dan memiliki tekstur pilinan benang yang cukup tebal.

Kelebihan jenis bahan sofa ini adalah bahan yang tidak mudah robek, kuat, dan juga tahan lama. Namun, jenis ini sukar untuk dibersihkan jika terkena noda.

Jika kamu menginginkan sofa dengan gaya yang klasik, maka jenis bahan sofa yang terbuat dari Chennile dapat kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Akrilik

Selanjutnya ada jenis bahan sofa yang termasuk dalam serat sintetis yaitu akrilik dan merupakan imitasi dari jenis bahan wool.

Jika kamu ingin menempatkan sofa di area luar ruangan, maka jenis bahan sofa yang satu ini sangat pas untuk digunakan. Sebab akrilik lebih tahan terhadap paparan sinar matahari dan juga mudah kering saat terkena air.

Selain itu kain akrilik memiliki sifat yang tidak mudah kusut, lebih tahan lama dan juga ringan.

Velvet

Pada awalnya jenis bahan sofa yang satu ini dibuat dari sutera, namun seiring berjalannya waktu velvet dibuat dengan menggunakan bahan sintetis. Hal ini membuat bahan nilon, viscose, dan polyester banyak digunakan.

Tampilan yang mewah dapar kamu rasakan saat memilih jenis bahan ini sebagai pelapis sofa. Hal ini dikarenakan velvet memiliki tekstur yang lebih halus dan mengkilap.

Meskipun demikian, velvet ternyata lebih sulit untuk dibersihkan saat terkena kotoran dan juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis bahan yang lain.

Kain Fabric

Selanjutnya ada kain fabric yang merupakan jenis bahan sofa yang cukup banyak digunakan oleh pabrikan. Jenis bahan ini memiliki ciri berupa pori-pori yang cukup besar yang akhirnya kemungkinan untuk dimasuki debu dan hewan kecil dapat terjadi.

Oleh karena itu, jenis bahan ini sangat tidak cocok kamu gunakan jika memiliki masalah berupa gangguan pernafasan akibat paparan debu. Namun, jika kamu masih tetap ingin menggunakan jenis bahan ini, kami menyarankan untuk membersihkan sofa secara rutin minimal satu minggu sekali menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis bahan ini adalah lebih dingin dan sangat nyaman untuk kamu gunakan dalam waktu yang lama. Bahkan, saking nyamannya, kamu juga bisa tertidur di sofa ini hanya dengan bermodalkan selimut & quilt dan bantal sofa. Hal ini dikarenakan jenis bahan yang memiliki pori-pori yang lebih besar dari biasanya.

Saat akan menjemur sofa yang berbahan kain fabric usahakan tidak langsung menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sebab hal ini akan menjadikan sofa yang ada lebih mudah memudar warnanya.

Oscar/Semi Kulit

Jenis bahan sofa yang terakhir adalah Oscar yang memiliki karakteristik mirip dengan kulit. Kelebihan dari jenis bahan yang satu ini adalah lebih mudah untuk dibersihkan jika terkena tumpahan kotoran. Cukup menggunakan lap basah, setiap noda seperti tumpahan minuman dan debu dapat kamu hilangkan dengan mudah.

Dengan kelebihannya inilah Oscar bisa kamu jadikan pilihan jika memiliki anak-anak yang masih kecil dan sangat aktif bermain. Sehingga saat mereka bermain di dekat sofa dan tidak sengaja menumpahkan kotoran dapat dibersihkan dengan mudah.

Namun disamping kelebihan yang dimilikinya, jenis bahan yang satu ini tidak terlalu nyaman untuk digunakan untuk duduk dalam waktu yang relatif lama. Sebab Oscar tidak memiliki pori-pori, sehingga akan terasa panas jika digunakan dalam waktu yang lama.

Apapun jenis bahannya yang paling penting kamu perhatikan sebelum memilih jenis sofa adalah penggunaanya sofa tersebut nantinya. Kamu bisa mencari aneka sofa di Dekoruma. Tak hanya sofa, Dekoruma juga jual kursi kantor dan bean bag, lho!

Nah, buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak pilihan hunian dengan harga terbaik di dalam perumahan yang nyaman dan lokasinya strategis, seperti perumahan baru di Depok, Jakarta Barat, dan Tangerang. Ayo, tunggu apa lagi? Buruan cari rumah impianmu di Dekoruma!