Mendesain kamar tidur anak perempuan bisa jadi kegiatan yang sangat mengasyikkan buat kedua orang tua dan si putri kecil. Terlepas dari cara membesarkan anak, umumnya seorang anak perempuan sudah bisa menempati kamar tidur pribadi saat menginjak usia SD atau sekitar usia tujuh tahun ke atas.  Di beberapa keluarga pun, ada anak yang sudah terbiasa tidur sendirian sejak usia sangat dini.

Di artikel kali ini, Kania akan berfokus pada desain kamar tidur anak perempuan khusus untuk yang usia sekolah hingga remaja. Jika orang tua sudah siap untuk mendesain kamar tidur anak perempuan, jangan sampai melewatkan tujuh tips wajib ini. Yuk, desain kamar tidur anak perempuan untuk usia kecil, remaja, hingga menjelang dewasa bersama Kania!

Tips Menciptakan Kamar Tidur Anak Perempuan yang Atraktif

Sebelum langsung melihat inspirasinya, ada baiknya kamu ikuti dulu tujuh cara mendesain kamar tidur anak perempuan agar jadi lebih menawan dan atraktif. Berikut tipsnya untukmu!

1. Simpel dan Tak Lekang oleh Waktu

pinterest.com

Penting untuk diingat dalam mendesain kamar anak tidur perempuan adalah dekorasi ruangan yang bisa tahan lama dan ikut tumbuh bersama seiring perkembangannya. Prioritaskan desain yang simpel dengan nuansa yang tidak mudah lekang oleh waktu, misalnya dinding yang dicat dan bukan wallpaper dinding berbentuk karakter tertentu, pemilihan furnitur yang berwarna putih atau terang dan backdrop kamar yang netral.

Dengan menciptakan “kanvas netral”, kamar tidur anak perempuan akan mudah disesuaikan dengan tema-tema sesuai zaman dan seleranya tanpa harus banyak bongkar ulang. Selain itu, kamar yang bernuansa netral juga pasti terlihat lebih lenggang dan sejuk.

2. Corak-Corak Cantik

google.com

Walaupun simpel dan netral, bukan berarti orang tua tidak boleh bereksperimen dengan dekorasi yang berwarna-warni atau motif-motif yang cerah ceria. Pada furnitur yang mudah diganti seperti jok sofa, headboard tempat tidur yang bisa dilapis ulang, hingga bantal-bantal kecil yang juga mudah dibongkar pasang setiap saat. Karena mudah diganti, kamu juga bisa menyediakan motif kain sprei dan hiasan lain yang bisa membuat kamar tidur anak perempuan kamu terlihat playful.

3. Pertimbangkan Selera & Karakter Anak

pinterest.com

Orang tua juga harus mempertimbangkan selera dan karakter anak saat mendesain kamar tidur anak perempuan. Untuk anak perempuan yang memang girly, utamakan tema yang soft dan feminin. Berikan nuansa kamar anak perempuan yang warna-warni untuk si kecil yang enerjik. Desain ruangan yang seperti ini mencerminkan sifatnya yang ekspresif dan ceria.

Tambahkan juga aneka perabotan yang sesuai dengan hobi atau selera anakmu, misalnya saja anakmu suka berdandan, maka kamu bisa meletakkan meja rias untuk mendukung perkembangannya. Begitu juga dengan anakmu yang hobi kesenian, buatlah satu area khusus agar ia bisa mengembangkan bakatnya.

4. Tempat Penyimpan yang Cukup

pinterest.com

Kamar tidur anak perempuan yang baik juga harus memiliki ruang penyimpanan atau laci anak yang cukup. Seiring dirinya tumbuh dewasa, anak perempuan akan memiliki banyak sekali benda-benda yang akan disimpan untuk kebutuhannya, baik sekedar aksesoris biasa hingga buku pelajaran sekolahnya. Cari ruang penyimpanan yang mudah diraih oleh tangan si kecil, tetapi tetap aman dan mencukupi dari segi bentuk dan kapasitas.

5. Ruang Multifungsi

google.com

Kamar tidur anak perempuan juga adalah refleksi dan ruang aman bagi dirinya. Di kamar tidur ini, si anak akan belajar, beraktivitas, dan melakukan eksplorasi kreatif lainnya sepanjang waktu. Oleh karena itu, pastikan kamar tidur anak perempuan didesain dengan nyaman dan mendukung untuk segala kebutuhan dirinya. Sediakanlah lemari anak agar ia bisa belajar merapikan pakaian secara mandiri dan meja belajar atau pun ruang untuk meluangkan waktu bersama temannya.

6. Ruang Bersama

pinterest.com

Selain kamar sendiri, ada beberapa orang tua yang cenderung menyediakan satu kamar tidur untuk dua hingga tiga anak perempuan, baik kembar maupun kakak adik. Usahakan untuk memberikan ruang yang sama agar mereka bisa nyaman berbagi ruang bersama.

