Jika Anda tinggal di rumah yang kecil dengan ukuran dapur terbatas atau Anda memang menyukai simplicity dan kelugasan gaya kontemporer, kitchen set dapur minimalis pasti akan membuat dapur Anda terlihat lebih bersih dan tertata rapi. Selain tampilannya yang sederhana, tanpa embel-embel, dan berkesan modern, kitchen set minimalis menciptakan nuansa kosmopolitan dan berkelas untuk seluruh ruang dapur Anda.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ide desain ini hanya bisa terwujud ketika rumah masih baru ditempati, saat segalanya masih fresh. Seiring berjalannya waktu, kita cenderung menambahkan lebih banyak barang dalam satu ruangan. Alhasil, dapur Anda hanya menjadi tumpukan barang rongsokan dan desain dapur minimalis hanya tinggal impian belaka!

Apabila Anda sedang mendesain dapur baru atau ingin mendekorasi ulang dapur Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kitchen set murah namun tetap elegan. Mau tahu rahasianya? Silakan simak berikut ini!

Layout kitchen set dapur minimalis

blogdelibros.net

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan layout kitchen set dapur minimalis modern adalah mengetahui dengan tepat ukuran dapur Anda. Mengetahui berapa besarnya ukuran ruang dapur akan memudahkan Anda untuk menentukan beberapa elemen penting dalam mendesain kitchen set dapur minimalis, termasuk layout dapur agar sesuai dengan peralatan, kebutuhan memasak dan gaya hidup Anda. Ada beberapa pilihan bentuk layout dapur yang dapat Anda terapkan pada kitchen set minimalis modern, apakah Anda menginginkan bentuk U, I, C, G atau L.

Konsep working triangle

miserv.net

Anda perlu mempertimbangkan konsep working triangle dalam desain dapur minimalis Anda, yaitu bagaimana letak area penyimpanan, mencuci, dan memasak. Setelah mengetahui konsep tersebut, Anda mungkin ingin menggunakan island atau peninsula, atau tidak perlu sama sekali. Pertimbangkan juga apakah Anda perlu tempat penyimpanan seperti kabinet, rak, laci, dan sebagainya. Tujuan dari semua itu adalah untuk menunjang kenyamanan kerja dan kebebasan ruang gerak Anda di dapur.

Terkait: Alasan Kenapa Kitchen Set Kayu Jati Pilihan Tepat Untukmu

Lemari kabinet dapur

roohome.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan layout kitchen set dapur minimalis modern adalah mengetahui dengan tepat ukuran dapur Anda. Mengetahui berapa besarnya ukuran ruang dapur akan memudahkan Anda untuk menentukan beberapa elemen penting dalam mendesain kitchen set dapur minimalis, termasuk layout dapur agar sesuai dengan peralatan, kebutuhan memasak dan gaya hidup Anda.

Ada beberapa pilihan bentuk layout dapur yang dapat Anda terapkan pada kitchen set minimalis modern, apakah Anda menginginkan bentuk U, I, C, G atau L. Kitchen set minimalis bentuk I atau L adalah pilihan yang lebih ekonomis karena tidak membutuhkan sejumlah banyak lemari kabinet dapur. Selain hemat biaya, Anda juga bisa menghemat ruang dengan pemilihan bentuk layout tersebut.

Perlengkapan kitchen set minimalis

roselawnlutheran.org

Siapa yang tidak suka koleksi perlengkapan dapur yang canggih? Tetapi, tunggu dulu! Khusus untuk urusan desain dapur minimalis, Anda perlu menahan diri untuk membeli perlengkapan dapur yang tidak ada gunanya.

Ciri dapur minimalis adalah simplicity dan minimalis, artinya Anda tidak akan menemukan banyak barang berserakan di atas meja dapur namun memanfaatkan seluruh tempat penyimpanan untuk barang-barang keperluan dapur Anda. Ada barang-barang yang perlu Anda hindari dalam memilih perlengkapan kitchen set minimalis ekonomis, di antaranya adalah:

  • Oven microwave: Namun jika Anda sering menggunakannya, maka lebih baik tetap mempertahankannya.
  • Mesin es krim: Cukup beli es krim dari toko atau mencoba resep es krim simpel tanpa menggunakan mesin es krim.
  • Stand mixer: Sebaiknya keluarkan dari dapur jika Anda ingin dapur yang lebih lapang.
  • Mesin pemanggang roti (bread maker): Jika tidak sering menggunakannya, sebaiknya singkirkan dari dapur.
  • Peralatan satu fungsi: toaster (pemanggang roti), pasta maker, coffee maker, mesin penggiling kopi , mesin
    milkshake, juicer
    , dan sebagainya.

