Mengajarkan anak untuk tidur sendiri di kamarnya merupakan salah satu bentuk pengajaran yang dapat dilakukan orang tua untuk membangun kemandirian dalam diri si anak. Tapi, tidak semua anak langsung berani untuk tidur sendiri. Terkadang, jagoan cilik Anda masih gemar mengumpat di pelukan ibunya. Namun, menyiasati kamar anak laki-laki Anda bisa membuat mereka lebih betah dan familiar dengan kamar tersebut. Desain kamar anak memegang peranan penting dalam menentukan faktor kebetahan.

Hal-hal seperti itu bisa saja terjadi pada si kecil, baik anak laki-laki maupun perempuan. Salah satu alasannya bisa saja karena sebenarnya mereka merasa tidak nyaman dan asing di kamar tidur mereka, sehingga anak pun jadi tidak betah, apalagi untuk menghabiskan malamnya sendirian di sana.

Foto dari Sensational Kids

Daripada memaksa si kecil untuk tidur di tempat yang masih asing untuknya, kamu bisa mulai dengan menemani si kecil tidur di kamarnya. Sampai dia mulai sedikit lebih nyaman, kamu bisa mulai membiasakan mereka untuk tidur sendiri. Selain itu, kamu juga bisa menata kamar jagoan cilikmu menjadi senyaman mungkin untuknya, sehingga mereka pun bisa lebih betah di kamarnya. Kamar tidur anak laki-laki tentu berbeda dengan kamar tidur anak perempuan, sehingga dekorasi yang harus diperhatikan dalam kamar tidur anak laki-laki pasti berbeda pula

Agar anak mendapatkan tidur yang aman dan nyaman, dan perkembangannya tidak terganggu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata kamar tidur anak laki-laki, yuk disimak!

Gunakan perabotan yang ramah

Masa kanak-kanak merupakan masa aktif di mana mereka sangat aktif dansenang berlari-lari di dalam rumah. Perabotan yang ramah, dengan ujung yang tidak runcing dapat mengurangi tingkat kefatalan kecelakaan yang bisa terjadi di dalam rumah ketika anak beraktivitas.

Tak hanya ketajaman sudut furnitur, ketinggian furnitur juga harus dipertimbangkan. Gunakan perabotan yang bisa dijangkau oleh dia, misalkan lemari anak dan rak dinding yang ditempel tidak terlalu atas.

Kamar tidur anak-laki-laki harus ditata sedemikian rupa, karena anak laki-laki cenderung lebih aktif dalam beraktivitas

Karpet yang lembut dan tidak licin

Untuk mengurangi resiko kecelakaan anak karena terpeleset oleh lantai yang licin, karpet yang keset ketika diinjak, khususnya pada kamar tidur anak laki-laki, harus diperhatikan. Apalagi dengan adanya anak laki-laki yang sangat aktif, karpet yang empuk dan lembut bisa berfungsi juga sebagai bantalan jatuh anak pun dibutuhkan untuk keselamatan si buah hati.

Ruang bermain dan belajar

Foto dari Desain Rumahnya

Anak laki-laki memiliki kecenderungan untuk lebih aktif dibandingkan dengan anak perempuan. Sehingga dirasa perlu untuk menyediakan ruangan yang cukup luas untuk si kecil bermain. Area bermain dalam kamar tidur anak laki-laki bisa berpengaruh cukup besar untuk tingkat kebetahan anak di kamar. Jangan lupa, gunakan kasur yang empuk dan nyaman, seperti kasur busa agar ia bisa langsung tidur dengan nyenyak setelah bermain dan belajar di dalam kamarnya.

