Zaman sekarang ini kerja bisa di mana saja. Kamu tidak harus setiap hari berkutat dengan macetnya jalan untuk pergi ke kantor. Kamu pun tidak mesti setiap hari bangun pagi dan bersiap-siap dengan baju rapi untuk bekerja di ruang kerja di luar rumah. Dengan majunya teknologi khususnya jaringan internet, kamu sekarang bahkan bisa bekerja dari rumah.

Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah mungkin terkesan aneh. Bagaimana pun, masih banyak orang yang menganggap bahwa rumah hanya untuk beristirahat dan bersantai. Padahal kenyataannya, kamu juga bisa menjadi produktif di rumah! Tentunya untuk bisa bekerja dari rumah namun tetap nyaman, kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian.

naver.co.jp

Setidaknya, kamu mesti tetap memisahkan fungsi rumah sebagai tempat beristirahat dengan fungsi rumah sebagai workspace. Untuk itu, kamu perlu menyediakan ruangan atau sudut khusus yang diperuntukkan sebagai ruang kerjamu yang dilengkapi dengan meja komputer. Trennya saat ini, home office workspace tidak berada di ruang khusus, melainkan bergabung dengan ruang lainnya letaknya. Penggunaan furniture saja yang membedakan antara batas untuk beristirahat dengan area kerja.

Karena hal inilah, menjadi sangat penting memilih furniture yang cocok guna menciptakan home office workspace yang ideal. Salah pilih furniture bisa jadi area kerjamu menjadi terlalu nyaman sehingga malas untuk bekerja atau sebaliknya yakni membuatmu tidak nyaman sehingga kamu pun jauh dari kata produktif.

Baca Juga: Jangan Sampai Merugi Karena Salah Pilih Furniture!

Nah, buat kamu yang ingin mencari inspirasi untuk membuat home office workspace yang sesuai dengan impianmu, tidak perlu jauh-jauh mencari furniture. Di sini Kania bersedia kok memberikan beberapa inspirasi mengenai furniture apa saja yang pas untuk mendekorasi sudut kerjamu di dalam rumah. Dijamin dengan furniture yang sesuai, kamu akan lebih bersemangat kerja dari rumah hingga menjadi produktif dari hari ke hari.

 

Armchair untuk Kesan Serius tapi Santai

Membuat ruangan di rumah menjadi tempat bekerja tidak harus menjadikan area produktifmu sebagai tempat yang super serius. Namun, jangan sampai juga terlihat terlalu santai hingga membuatmu malas guna bekerja. Hal ini pun berlaku dalam pemilihan furniture yang kamu pilih sebagai tempatmu duduk selama bekerja.

pinterest.com

Tidak perlu harus membeli furnitur kursi kantor hanya untuk bisa bekerja dalam konsep home office workspace. Furniture yang bisa kamu pilih, salah satunya furniture model armchair. Apabila kamu memilih model

armchair 
sebagai tempat dudukmu selama bekerja, ini bisa menjadi variasi furniture lain dari yang lain. Model furniture kursi yang memiliki penumpu lengan di kedua sisinya ini bisa memberi kesan santai dalam pekerjaanmu. Di lain sisi, model kursi ini pun tampak lebih serius dibandingkan model furniture kursi santai lainnya.

Jika area kerjamu tidak terlalu besar, pililah armchair dengan struktur kaki piramida yang lebih menghemat tempat.

Meja Kayu untuk Kesan Hangat

Buatlah ruang kerja yang mampu menariknya untuk selalu kembali ke area tersebut tanpa rasa keterpaksaan. Salah satu caranya, berikan kesan hangat di workspace tersebut yang membuatmu merasa nyaman. Kesan hangat tersebut bisa kamu sisipkan pada meja utama yang dilengkapi dengan lampu meja pada ruang kerja di rumahmu.

pinterest.com

Kamu bisa mencari meja kerja atau meja kantor dengan warna kayu pinus. Warna cokelat muda kayu tersebut selalu memberi rasa hangat, juga mampu menyediakan area kerja yang terang. Dengan demikian, pikiranmu akan lebih kreatif selama bekerja. Meja kerja dengan material kayu pinus pun terkesan minimalis sehingga tidak menimbulkan rasa berat di area rumah. Warnanya yang netral  pun mampu menyatu dan menjadi harmonis dengan berbagai furniture lain di ruangan rumahmu. Saat membeli kursi dan meja, bahan yang sangat disarankan adalah bahan kayu jati.

