Langkah bersihkan rumah dengan cepat dan hemat waktu merupakan hal yang dibutuhkan bagi kamu yang memiliki waktu terbatas, karena berbagai aktivitas yang cukup memakan waktu Langkah-langkah cepat bebersih menjadi jawaban untuk kamu yang masih ingin membersihkan rumah sendiri, namun memaksimalkan waktu yang kamu punya secara maksimal. 

Merencanakan aktivitas membersihkan rumah dengan strategi pembersihan yang efisien akan membantu kamu tetap bisa menghadirkan rumah yang bersih dan nyaman di tengah padanta aktivitas. Yuk, cari tahu informasi seputar langkah-langkah membersihkan rumah dengan cepat agar hemat waktu, beserta beberapa tips lainnya dibawah ini!

Langkah Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Hemat Waktu

Seperti dijelaskan sebelumnya, strategi pembersihan rumah yang tepat dan efisien akan memudahkan penyelesaian masalah kamu mengenai rumah yang kotor. Berikut beberapa tips langkah bersihkan rumah dengan cepat dan hemat waktu, yang diharapkan bisa memberikan solusi untuk masalah kamu:

1. Siapkan Alat Kebersihan dan Produk Pembersih di Satu Tempat yang Sama

Housedigest.com

Menyiapkan semua alat dan produk pembersih ke dalam satu tempat dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pembersihan kamu, lho! Hal ini akan membantu kamu dalam efisiensi gerak, karena kamu tidak perlu repot bolak balik untuk mencari peralatan yang diperlukan saat dibutuhkan. 

Alat-alat seperti lap, sikat, cairan pembersih, dan peralatan lainnya dapat disimpan dalam satu wadah yang sama. Sehingga, saat kamu harus berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain, semua peralatan tersebut bisa kamu bawa secara bersamaan. Dengan begitu, kamu dapat menghemat waktu dan terhindar dari kesulitan, jika peralatan atau produk pembersihnya lupa kamu taruh di sebelah mana. 

2. Bersihkan Barang-Barang yang Berserakan dan Berantakan Terlebih Dahulu

Tootsweet4two.com

Sebelum memulai proses membersihkan rumah, disarankan kamu merapikan terlebih dahulu barang-barang yang berserakan dan berantakan terlebih dahulu pada setiap ruangan. 

Coba kamu perhatikan ruangan di sekitarmu, tanpa sadar, ada banyak sekali barang yang tercecer tidak sesuai tempatnya. Misalkan buku catatan ada dibawah kasur, product skincare yang berantakan diatas meja atau sepatu yang kamu letakkan di rak. Oleh karena itu,  kembalikan barang-barang ini ke tempat seharusnya.

3. Mulai Membersihkan dari Bagian Atas Baru ke Bawah

Bissel.com

Tips yang satu ini penting untuk kamu cermati, karena memulai proses bebersih dari bagian atas lalu ke bawah dapat menghindarkan kamu dari resiko pembersihan ulang. 

Kamu bisa memulai proses ini dari langit-langit rumah, bagian atas lemari hingga rak. Selanjutnya kamu bisa bergeser ke barang yang yang lebih rendah lanjut hingga sampai dekat lantai. Sehingga debu-debu yang berasal dari atas akan mengumpul di bagian bawah lantai.

Bersihkan debu pada furnitur, alat rumah tangga, hingga dekorasi simple yang ada di rumahmu. Kamu bisa menggunakan kemoceng, sapu, vacuum cleaner untuk membersihkannya. Bersihkan debu-debu ini sampai area yang tersembunyi,  baik di sudut ruang hingga kolong furniture juga.

4. Mengelap, Nenyemprotkan Disinfektan Jika Memang Dibutuhkan

Gov.sg

Langkah selanjutnya yang bisa kamu kerjakan yaitu kamu bisa mengelap semua permukaan perabotan dengan kain yang lembab. Setelah selesai, kamu ulangi mengelapnya dengan kain kering, agar tidak ada noda air yang membercak di perabotan. 

Kamu bisa menyesuaikan produk pembersih yang digunakan dengan jenis perabotan rumah tanggamu. Saat ini lagi banyaknya virus dan bakteri baru, kamu bisa semprotkan disinfektan jika untuk membuatnya lebih higienis. Cairan ini bisa membunuh bakteri hingga kuman yang menempel.

5. Sapu dan Pel

Lifehacker.com

Langkah yang terakhir yaitu membersihkan bagian bawah atau lantai. Sapu lantai dengan cermat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di lantai. Kemudian, pel lantai rumah kamu agar menjadi bersih dan mengkilap. Mulailah proses ini dari sudut terjauh ruangan dan lanjutkan ke arah pintu. Jika ada kotoran yang membandel dan sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan sikat sebagai bantuan tambahan.

