Tips memilih kontrakan rumah, sering kali dibutuhkan untuk kamu yang pemula atau baru pertama kali mencari kontrakan berbentuk rumah tinggal. MAasalah serupa juga hadir untuk kamu yang merupakan pasangan baru menikah yang ingin memiliki rumah kontrakan yang nyaman.

Pemilihan tempat tinggal merupakan salah satu keputusan penting bagi setiap orang termasuk kamu yang baru memutuskan untuk mengontrak maupun pasangan pengantin baru. Tinggal di rumah atau apartemen milik sendiri tentu menyenangkan. Namun, tidak semua orang bisa langsung memiliki rumah atau apartemen sendiri. Oleh sebab itu, rumah kontrakan bisa menjadi pilihan untuk memulai kehidupan mandiri bersama, terutama jika dana tabungan belum mencukupi untuk membeli rumah sendiri. 

Pemilihan rumah kontrakan harus dilakukan secara selektif dan tidak bisa sembarangan. Banyak hal mesti kamu dipertimbangkan, mulai dari kontrakan terdekat dengan kantor atau rumah orangtua, fasilitas, harga, hingga faktor atau kondisi lingkungan dan pertimbangan lainnya. Secara lengkap, berikut adalah tips memilih rumah kontrakan yang nyaman untuk kamu.

Tips Memilih Kontrakan Rumah yang Tepat

Berikut ini penjeasan mengeani tips memilih kontrakan rumah yang tepat:

1. Memilih Kontrakan Harus Memastikan Lokasi Rumah yang Sesuai

Lodha.com

Memilih lokasi strategis saat mencari rumah kontrakan harus kamu pertimbangkan paling utama. Kamu bisa memilih lokasi kontrakan rumah di dekat dengan tempat kerja, transportasi umum, serta fasilitas umum, seperti pasar, rumah sakit, bahkan pusat perbelanjaan. 

Lokasi yang baik akan memudahkan mobilitas dan mengurangi waktu tempuh. Pertimbangkan juga untuk memilih kontrakan terdekat dengan rumah orangtua. Hal itu, perlu kamu pertimbangkan, karena untuk lebih mudah dan leluasa saat berkunjung atau saat ada sesuatu yang sangat penting. 

2. Memilih Rumah Kontrakan yang Sesuai Budget

Payrent.com

Bagi kamu pemula, memilih rumah kontrakan harus disesuaikan dengan budget, semua bisa kamu tentukan dengan alokasi yang baik dan direncanakan dengan matang. Pertama-tama kamu bisa menentukan batas maksimum budget yang dapat dialokasikan untuk sewa bulanan, sambil memperhitungkan biaya-biaya tambahan seperti utilitas, biaya internet, dan transportasi. 

Selanjutnya, telusuri harga sewa di berbagai lokasi untuk menemukan yang sesuai dengan anggaran yang kamu punya.Ingat untuk tetap memprioritaskan kebutuhan utama kamu dalam memilih rumah kontrakan, seperti lokasi, fasilitas, dan ukuran ruangan.

Selain itu, pertimbangkan juga biaya transportasi dan makanan, serta cari diskon atau penawaran khusus jika memungkinkan. Terakhir,  jangan lupa untuk tetap menyimpan tabungan darurat jika sewaktu-waktu ada keperluan tak terduga setelah kamu pindah ke kontrakan baru. 

3. Survei Online di Aplikasi Sewa Hingga Jual Beli Rumah

Behance.com

Sebelum mulai memilih rumah kontrakan, ada baiknya untuk membuat daftar kontrakan yang kamu inginkan. Tentukan terlebih dulu lokasi dengan pertimbangan jarak ke tempat kerja dan fasilitas publik di sekitarnya.

Selain itu, perlu juga dipertimbangkan posisi rumah kontrakanya, apakah kamu cocok di dalam gang atau dekat dengan jalan raya. Setelah menemukan lokasi yang tepat, sekarang saatnya mencari harga yang sesuai dengan spesifikasi serta kondisi hunian.