Baca Juga: Ini 7 Jenis Kayu Paling Baik untuk Membuat Kursi

Ditambah lagi,  kamu bisa menjadikan meja makan dengan ukuran kecil sebagai meja kerjamu. Banyak kantor start-up yang mulai menggunakan furniture seperti meja makan besar sebagai area kerja bersama. Meja makan dipercaya mampu memberi kesan hangat yang mengakrabkan dirimu dengan pekerjaan dan juga orang-orang di sekelilingmu. Tidak percaya?

Kabinet Unik untuk Mencari Inspirasi

Meskipun berada di dalam rumah yang terkesan lebih santai dan hangat, kebuntuan saat bekerja tetap bisa mengintaimu kapan saja ketika berada di workspace. Salah satu cara untuk meminimalkan kebuntuan tersebut adalah menaruh barang-barang unik sehingga bisa memicu kreativitasmu. Namun baiknya, furniture yang unik tersebut tidak kamu berlakukan untuk meja maupun kursi yang menjadi pusat area kerjamu di rumah.

ethorses.com

Pilihan terbaik untuk menghadirkan kesan unik bisa kamu jatuhkan pada kabinet ataupun lemari. Kamu memerlukan kabinet di ruang kerjamu untuk menaruh beragam perlengkapan kerja hingga hasil produk yang telah kamu kerjakan. Untuk hal ini, jangan pilih model yang biasa-biasa saja!

Ada dua cara untuk mencari kabinet unik yang bisa menghadirkan inspirasi:

  • Pertama, carilah kabinet dengan bentuk yang unik, bisa yang menyerupai kotak telepon ataupun tumpukan koper lucu yang bisa membuatmu bersemangat kerja agar bisa segera menghabiskan waktu untuk liburan.
  • Kedua, cari bentuk kabinet yang biasa saja, namun memiliki motif yang unik. Contohnya seperti kabinet dengan motif abstrak warna-warni yang bisa mengasah otakmu untuk berpikir dan berkreasi.

Side Table untuk Camilan dan Barang di Luar Kebutuhan Kerja

Kalau kamu termasuk tipe pekerja yang senang menghabiskan waktu berlama-lama di depan meja kerjamu, berarti kamu juga harus mempersiapkan camilan ataupun barang-barang lainnya yang bisa membuatmu beristirahat tanpa harus meninggalkan area kerja. Side table dapat menjadi solusi untuk menaruh barang-barang di luar kebutuhan kerja tersebut di workspace yang menjadi tempat favoritmu.

Carilah side table berukuran kecil yang tidak memakan tempat. Ukuran yang tidak terlalu besar ini juga untuk mencegahmu menaruh terlalu banyak barang yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di workspace. Ukuran side table yang kecil pun mempermudah kamu menaruhnya dengan meja kerja utama tanpa memberikan kesan ruangan terlalu penuh.

pinterest.com

Kamu bebas memilih bentuk ataupun model side table yang hendak kamu taruh di area kerjamu. Mengenai warnanya sendiri, sesuaikan dengan furniture lainnya di workspace. Sebagai contoh, jika meja kerjamu beserta kursi sudah mengandung unsur warna alam yang kental.

Pilihan lainnya, kamu bisa mencari side table dengan warna netral, seperti putih ataupun abu-abu. Kalau kamu termasuk orang yang berani bereksperimen, tidak ada salahnya loh mencari side table dengan warna mencolok. Perbedaan warna yang tegas antara side table dengan furniture lainnya justru bisa menjadi pembatas yang jelas antara area untuk bekerja dengan area untuk beristirahat sejenak.

pinterest.com

Ingin mengganti furnitur di ruang lainnya dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual kasur, meja makan, rak tv, sofa, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