Para desainer di seluruh dunia telah menemukan cara inovatif untuk memanfaatkan kualitas alami kayu jati untuk meningkatkan tampilan ruang tamu. Mereka menciptakan desain kursi tamu jati modern yang memiliki tampilan eksklusif.

Kursi tamu jati berasal dari material utama kayu jati yang tak ternilai harganya. Kayu jati bersifat sangat solid dan ini menjadikannya tahan cuaca. Selain sifatnya yang kokoh dan tahan banting, kursi tamu kayu jati juga memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangan.

pinterest.com

Pohon Jati yang disebut Tectona grandis, berasal dari daerah tropis. Sejak sekitar abad ke-7, telah digunakan untuk mempercantik dan menghiasi tempat tinggal orang kaya dan berkuasa. Melalui Belanda yang menjajah Indonesia, mereka menggunakan kayu jati untuk pembuatan kapal karena kemampuannya untuk menangkal pembusukan.

Pohon jati banyak ditemukan tumbuh di hutan hujan tropis India dan di negara-negara Asia Tenggara seperti di Thailand, Burma dan Malaysia. Sejak era pasca-kolonial, dimulai pada pertengahan abad ke-20, pemerintah Indonesia telah memiliki sebuah perusahaan untuk mengelola salah satu sumber daya alam yang paling berharga tersebut. PT Perhutani mengelola perkebunan jati secara resmi di pulau Jawa.

shutterstock.com

Karena kursi tamu jati yang berkualitas terbaik berasal dari pohon jati tua, dibutuhkan sekitar 80 tahun sebelum pohon jati dapat ditebang dan dimanfaatkan kayunya. Dan karena jati adalah jenis kayu yang sangat berkualitas, kayu jati tua sering kali diperbarui, misalnya dari bangunan tua yang dirobohkan dan didaur ulang menjadi berbagai bentuk furniture baru.

Nilai utama kursi tamu jati

shutterstock.com

Lalu, mengapa kursi tamu jati begitu berharga dan sangat bernilai dibanding kursi tamu jenis lainnya? Cukup jelas bahwa orang lebih menggandrungi kursi kayu jati melebihi kayu mahoni, kayu sonokeling, dan jenis kayu lainnya. Tetapi mengapa demikian? Jawabannya terletak pada minyak dan karet alami yang ditemukan pada kayu jati.

Semua kayu mengandung minyak yang melindungi pohon. Namun, kayu jati dapat mempertahankan minyak dan karet alaminya bahkan setelah ditebang dan diproses (dikeringkan).

pinterest.com

Lantas, apakah manfaat minyak dan karet alami pada kayu jati?

Karena kandungan minyak dan karet alami itulah maka jati memiliki sifat tahan cuaca alami yang lebih besar daripada jenis kayu lainnya. Minyak melindungi kayu dari pembusukan, yang merupakan masalah umum pada furnitur kayu yang lebih tua.

Selain itu, minyak juga melindungi kayu dari serangan jamur dan parasit yang bisa menghancurkan beberapa jenis kayu lainnya. Untuk melindungi furnitur kayu dari serangan tersebut biasanya memerlukan pengolesan minyak dan perawatan tahan cuaca, namun tidak demikian dengan kayu jati.

shutterstock.com

Karena memiliki kandungan minyak alami yang sangat tinggi, maka dapat mengurangi biaya dan kebutuhan untuk varnishing, finishing kayu dan sealing pada kursi tamu jati.

Jika kamu memutuskan untuk memilih kursi tamu jati dengan kadar air rendah dan tahan cuaca, mungkin kamu harus membayar harga tinggi, namun kamu akan puas dengan pembelian tersebut dalam jangka panjang.

Keistimewaan kursi tamu jati

pinterest.com

Jika kamu memilih kursi tamu jati, berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu tonjolkan.

1. Sangat kokoh

Ciri pertama dari kursi tamu jati adalah sangat kokoh! Kepadatan kayu jati membuat kursi tamu jati sangat kuat, sehingga tahan banting. Furnitur ini bahkan sangat tahan terhadap api.

2. Tahan terhadap serangga dan rayap

Kursi tamu jati memiliki urat kayu padat, keras dan resin alami antirayap yang dapat mengusir serangga dan noda jamur yang bisa menghancurkan kayu.

Sifat tahan rayap dan serangga ini pada akhirnya dapat meningkatkan umur kayu, dan merupakan alasan mengapa kursi tamu jati lebih unggul dibandingkan dengan kursi tamu dari jenis kayu lainnya.

shutterstock.com

3. Tahan cuaca

Kursi tamu jati tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas, sengatan matahari, dan hujan. Inilah alasan mengapa jenis kayu ini mudah dibentuk menjadi kursi tamu jati indoor maupun outdoor.

Meskipun kebanyakan orang tidak secara eksplisit memperhatikan sifat kayu ini, inilah salah satu alasan mengapa orang secara naluriah menyukai sentuhan dan nuansa kursi tamu jati alami dibandingkan dengan kursi plastik atau logam.

4. Awet

Dengan perawatan yang tepat, kursi tamu jati akan tetap tahan selama bertahun-lamanya (bahkan bisa lebih dari 100 tahun). Inilah alasan mengapa kita masih bisa menemukan kursi tamu jati antik. Jika kamu ingin membeli kursi tamu berkualitas terbaik untuk keluarga, maka pilihan terbaik adalah kursi tamu jati.

shutterstock.com

5. Tahan pembusukan

Kayu jati memiliki kerapatan yang sangat tinggi dan tahan air sehingga tidak mudah membusuk atau keropos. Inilah alasan mengapa kursi tamu jati bisa sangat tahan lama.