Orang tua juga lebih dianjurkan untuk meletakkan dua tempat tidur atau kasur terpisah dengan ukuran dewasa dibandingkan satu tempat tidur besar supaya baik si kakak maupun adik tetap punya ruang pribadi meskipun berada di satu kamar yang sama.

7. Televisi dan Alat Elektronik

google.com

Tergantung dari cara setiap orang tua membesarkan anak mereka, para ahli menganjurkan agar kamar tidur anak perempuan maupun anak laki-laki agar terbebas dari pemasangan televisi. Para ahli dekor juga menyarankan agar televisi diletakkan di ruang keluarga sebagai ajang hiburan yang bisa mendekatkan keluarga saat berkumpul. Selain itu, televisi juga diyakini bisa mengganggu kualitas tidur manusia dan menyebabkan distraksi sehingga si kecil tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak Perempuan yang Atraktif

Nah, setelah tips-tips umum untuk desain kamar tidur anak perempuan, saatnya untuk mengintip inspirasi desain kamar tidur anak perempuan yang sudah Kania kurasi. Siapa tahu lima inspirasi di bawah ini bisa kamu pilih salah satunya untuk merombak desain kamar tidur si kecil. Yuk, kita simak bersama!

1. Sprei Kombinasi Antara Feminim dan Tetap Unik

pinterest.com

Sprei tempat tidur bisa menjadi pusat perhatian sebuah kamar tidur anak perempuan. Selain itu, seprei yang cantik juga tentunya akan membuat nyaman penghuninya. Cari corak sprei yang tidak terlalu kekanak-kanakan dan tentunya berkualitas baik sehingga kualitas tidur terjaga serta bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Headboard Cantik untuk Mimpi Indah

pinterest.com

Daripada membeli tempat tidur berkali-kali, orang tua bisa memberikan sentuhan yang berbeda dan artistik di setiap kamar tidur anak perempuan. Headboard yang cantik dan berbentuk unik mampu memberikan kesan kamar tidur anak perempuan yang istimewa.

Tak hanya headboard dengan bentuk yang unik, kamu juga bisa menggunakan headboard polos. Supaya membuatnya terlihat atraktif, tambahkan hiasan dinding kamar, seperti gantungan beberapa kertas hias segitiga.

3. Sentuhan Seni yang Sederhana dan Artistik

pinterest.com

Tidak sulit menciptakan ruang pribadi dengan sentuhan yang artistik dan tetap trendi di kamar tidur anak perempuan. Pilih pernak- pernik yang memang identik dengan remaja seperti lampu tumblr yang dibentuk tulisan, lampu hias dinding bertema bunga, hingga lampu bentuk lingkaran lucu yang dijamin bakalan membuat suasana kamar tidur anak perempuan yang semakin gaya dan hidup.

4. Tempat Penyimpanan Bergaya Feminin dan Multifungsi

ikea.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anak perempuan pasti membutuhkan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan segala pernak-pernik dan kebutuhannya sehari-hari. Pilih koleksi tempat penyimpanan, seperti meja rias atau rak dinding yang cantik, feminin, dan multifungsi sesuai dengan selera anak perempuan masa kini.

5. Motivasi dan Pesan Cinta Buat Si Gadis Kecil

pinterest.com

Last but not least, pesan cinta buat si anak perempuan bisa menjadi motivasi dan inspirasi setiap hari yang bisa orang tua berikan di setiap kamar tidur anak perempuan. Pilih frame atau bingkai foto yang sudah disematkan dengan kata-kata mutiara atau quote buat dirinya. Meskipun terlihat kecil, elemen ini akan sangat bermakna bagi si kecil. Jangan lupa tambahkan juga dekorasi esensial lainnya, seperti cermin atau karpet!

Setelah menyimak tips dan inspirasi di atas, Kania yakin kamu pasti bisa mendekor kamar tidur anakmu sehingga terlihat lebih menyenangkan. Anakmu pun jadi berani tidur sendirian dan betah bermain di kamarnya. Ditambah, ia akan bangga karena kamar tidurnya jadi lebih indah dari yang semula.  Jangan lupa juga untuk mengingatkan dia untuk membersihkan kamarnya sendiri demi perkembangan kemandiriannya, ya!

Yuk, lengkapi kebutuhan kamar tidur si kecil bersama Dekoruma! Dekoruma jual meja belajar dan jual kursi anak dengan aneka model. Dengan demikian, si kecil akan lebih bersemangat untuk belajar.

Jika kamu sedang mencari kasur berkualitas untuk melengkapi kamar tidur si kecil, Dekoruma juga jual Guhdo, Airland, Comforta, King Koil, dan beragam merek kasur terkenal lainnya. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Dekoruma dan temukan furnitur yang kamu butuhkan!