Tempat khusus menyimpan barang-barang

Foto dari Desain Rumahnya

Penting loh untuk menyediakan tempat khusus di mana kamu bisa menyimpan barang-barang, terutama mainan anak. Kamar tidur anak laki-laki cenderung penuh oleh mainan yang berserakan. Dengan adanya tempat tersebut, kamu bisa mendidik anak untuk membereskan mainan yang sudah selesai dipakainya bermain untuk diletakkan kembali di tempatnya. Kebiasaan yang baik harus dibangun sedini mungkin. Pilih rak penyimpanan yang berkualitas agar bisa dipakai dalam waktu lama

Cahaya yang memadai

Untuk kesehatan mata dan kenyamanan si kecil, pencahayaan yang memadai pun harus dipenuhi. Selain itu, kamar yang tidak memiliki asupan cahaya yang memadai akan terasa suram dan terlihat menyeramkan untuk anak. Hal ini bisa membuat si kecil semakin tidak nyaman untuk tidur sendiri di kamarnya. Kamar tidur anak laki-laki cocok didekorasi dengan lampu tidur hias karakter favoritnya, pastikan kamu memilih lampu yang tepat.

Menata kamar si kecil merupakan salah satu kesenangan yang bisa dimiliki oleh para orang tua. Sama halnya dengan kamar tidur anak perempuan, kamar tidur anak laki-laki pun perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan karakter dan selera si kecil loh.

Ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menata kamar tidur anak laki-laki!

Tema kamar dan warna kamar

Kamar tidur anak laki-laki biasanya dipenuhi karakter favorit si kecil. Mintalah pendapat pada si kecil mengenai warna dan tema yang disukainya. Dengan membiarkan anak ikut berpartisipasi mendesain kamar tidurnya, mereka akan memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar tidurnya sendiri.

Biasanya kamar tidur anak laki-laki kental dengan hal-hal berbau otomotif, seperti mobil, motor atau pesawat terbang. Selain itu umumnya mereka juga menyukai hal-hal seperti film-film kartun dan animasi, serta film-film robot. Kamu bisa menghiasi kamar tidur anak laki-laki menggunakan furnitur dengan tema-tema tersebut, seperti tempat tidur, meja belajar, kursi anak, dan sebagainya agar sesuai dengan kesukaannya.

Setelah menentukan tema, kamu bisa menerapkan warna dinding yang sesuai dengan tema kamar yang dipilih. Bisa dengan warna cat disukainya atau wallpaper dinding.

Menghemat tempat

Karena anak-anak, terutama anak laki-laki memiliki sifat yang aktif. Hal itu biasanya tercermin di kamartidur anak laki-laki. Sebaiknya kamu memberikan ruang yang luas untuk mereka dapat beraktivitas di kamar tidurnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menghemat ruang kamar!

Foto dari Rumah Minimalis Bagus

Dalam menghemat ruang kamar anak pun ada triknya, yaitu:

  • Gunakan perabotan yang memiliki dua fungsi atau lebih. Contohnya, tempat tidur yang di bawahnya memiliki laci yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang anak.
  • Gunakan rak dinding atau rak gantung untuk menyimpan barang-barangmu. Sehingga kamu dapat memiliki area lantai yang lebih luas.
  • Beli tempat tidur yang menyatu dengan meja belajar. Jadi, perabotmu tidak memakan tempat dan meja belajar dapat didekatkan sampai menempel pada tempat tidur.

Menggunakan wallpaper

Salah satu cara agar tembok kamar tidur dapat sesuai dengan tema yang diterapkan adalah dengan memasang wallpaper pada dinding kamar. Sehingga, kamar tidur pun dapat lebih selaras dan semakin indah untuk dipandang. Kamar tidur anak laki-laki pun bisa dihias dengan bingkai foto untuk menaruh foto keluarga.

Itu dia hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan tips dalam menata kamar tidur anak laki-laki. Sudah siap memberikan kamar ternyaman untuk si buah hatimu? Jangan lupa gunakan kasur berkualitas untuk si Kecil. Jika kamu sedang mencarinya, Dekoruma jual kasur Zees, kasur Dunlopillo, kasur Serta, dan beragam merek kasur terkenal lainnya.

Kalau kamu lebih suka menggunakan jenis kasur spring bed, Dekoruma juga menyediakan aneka merek spring bed ternama, seperti spring bed Alga. Jangan khawatir dengan masalah biayanya karena di Dekoruma, kamu bisa mendapatkan barang-barang perlengkapan rumah tanggamu dengan harga jujur yang tidak akan menyakiti kantong! Yuk, lengkapi semua kebutuhanmu dan si Kecil bersama Dekoruma!