Jika kamu yang tidak ingin repot-repot pindah dengan banyak barang, ada beberapa kontrakan yang menawarkan rumah sewa dengan fully furnished. Tapi perlu di ingat, harga sewa dengan fasilitas lengkap seperti ini pasti cenderung lebih mahal. 

Mencari rumah kontrakan semakin mudah dengan situs properti online. Kamu bisa mencari kontrakan yang sesuai kebutuhan melalui fitur pencarian situs properti online yang akan menyaring hasil berdasarkan lokasi, harga, dan fasilitas yang diinginkan.

Situs properti online juga menyediakan foto, video, dan deskripsi detail setiap properti, hal ini akan semakin mempermudah kamu untuk mengetahui fasilitas dan gambaran lainnya mengenai kontrakan tersebut.

4. Buat Daftar dan Jadwal Survei Langsung

Appigo.com

Membuat daftar dan jadwal survei langsung kontrakan sangat penting bagi kamu si penyewa kontrakan pemula. Dengan membuat daftar kontrakan dan jawal survei langsung akan membantu menyusun kriteria dan preferensi yang diinginkan dalam rumah kontrakan, seperti lokasi, ukuran, fasilitas, dan budget. Dengan memiliki daftar ini, kamu dapat memastikan bahwa tidak melupakan aspek-aspek penting saat mencari kontrakan.

Selain itu, jadwal survei langsung memungkinkan kamu dengan mudah untuk melihat secara langsung kondisi fisik dan fasilitas rumah kontrakan yang kamu tuju. Tahap ini memungkinakan kamu untuk mengevaluasi apakah  rumah tersebut memenuhi kriteria, serta melihat apakah ada masalah atau kerusakan yang perlu diperhatikan.

Membuat daftar dan jadwal survey langsung membuatmu bisa lebih mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas penting lainnya. Dengan survei langsung juga membuat kamu bisa berinteraksi langsung dengan pemilik, sehingga kamu bisa dapat  informasi tambahan tentang rumah kontrakan dan proses sewa yang mungkin tidak tercantum dalam iklan atau situs web online yang kamu buka sebelumnya. 

5. Perhatikan Keamanan dan Kondisi Lingkungan

mhanational.org

Saat ingin menyewa kontrakan, penting untuk kamu mempertimbangkan keamanan dan kondisi lingkungan sekitar kontrakan. Karena faktor-faktor ini yang akan memengaruhi kenyamanan dan kualitas hidup sehari-hari, jika sudah tinggal di tempat tersebut. 

Keamanan lingkungan yang bisa kamu cek yaitu, tingkat kejahatan dan keberadaan fasilitas keamanan seperti sistem pengamanan dan pencahayaan yang memadai. 

Sedangkan untuk kondisi lingkungan yang perlu kamu perhatikan mencakup kebersihan, kebisingan, akses ke fasilitas umum, dan ketersediaan transportasi. Memperhatikan aspek-aspek ini membantu kamu dapat memastikan bahwa kamu mampu dan bisa tinggal dengan tenang dan nyaman di lingkungan yang aman dan kondusif.

6. Sesuaikan Ukuran Rumah

Dekoruma

Tips selanjutnya yaitu, saat ingin menyewa kontrakan kamu sebagai penyewa baru yang membawa pasangan atau pengantin baru, penting untuk mempertimbangkan ukuran rumah kontrakan. Hal ini penting karena ukuran rumah dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan fungsionalitas ruang bagi kedua belah pihak. 

Ukuran rumah yang sesuai dapat memastikan adanya ruang yang cukup untuk beraktivitas bersama tanpa merasa sesak atau terbatas. Selain itu dengan ruang yang cukup dan sesuai dapat memberikan privasi yang cukup bagi setiap individu.

Ukuran rumah yang sesuai kebutuhan kamu dan pasangan juga memungkinkan kamu untuk mengakomodasi perabotan dan perlengkapan rumah tangga dengan lebih baik.