Kursi tamu jati juga memiliki daya tahan alami terhadap beberapa zat kimia yang bersifat basa dan asam. Itu sebabnya kayu jati tidak mudah rusak atau terkena noda.

6. Memiliki stabilitas tinggi

Keistimewaan lain dari kursi tamu jati adalah susunan utama kayu jati yang sangat awet karena mengandung silika, yang membantu menjaga kursi tamu jati tetap dalam bentuk aslinya, yang menyebabkan urat kayunya tidak mudah melengkung atau mengerut.

pinterest.com

7. Daya tarik estetis

Kursi tamu jati secara alami sangat cantik. Kayu jati memiliki urat nilai estetis yang sangat tinggi yang berasal dari pola urat kayu yang lurus dan rapat ditambah warna coklat keemasan dan beberapa corak alami yang menambahkan tekstur dan daya tarik pada kayu tersebut.

Kecantikan dan keunikan alami inilah yang bisa didapatkan pada tampilan kursi tamu jati yang tidak mudah didapatkan di jenis bahan kayu lainnya.

8. Bernilai tinggi

Jika kamu ingin menjual kursi tamu jati tua maka hasilnya bisa sangat menguntungkan. Jadi, meskipun kamu membeli kursi tamu jati hari ini dan menjualnya setelah 15 tahun, kamu tetap mendapatkan harga yang sangat tinggi selama kamu merawatnya dengan baik.

pinterest.com

9. Tahan kelembapan

Keistimewaan lain dari kursi tamu jati adalah ketahanan yang baik terhadap kelembapan dan air. Pengolahan kayu termasuk pengeringan kayu yang diperoleh dari pohon jati, sehingga dapat mengurangi kadar airnya.

Kayu yang dikeringkan tidak mudah terpengaruh oleh perubahan iklim. Selain keindahannya, inilah alasan mengapa kursi tamu jati banyak disukai.

10. Kemudahan proses pengerjaan

Meskipun keras dan kokoh, kayu jati justru mudah dipotong dan dikerjakan. Jika kamu menyukai kursi tamu jati ukir, kayu jati adalah bahan yang fantastis untuk digunakan, karena tidak seperti produk kayu lainnya, kayu jati dapat diukir dengan tangan yang makin meningkatkan nilai estetis dan harga jualnya.

Sebagian besar kursi tamu jati antik kerap memiliki pola atau bentuk desain menarik yang diukir pada permukaan kayunya. Kayu jati juga bisa dengan mudah digergaji dan dipotong  untuk membuat kursi tamu jati yang sesuai dengan keinginan.

pinterest.com

11. Paduan yang serasi dengan besi dan logam lainnya

Kursi tamu jati dapat dikombinasikan dengan besi atau logam lainnya. Fungsinya adalah mencegah logam agar tidak mudah berkorosi atau berkarat.

Kayu jati terus bereaksi terhadap perubahan lingkungan dan menyeimbangkan kadar air dengan kelembapan sekitarnya. Artinya, jika kayu jati bersentuhan dengan besi dan logam lainnya, tidak mudah menyebabkan korosi atau berkarat.

12. Berbobot berat

Kursi tamu berbahan kayu jati bersifat sangat padat dan memiliki rasio volume terhadap berat yang cukup tinggi.

Ini bisa dianggap sebagai sifat yang menguntungkan, karena peraturan yang sangat mendasar dalam pekerjaan kayu adalah apabila kayu lebih padat dan lebih berat, maka akan semakin kuat jadinya. Karena sifatnya yang berat, maka kursi tamu jati cukup sulit dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Kekurangan kursi tamu jati

pinterest.com

1. Sangat Mahal

Jika Anda mencari harga kursi tamu yang murah, maka kursi tamu jati tidak termasuk pilihan Anda karena kursi tamu jati jauh lebih mahal dibanding jenis kayu lainnya. Alasannya adalah menurunnya sumber daya kayu jati dari tahun ke tahun, sementara permintaan makin tinggi.

2. Sulit mencari kayu berkualitas tinggi

Kursi tamu jati berkualitas dan alami sehingga sulit dikenali oleh para pelanggan karena memerlukan banyak pengetahuan dan pengalaman tentang perkayuan. Solusi termudah untuk mengatasi masalah ini adalah mintalah saran dan bantuan dari sumber yang terpercaya dan dapat diandalkan.

pinterest.com

3. Perlu perawatan ekstra

Dibandingkan dengan laminasi dekoratif di atas kayu lapis, kursi tamu jati solid membutuhkan perawatan dan pemeliharaan ekstra. Meskipun pemeliharaan kursi tamu jati cukup rendah, namun masih perlu meminyaki (oiling) atau memoles (polishing) setiap tahun atau beberapa tahun sekali untuk menjaga keindahannya.

Lantas, apakah kamu tertarik menggunakan kursi tamu jati? Semoga informasi ini dapat membantu memilih kursi tamu jati yang kamu idamkan, ya.

Jika ingin mencari furnitur berkualitas untuk rumah idamanmu, Dekoruma menyediakan berbagai model kursi tamu yang kokoh dan menarik. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual meja rias, sofa, dan meja makan untuk hunianmu.

Nah, kalau kamu baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma jual tempat tidur bayi dan lemari anak untuk kebutuhannya. Yuk, isi rumahmu dengan furnitur terbaik dari Dekoruma!