Nyaman tidaknya sebuah rumah tergantung dari sudut pandang penghuninya. Namun, hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah yaitu dekorasinya. Dengan dekorasi, suasana rumah tidak hanya nyaman tapi juga indah di mata.

Dalam hal dekorasi rumah, luas sebuah rumah akan sangat menentukan kemudahan dalam dekorasi. Untuk rumah yang berdiri di lahan yang luas tentu tidak mengalami kendala, segala perabot dapat ditempatkan sesuka hati karena area yang luas.

pinterest.com

Berbeda dengan rumah sederhana yang berdiri di lahan yang sempit, penggunaan perabot harus lebih dipertimbangkan agar ruangan tidak semakin sempit. Meski begitu, bukan tidak mungkin rumah minimalis sederhana mampu tampil manis. Dengan beberapa sentuhan yang baik dan benar, kamu juga bisa mendapatkan desain yang manis untuk rumah minimalis kamu.

Dekorasi rumah tidak harus dipaksakan tampil mewah. Dekorasi yang mewah justru membutuhkan budget yang besar pula. Untuk kamu dengan budget kecil tampil sederhana bukanlah sebuah ide yang buruk, rumah minimalis kamu tetap bisa tampil  indah dan nyaman meski dengan dekorasi yang sederhana.

insurhouse.com

Keterbatasan ruang untuk rumah minimalis membuat kamu harus lebih memperhatikan dekorasi rumahmu, tidak semua jenis perabot bisa kamu masukkan ke dalam rumah. Penggunaan barang secara berlebihan akan membuat tampilan rumah terasa sempit, dan ini tentu tidak sedap dipandang mata.

Selain perabot, terdapat juga hal lain yang harus kamu perhatikan dalam dekorasi rumah minimalis sederhana. Apa saja?

Perhatikan Penggunaan Perabot Rumah

behance.net

Gaya rumah minimalis sederhana tentu membuat kamu sedikit berpikir saat akan membeli perabotan. Hal ini karena keterbatasan ruangan menjadi salah satu faktornya.

Jangan lupa perhatikan penggunaan perabot rumah. Gunakan perabot seperlunya saja agar sesuai dengan luas ruangan. Ada hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian kamu dalam memilih perabot:

  • Desain perabot – desain dari perabot harusnya mengikuti ukuran ruangan, jika memungkinkan kamu bisa memesan perabot khusus untuk rumahmu agar sesuai dengan kondisi ruang.
  • Warna – warna yang dipilih sebaiknya serasi dengan warna dinding. Untuk tampak lebh indah kamu bisa menentukan tema untuk dekorasi rumah minimalis sederhana. Misalnya dengan mengadopsi gaya Scandinavia yang kebanyakan menggunakan warna putih.
  • Ukuran – ukuran juga penting untuk diperhatikan, jangan membawa pulang perabot atau item lain dengan ukuran yang besar. Untuk kesan rumah minimalis sederhana, gunakan perabotan atau item yang berukuran mungil sehingga tidak membuat ruang sempit. Hal ini bagus untuk mendekorasi rumah minimalis.

Pilihan Warna

decor.iyashinohitoduma.com

Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera kamu, sebaiknya gunakan warna yang senada yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna kalem seperti abu-abu atau putih lebih membuat tampilan sebuah rumah terkesan sederhana namun juga terlihat elegan.

Nah, agar tidak bosan, kamu bisa memadupadankan satu hingga dua warna, misalnya untuk dinding menggunakan warna cat rumah minimalis putih sedangkan atap memakai warna abu-abu. Untuk keserasian, kamu bisa memilih warna yang serasi dengan warna perabot rumah minimalis sederhana.

Wallpaper

acnnhome.com

Penggunaan wallpaper dinding dapat membuat tampilan rumahmu lebih indah. Untuk tampilan yang sederhana, wallpaper yang dipilih sebaiknya tidak bermotif terlalu ramai.

Ingat juga untuk menggunakan wallpaper untuk sebagian sudut ruangan saja, jangan memenuhi seluruh ruangan, karena penggunaan wallpaper yang penuh seluruh ruangan justru membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit. Kamu tentu ingin tampilan rumah minimalis sederhana kamu terlihat lebih luas dan lega.

Refleksi

pinterest.com

Cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan membuat pantulan yang membuat ruang tersebut terkesan lebih luas. Kamu bisa menggunakan cermin dengan ukuran sedang dilengkapi bingkai kecil di pinggirnya.

Pengaturan Cahaya

huffpost.com

Pengaturan cahaya akan mampu membuat tampilan rumah kamu berbeda, sehingga pengaturan cahaya sangat penting untuk rumah minimalis sederhana. Dengan pengaturan cahaya yang benar, kamu bisa mendapatkan suasana yang membuat ruangan terlihat lebih luas.

Manfaatkan Sudut Ruangan dengan Baik

pinterest.com

Keterbatasan ruang gerak ini harus dapat kamu siasati dengan sebaik mungkin, setiap sudut ruangan harus memiliki fungsi yang jelas. Setiap sudut ruangan harus digunakan sebaik mungkin berhubung area rumah minimalis sederhana tidak luas.

Contohnya seperti penataan dapur, dengan ukuran rumah yang sempit sebaiknya kamu menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam satu ruangan yang sama. Gunakan meja makan mungil agar tidak menganggu gerak kamu selama di dapur.

Ruang Penyimpanan Sederhana

dekoruma.com

Tentu kamu mempunyai barang-barang yang tidak bisa diletakkan sembarang tempat sehingga membutuhkan ruang penyimpanan khusus, bukan?

Adanya ruang penyimpanan akan membuat tampilan rumah kamu semakin tertata rapi dan bersih. Agar tidak semakin sempit, kamu bisa memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci. Dengan begitu kamu tidak membutuhkan perabot tambahan yang membuat ruangan semakin sempit.

Gunakan Jendela dengan Ukuran Besar

dekoruma.com

Jendela sangat penting untuk sirkulasi udara dan juga sebagai celah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Tambahkan sebuah jendela dengan ukuran yang besar, agar jumlah cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan pada siang hari.

Tambahkan Aksesoris

pinterest.com

Penggunaan aksesoris juga dapat membuat rumah dapat tampil manis dan indah. Tapi jumlah aksesoris yang kamu gunakan sebaiknya tidak terlalu banyak,agar tidak terlalu ramai. Penempatan aksesoris juga sebaiknya ditempatkan pada tempat khusus yang tidak menghalangi pandangan. Di Dekoruma kamu bisa menemukan aksesori unik dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga : 6 Tips Kreatif Dekorasi Kamar Ukuran Kecil

Rumah minimalis sederhana juga dapat terlihat indah dan nyaman tanpa biaya yang mahal. Gunakan perabotan seperlunya saja, menambahkan wallpaper pada sudut ruangan  tertentu juga dapat membantu mempercantik ruangan rumahmu.

Kalau kamu sedang mencari furnitur dan dekorasi, kamu bisa temukan di Dekoruma, lho. Dekoruma jual tempat tidur, sofa, dan meja TV dengan ukuran serta model yang bervariasi. Harganya pun bersahabat.

Selain itu, ada juga aneka peralatan rumah tangga untuk menunjang semua kebutuhanmu sehari-hari. Dekoruma jual alat kebersihan, perlengkapan laundry, hingga peralatan masak pun ada. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!