Illustration by forbes

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah baru atau melakukan dekorasi rumah ulang maka pilihan warna menjadi hal yang penting. Lalu pilihan warna apa yang tengah jadi tren di tahun 2017?

Berdasarkan Pantone, sebuah perusahaan yang memiliki otoritas warna, penyedia sistem warna serta teknologi terkemuka untuk komunikasi yang akurat dari warna, warna yang tepat menjadi trend di tahun 2017 ini adalah warna greenery, nuansa hijau kekuningan yang alami, segar, penuh semangat dalam menyambut hari pertama di musim semi. Warna greenery seolah menjadi simbol untuk awal yang baru.

Warna ini juga mampu memuaskan keinginan tinggi kamu dalam melakukan pemulihan dan revitalisasi. Warna greenery juga melambangkan keinginan kamu untuk bisa bersatu dengan alam.

Sebenarnya, warna hijau sendiri telah banyak diminati untuk digunakan dalam berbagai macam hal salah satunya koleksi desainer di runway Spring 2017, seperti Balenciaga dan Sies Marjan.

Ini menjadi pertanda di awal tahun bahwa warna ini akan diaplikasikan dalam hal kecantikan serta desain interior. Perlu diakui, keberadaan warna hijau bisa membuat mata menjadi lebih sejuk serta segar seolah melepaskan segala penat pikiran yang ada.

Salah satu bagian ruangan yang penting adalah dekorasi kamar tidur. Jangan asal-asalan ketika mendekorasi kamar tidur, diperlukan ketelitian dalam menyusunnya. Hal utama dalam dekorasi kamar tidur adalah menciptakan kesan minimalis.

Bagi kamu yang suka dekorasi kamar tidur berbau minimalis, hal ini bisa dipadukan dengan warna greenery yang lagi tren pada tahun ini. Jika kamu ingin melakukan dekorasi kamar tidur sesuai Pantone 2017, maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil dekor yang mampu memuaskan hati.

Warna Dinding

Illustration by homeklondike

Hal pertama yang harus dilalukan untuk dekorasi kamar tidur adalah warna cat yang diterapkan pada tembok kamar. Caranya dengan memberikaan sentuhan warna greenery berdasarkan Pantone 2017. Kamu dapat memilih cat atau wallpaper dinding light green atau hijau muda zaitun yang memberikan kesan yang segar dan modern.

Warna hijau muda pada dinding juga membuat kesan ruangan tampak luas sehingga tidak membatasi kamu dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Berikan Nuansa Tropical

Ingin memiliki kamar tidur yang berasa tidur di alam bebas seperti pantai? Kamu bisa memberikan nuansa alam yang dapat dihadirkan dalam dekorasi greenery. Tidak perlu menyiapkan peralatan pantai yang aneh-aneh, cukup menghadirkan motif pohon kelapa disertai bantal sofa atau karya seni berbau pantai yang mampu menghidupkan kamar tidurmu.

Kamu juga dapat menghias meja rias atau meja yang di kamar tidur dengan daun segar dalam vas bunga yang tidak kalah menariknya.

Pemilihan Lantai

Jika kamu menginginkan dekorasi kamar tidur yang minimalis, maka pemilihan lantai sangatlah penting. Kamu dapat memilih warna dan motif lantai dengan menggunakan warna monokrom atau warna-warna muda yang nyaman ditangkap oleh mata. Sesuaikan pula dengan warna dinding serta furnitur yang ada di kamar tidurmu.

Perabotan Greenery

Warna hijau tidak harus diaplikasikan pada dinding saja, kamu dapat memanfaatkan perabotan-perabotan unik yang dapat menghidupkan kesan greenery di kamar tidurmu.

Kamu bisa memilih ranjang atau sofa berwarna hijau. Warna greenery memberikan unsur tenang yang termasuk dalam bagian alam.

Hiasan Tanaman

Illustration by media-cache

Hadirnya tanaman sangat mendukung dalam dekorasi kamar tidur yang greenery. Tapi jangan juga terlalu banyak yaa menaruh tanaman di dalam kamar tidur. Hal ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat tanpa harus tiap hari untuk menyiramnya seperti kaktus.

Kamu dapat meletakkan tanaman ini pada vas atau sebuah aquarium mini. Kamu juga dapat memberikan tanaman gantung pada kamar tidur yang memiliki balkon.

Tidak perlu tanaman asli, tanaman palsu pun bisa dipakai. Hal ini tentu menciptakan suasana segar setiap bangun tidur. Sebagai tambahan untuk memberikan kekuatan unsur alam kamu juga dapat menggunakan batu atau warna alami lainnya.

Atur Tata Letak Yang Sesuai

Jika kamu ingin membuat dekorasi kamar tidur yang cenderung sempit, kamu harus bisa menata kamar tidur sebisa mungkin sehingga terkesan luas dan mampu memberikan suasana yang nyaman untuk tidur serta beristirahat. Perhatikan benar-benar mengenai tata letak dari lemari, meja rias serta tempat tidur itu sendiri. Jika dirasakan belum cukup, amu dapat mengaturnya lagi sesuai desain yang kamu inginkan serta ukuran kamar tidur yang dimiliki. Untuk memberikan kesan greenery pada kamar tidur, kamu dapat menambahkan beberapa furniture seperti hiasan dinding, rak buku, atau tanaman hias.

Perpaduan Warna Lain

Kamu tidak harus mendesain kamar tidur dengan nuansa warna hijau seluruhnya. Jangan sampai warna ini terlalu mendominasi kuat dalam kamar tidurmu. Cobalah untuk memadukan dengan warna-warna lain yang sepadan dengan warna hijau. Beberapa warna yang bisa kamu gunakan seperti warna putih, cream, biru, atau orange yang dapat mengimbangi suasana kamar tidurmu. Warna hijau biasanya akan terlihat sangat menyatu dengan warna-warna netral yang akan melahirkan hasil yang luar biasa. Warna-warna yang tercipta akan terlihat begitu segar dan fresh.

Berikan Konsep Alam

Illustration by cdn.decoist

Warna greenery tidak juh dari konsep alam. Jika kamu ingin kamar tidur yang memiliki suasana alam yang alami, maka secara visual ruangan tersebut harus memiliki view luar alam yang bagus. Namun, bila pemandangan disekitar tidak terlalu bagus, maka dapat digunakan penataan lansekap buatan untuk dimasukkan dalam desain kamar tidur anda.

Contohnya, jika letak rumahmu dekat dengan pantai, kebun teh, lembah, danau, atau hutan alami lainnya, maka lansekap alami atau bentang alam ini bisa dimasukkan ke dalam desain dekorasi kamar tidur. Kamu dapat menempatkan jendela atau balkon untuk menikmati pemandangan ini. Hal ini dapat membuat kamu bisa menyatu dengan alam setiap harinya.

Simpel dan mudah kan? Jangan pernah takut untuk memberikan perubahan pada kamar tidurmu.  Yuk segera dekorasi kamar tidurmu. Temukan furnitur yang sesuai untuk rumahmu di Dekoruma hari ini.