Namun ada beberapa perlengkapan kitchen set dapur minimalis yang wajib hukumnya untuk Anda miliki, yaitu:

  • Peralatan besar: Anda bisa memiliki kulkas ukuran besar, mesin pencuci piring, kompor (gas ataupun listrik tidak masalah), cooker hood (pengisap asap kompor) dan tentu saja oven (gas maupun listrik).
  • Peralatan satu fungsi: Anda bisa mempertahankan rice cooker, food processor, panci presto, yang semuanya dapat Anda simpan pada tempatnya bila tidak sedang digunakan.
  • Seperangkat pisau dan talenan: Meskipun Anda sering menggunakannya, sebaiknya simpan pisau pada laci penyimpanan tersendiri

Selain barang-barang yang disebutkan di atas, Anda perlu membatasi jumlah panci, wajan, mangkuk besar dan kecil, spatula, gunting dapur, sendok kayu besar dan kecil, sendok dan gelas takar, serta perlengkapan makan seperti piring, gelas, dan sendok. Pilihlah perlengkapan dan peralatan dapur yang efektif dan efisien.

Jangan lupa untuk menghadirkan furnitur untuk menyimpan barang-barang dapur, seperti kabinet dan rak gantung.

Batasi hanya dua warna

cotail.com

Terang, bersih, segar, lapang, cerah—semua ini berhubungan dengan warna putih yang mendatangkan energi positif dan kesegaran. Putih adalah warna yang sempurna untuk setiap desain kitchen set minimalis modern, pilihan yang tidak rumit untuk menciptakan tampilan bersih dan cerah yang Anda inginkan dalam desain dapur minimalis elegan.

simplearttips.com

Putih itu universal dan abadi. Anda bisa menggunakan kombinasi warna putih dengan nuansa warna lainnya seperti dalam skema monokromatis di atas, misalnya dengan paduan warna: kuning, hijau merah, hitam, abu-abu, dan sebagainya. Namun sebaiknya hanya membatasi pada dua tones warna. Jika ada sedikit warna kontras, akan lebih baik lagi. Pada foto di bawah ini, misalnya, kabinet putih glossy dipasangkan dengan panel pintu kabinet warna hijau lembut yang tampak elegan.

7decorideas.com

Selain dua warna, Anda bisa menonjolkan aksen warna yang kuat di salah satu dinding, lampu, tirai, atau beberapa pilihan item peralatan masak dengan warna pilihan Anda untuk menambah daya tarik ekstra. Misalnya, buah-buahan segar dengan latar belakang dinding putih bisa menjadi elemen dekoratif dan memikat dalam desain dapur minimalis Anda.

Tambahkan pencahayaan

homeesfeed.com

Anda bisa menambahkan pencahayaan untuk menciptakan nuansa ruang yang berbeda dalam lingkungan kerja Anda. Kunci utamanya adalah sistem pencahayaan yang Anda pilih nantinya akan menentukan kenyamanan Anda bekerja di dapur. Misalnya, Anda memilih nuansa ruang sejuk, maka pencahayaan cool light akan sangat cocok untuk Anda. Demikian pula bila Anda menginginkan suasana hangat, warm light akan memberikan kenyamanan ekstra saat Anda bekerja di dapur.

=========

Gimana, tidak sulit ‘kan menciptakan kitchen set minimalis modern? Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma, ya karena Dekoruma jual wajan & panci, kotak makanan, dan kitchen utensils. Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual Kedaung, merek perlengkapan makan dan minum terkenal yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia.

Kalau Anda kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk hunian, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Dekoruma siap menangani masalah design and build 

kitchen set
Anda. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget-Anda! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan Anda akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