7. Cek Fasilitas dan kelengkapan Rumah Kontrakan

Homecrux.com

Tips memilih kontrakan rumah untuk pemula dan pasangan baru berikutnya yaitu, mengecek fasilitas dan kelengkapan kontrakan. Hal ini penting untuk mempertimbangkan ukuran rumah kontrakan serta fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup sehari-hari, seperti keberadaan ruang penyimpanan yang mencukupi, fasilitas dapur yang lengkap, aksesibilitas fasilitas umum, dan keamanan lingkungan sekitar..

8. Pastikan Kondisi Bangunan Rumah Kontrakan Layak Huni

Dekoruma

Memastikan kondisi bangunan rumah layak huni saat ingin menyewa kontrakan merupakan satu keharusan yang penting kamu lakukan. Kondisi bangunan rumah sangat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan kamu kedepannya.  

Kondisi bangunan yang buruk atau tidak layak huni dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kebocoran, kebakaran, atau bahkan kecelakaan lainnya yang berpotensi membahayakan kamu sebagai penghuni. 

Selain itu, bangunan kontrakan dengan kondisi yang baik menandakan bahwa pemilik properti tersebut menaruh perhatian lebih terhadap rumah kontrakannya. Hal ini bisa saja selaras dengan kualitas layanan yang baik dan responsif terhadap perbaikan ataupun keluhan mengenai bangunan.

9. Tawar Harga Sewa dan Buat Kesepakatan Tanda Jadi

Freepik/@tanjaal429

Tips memilih kontrakan rumah selanjutnya yaitu tawar harga sewa dan membuat kesepakatan tanda jadi saat ingin menyewa rumah kontrakan. Hal ini merupakan langkah yang bijak untuk memastikan kesepakatan yang saling menguntungkan.

Kamu bisa menawar harga sewa kontrakan dengan harga yang masuk akal berdasarkan analisis pasar dan kondisi properti kontrakan yang kamu lihat. Upaya ini membantu kamu sebagai calon penyewa untuk mendapatkan harga yang lebih baik sesuai dengan anggaran yang kamu telah sediakan.

Setelah harga disepakati, kamu bisa meminta kesepakatan tanda jadi sewa dan pembayaran untuk menjamin bahwa rumah kontrakan tidak akan disewakan kepada pihak lain. Selain itu, tanda jadi juga berguna  untuk mengamankan kesepakatan sewa. Dengan melakukan kedua langkah ini, kamu akan mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan dan meminimalisir resiko kesalahan bahkan ketidakjelasan pada saat proses sewa kontrakan rumah.

10. Pastikan Membuat Ketentuan Pembatalan Kontrak

Golegal.co.za

Tips memilih kontrakan rumah yang terakhir ialah pastikan pemilik kontrakan mau memberikan ketentuan pembatalan kontrak. Karena ketentuan pembatalan kontrak yang disepakati sebelumnya akan memberikan fleksibilitas dan perlindungan bagi kamu, jika dalam situasi yang tak terduga.  Ketentuan pembatalan yang dibuat secara jelas dan adil memberikan jaminan kepada kamu sebagai penyewa. Karena dengan adanya ketentun ini, kamu memiliki opsi untuk mengakhiri kontrak sewa jika terjadi perubahan keadaan atau kebutuhan mendesak. 

Demikian pembahasan mengenai tips memilih kontrakan rumah untuk pemula dan pasangan baru, semoga membantu dan bermanfaat saat kamu ingin melakukan proses sewa rumah. 

Untuk kamu yang sedang mencari rumah dan bingung cari website terpercaya, kamu bisa mencarinya di Dekoruma Properti. Pasalnya, mencari properti seperti rumah jaman sekarang banyak namun yang cocok dan cantik seperti yang ditawarkan Dekoruma belum tentu bisa kamu temui secara cepat. 

Sebab, Dekoruma menawarkan berbagai pilihan rumah impian dengan budget yang bisa disesuaikan denganmu. Untuk bisa mendapatkan rumah yang kamu inginkan, kamu cukup gunakan smartphone atau laptop untuk mengaksesnya. Yuk, cari properti di Dekoruma Properti sekarang juga!