Kalau mendengar kamar tidur mewah, kamar tidur seperti apa sih yang ada dalam bayangan kamu? Dalam benak kebanyakan orang, kamar tidur yang mewah adalah kamar tidur dengan ruangan yang besar.

Beruntung kalau kamu dapat tinggal di rumah yang besar dan memiliki kamar tidur yang luas. Kamu akan memiliki semua kebebasan untuk menata kamarmu menjadi sebuah kamar tidur mewah dan tidak akan merasakan sesaknya kamar yang terlalu banyak perabotan.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang memiliki ukuran kamar tidur yang terbatas? Apa tidak bisa mereka juga merasakan kamar yang mewah dan nyaman dengan kamar mereka?

Tentu saja bisa!

Kamar yang nyaman tidak selalu harus memiliki ruang yang besar. Kamar yang luas memang dapat memudahkan kamu dalam masalah peletakkan barang-barang tanpa perlu repot, atau kebingungan. Tapi bukan berarti kamar dengan ukuran yang terbatas tidak bisa menjadi mewah dan nyaman.


Foto dari Rumah Minimalis

Kamar hotel memang boleh dibilang sebagai wujud nyata dari sebuah desain ruangan kecil yang konsisten dalam mengedepankan efisiensi serta kenyamanan bagi penggunanya. Bukan hanya mampu memanfaatkan ruangan yang kecil secara efisien dengan mempertimbangkan kenyamanan semata, tapi pihak hotel juga mampu membuat dekorasi ruangannya jadi begitu indah dan terlihat mewah.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Ada di Kamar Tidur

Memang dengan kamar tidur berukuran terbatas kamu perlu berpikir lebih keras untuk menciptakan kamar tidur mewah dan nyaman sebagai tempat beristirahat. Namun, kamar hotel telah membuktikan bahwa kamar tidur dengan ruang yang minim sekalipun dapat menjadi mewah dan nyaman kan. Yuk simak beberapa triknya!

1. Pemilihan perabotan

Kamar tidur dengan luas yang minim tentunya tidak akan mencukupi bila diisi dengan perabotan yang banyak. Tapi tentu saja kamu bisa mengakalinya dengan memilih furnitur multifungsi, yang memiliki fungsi lebih dari satu.


Foto dari Mari Dekor

Misalnya seperti tempat tidur yang memiliki laci di bagian bawahnya. Laci-laci yang ada bisa kamu fungsikan sebagai tempat untuk meletakkan perlengkapan tidurmu, seperti sprei, sarung bantal, dan selimut. Juga bisa untuk meletakkan pakaian kamu, atau sebagai tempat penyimpanan koleksi buku, majalah dan pernak-pernik kamu. Dengan demikian, kami jadi tidak lagi membutuhkan lemari maupun rak dinding berukuran besar.

Dalam pemilihan lemari pakaian pun, kamu bisa memilih lemari dengan pintu sliding atau pintu geser. Selain lebih ringkas, kamu juga jadi tidak perlu menyediakan ruang untuk membuka pintu lemari pakaian.

2. Penataan


Foto dari Google

Selain meletakkan barang-barangmu di lantai, kamu juga bisa memanfaatkan ruang di dinding dengan menatanya secara vertikal. Menata perabotan secara vertikal dapat membantu dalam menghemat ruang sekaligus memberikan kesan ruangan yang lebih lega.


Foto dari Dekoruma

3. Pemilihan warna


Foto dari Rumah

Warna yang kamu pilih untuk kamar tidurmu juga memegang peranan penting dalam membangun suasana kamar tidurmu. Seperti penggunaan warna putih, selain menciptakan kesan yang bersih dan terang, juga dapat menciptakan efek lebih luas untuk kamar tidur. Penggunaan warna-warna gelap juga dapat membantu menciptakan suasana lebih dramatis untuk kamar tidur kamu. Bahkan, bisa membuat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Pencahayaan


Foto dari Rumah

Terlalu banyak cahaya di kamar tidurmu bisa mengganggu kenyamanan tidur. Tapi, tentunya ada banyak aktivitas lainnya yang dilakukan di kamar tidur selain beristirahat. Salah satunya adalah membaca buku. Nah, kekurangan cahaya pun dapat membuat kegiatan kamu yang lainnya jadi terganggu.

Untuk ruang tidur dengan ukuran terbatas, kamu bisa menggunakan lampu kamar tidur dengan tipe lampu plafon atau lampu gantung. Selain karena penggunaan lampu yang terpasang pada plafon ini tidak membuat ruangan menjadi terlalu sesak, sistem pencahayaannya merata ke seluruh penjuru ruangan. Tentunya kamu bisa memilih jenis yang dapat menampilkan kemewahan kamar tidur kamu.

5. Efek visual


Foto dari Google

Kamu juga bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar pada kamar yang sempit. Seperti penggunaan tirai yang dipasang lebih tinggi dari bingkai jendela, serta pemasangan wallpaper dinding dengan motif garis-garis tipis yang memiliki jarak yang lebar. Kedua cara tersebut dapat membantu memberikan efek ruangan lebih tinggi di kamar tidur.

Penggunaan motif geometris juga dapat memberikan efek visual yang menarik dalam ruangan yang kecil. Pilihan kombinasi warna hitam dan putih dapat menciptakan kesan modern serta dramatis.

Baca juga: Kamar Tidur Indah Bisa Dimulai dengan 50 ribu saja!

Itu dia beberapa trik sederhana yang dapat membantu dalam menciptakan kamar tidur mewah untuk tempat beristirahatmu. Sudah siap menyulap kamar tidurmu menjadi semewah kamar tidur di hotel-hotel? Hihihi.

Jangan khawatir dengan biaya yang terlalu besar. Berapa pun budget yang kamu miliki, di Dekoruma kamu bisa mendapatkan kebutuhan perabotan rumah dengan harga terbaik! Dekoruma jual lampu hias, armchair, tirai, kursi, dan side table.

Dekoruma juga jual kasur Serta, King Koil, dan Florence untuk kamarmu. Merek-merek kasur tersebut sudah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai alas tidur berkualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin Dekoruma sekarang juga!