Jadikan aktivitas membersihkan rumah jadi kegiatan yang rutin dilakukan. Pasalnya, semakin lama kotoran menumpuk maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Jadi, jika kamu bisa untuk menjadwalkan aktivitas ini secara rutin, maka akan memudahkan kamu untuk membersihkannya. Selain itu, jika memang memungkinkan kamu bisa mengajak anggota keluarga yang tinggal di rumahmu untuk membantu membersihkan rumah secara bersama-sama. Melakukan aktivitas seperti ini bersama-sama akan lebih menyenangkan dan tentunya bisa menghemat waktu.

Menerapkan langkah-langkah yang tepat dapat membantu kamu menyelesaikan masalahmu secara cepat dan tepat untuk mencapai rumah yang bersih. Selain secara visual yang terlihat bersih, rumah yang sering dibersihkan juga memiliki beragam manfaat yang perlu kamu ketahui lho! Penjelasanya ada di bawah ini ya!

Manfaat Membersihkan Rumah Secara Rutin

Eatthis.com

Manfaat membersihkan rumah secara rutin memang akan menghadirkan suasana yang nyaman dan juga enak untuk dipandang, namun selain itu ada beragam manfaat yang bisa kamu betikut ini:

Tubuh Jadi Lebih Sehat. Membersihkan rumah membuat kamu lebih aktif bergerak, yang membuat tubuh mu makin sehat. Kegiatan bebersih bisa menggantikan aktivitas olahraga yang mungkin tidak sempat kamu lakukan karena terbatasnya waktu. Terlebih, bersih-bersih rumah bisa membantu kamu membakar hingga  200 kalori di dalam tubuh dengan waktu bebersih selama 30 menit.

  • Melancarkan aktivitas di dalam rumah. Mengatur letak barang dan peralatan rumah dengan benar dan sesuai tempatnya dapat membantu kamu menemukan barang yang kamu butuhkan secara cepat.
  • Mengurangi stress dan depresi. Rumah yang sudah bersih membuat mood dan juga pikiranmu tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak. 
  • Membuat udara lebih segar. Membersihkan debu jelas membuat pernafasan jadi lebih baik, Sementara itu, harumnya pengharum ruangan memberikan nuansa rumah jadi menyenangkan.
  • Meningkatkan Produktivitas. Rumah yang bersih memberikan lingkungan yang terorganisir dengan baik dan menenangkan. Sehingga, kamu akan lebih produktif dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Setelah mengetahui manfaat membersihkan rumah secara rutin, membuat kamu merasa bersalah karena tidak ada waktu membersihkan atau sempat ada rasa malas jika harus melakukan aktivitas ini?  Yuk simak pembahasan dibawah ini agar lebih rajin membersihkan rumah!

Tips Agar Rajin Membersihkan Rumah

Thecleanheaven.com

Agar rajin membersihkan rumah, penting untuk memiliki strategi dan disiplin yang tepat. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu agar rajin membersihkan rumahmu:

  • Buat jadwal rutin. Jadwal yang kamu buat secara tetap membuat kamu lebih terbiasa dan terorganisir dalam menjalankan rutinitas ini. 
  • Bagi tugas bersama keluarga. Agar makin seru dan cepat, melibatkan anggota keluarga dalam proses pembersihan bisa jadi solusi terbaik lho!  Bagilah tugas-tugas tertentu sesuai dengan kemampuan dan preferensi masing-masing anggota keluarga. 
  • Singkirkan barang yang tidak diperlukan. Kurangi jumlah barang yang sudah tidak terpakai di rumah kamu agar lebih mudah dalam membersihkan dan merawat rumah. Kamu bisa mulai menyortir barang yang layak pakai dan barang yang sudah seharusnya dibuang.
  • Manfaatkan alat bantu. Manfaatkan teknologi dan alat bantu modern untuk mempermudah proses pembersihan. vacuum cleaner atau robot vacuum, contohnya. Alat ini dapat membantu kamu bekerja secara efisien dapat menghemat waktu dan tenaga.

Demikian, pembahasan mengenai langkah bersihkan rumah dengan cepat dan hemat waktu dengan tambahan tips dan juga manfaat lainnya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan juga bisa meningkatkan produktivitas kamu dalam melakukan proses bersih-bersih.

Untuk kamu yang sedang mencari rumah dan bingung cari website terpercaya, kamu bisa mencarinya di Dekoruma Properti. Pasalnya, mencari properti seperti rumah jaman sekarang banyak namun yang cocok dan cantik seperti yang ditawarkan Dekoruma belum tentu bisa kamu temui secara cepat. Yuk, cari properti di Dekoruma Properti sekarang juga!