Sofa sudah menjadi bagian terpenting di dalam sebuah hunian. Furnitur esensial ini memiliki peran yang cukup besar dalam memberikan nuansa dalam rumah. Akan tetapi, sofa tidak mudah didapatkan dengan harga yang murah.

Jangan khawatir soal harganya! Kamu bisa mengatasinya dengan membeli atau menggunakan sofa lama dan didekorasi ulang sesuai dengan gaya yang kamu inginkan. Sofa yang lama memang cenderung ketinggalan model. Namun dari segi usia, semakin lama umur sofa maka membuat sofa tersebut semakin nyaman. Jadi, kamu tidak perlu membeli sofa baru yang mahal dan menyingkirkan sofa yang lama.

Bagaimana caranya?

Lapisi dengan Bahan yang Lembut

dekoruma.com

Menurut Anna Burke, seorang desainer Kemble Interiors, mengungkapkan bahwa untuk membuat sofa lama jadi baru, kamu bisa melapisinya dengan bulu sintetis atau faux fur. Hal ini dapat memberikan tekstur yang baik untuk dekorasi rumah serta menyediakan tempat duduk yang sangat lembut.

Tambahkan Bantal Sofa

aliexpress.com

Joy Cho, seorang blogger Oh Joy!, mengungkapkan bahwa tambahan bantal mungil membuat sofa terlihat lebih stylish. Cho memiliki sebuah sofa putih dan tampilan sofanya ia ubah dengan melapisi selimut berwarna biru-indigo pada dudukan sofa.

Selain itu, Cho juga menambahkan konsistensi dengan melapisi salah satu bantal di sofa dengan warna yang serupa dengan tambahan sebuah bantal mungil berwarna metalik. Kamu juga bisa menggunakan sarung bantal bermotif besar seperti gambar berbagai motif geometris (chevron) atau motif bunga-bunga besar.

Hal ini akan membuat kesan sofa lebih menarik. Pemilihan ukuran bantal sofa lebih bertujuan untuk menambah kenyamanan pengguna. Sedangkan pilihan motif bantal bertujuan untuk memberikan kelembutan.

Jika kamu suka keluar dari zona aman, kami dapat menggunakan sarung bantal yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam cat air sehingga memberikan efek ombre. Kemudian keringkan sarung bantal tersebut dan rapikan dengan menyetrikanya terlebih dulu agar tidak terlihat kusut.

Alhasil, sofa anda akan terlihat lebih trendi. Jika kamu merasa tidak percaya diri untuk melakukannya, kamu dapat berkonsultasi dengah tukang yang ahli di bidangnya.

Namun, jangan pula menaruh bantal sofa terlalu banyak. Hal ini akan membuat sofa terasa lebih penuh dan sulit untuk diduduki. Akibatnya terkesan jadi tidak nyaman.

Tambahkan Selimut Kecil

dekoruma.com

Cara ini terlihat lebih mudah dibanding dengan melapisis sebagian sofa dengan bahan kain atau dengan menambahkan bantal mungil. Kamu cuma perlu menyediakan selimut kecil dengan warna yang mencolok sehingga terlihat lebih menarik dan memiliki daya tarik tersendiri untuk suasana ruang tamu atau keluarga. Tetap sesuaikan dengan warna dasar sofa itu sendiri.

Jika warna sofa sudah mencolok, maka berikan selimut dengan warna yang lebih kalem sehingga tercipta keseimbangan warna yang baik. Kamu juga bisa memilih model selimut dengan bahan rajutan atau bahan yang lembut sebagai tempat untuk tubuh anda bisa beristirahat. Letakkan selimut kecil tersebut pada permukaan sofa sesuai dengan selera anda masing-masing.

Tambahkan Sarung Penutup Sofa

amazon.com

Jika kamu ingin mengubah style sofa jadi lebih modern, kamu dapat menambahkan hiasan lain berupa sarung penutup sofa. Sarung ini bisa dengan mudah kamu pasang dan lepas sehingga bisa menjadi solusi buat kamu yang mudah bosan dengan suasana rumah.

Ganti Kaki Sofa

labelmaison.fr

Jika kamu memiliki sikap detail dan teliti dalam mendekor sofa, maka kaki-kaki sofa pun tidak akan luput dari penglihatanmu. Jika kaki sofa yang berbentuk lingkaran telah menjadi tren pada tahun 2000-an, maka pada zaman sekarang hal itu sudah berubah.

Kamu dapat menggantinya dengan bentuk seperti persegi yang sedang tren pada waktu sekarang. Selain itu, pemasangannya pun tergolong cukup mudah. Kamu juga bisa mendapatkan kaki-kaki sofa ini di berbagai toko furniture online Indonesia.

Nah, dengan mengikuti enam langkah di atas, kamu bisa mengubah sofa lama jadi sofa minimalis yang lebih baru dan ngetren. Untuk membersihkannya, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi sofa yang meliputi bahan dan tipe sofa. Jika menggunakan kain outdoor bisa dibersihkan menggunakan shampoo sambil disikat. Berbeda jika menggunakan kain sofa standar maka harus disikat menggunakan sikat halus pula. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari aneka peralatan kamar mandi yang baru? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual American Standard yang menyerdiakan beragam jenis peralatan kamar mandi, seperti shower, keran air, dan floor drain. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!