Merancang desain ruang tamu ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal pertama yang bisa Anda pikirkan adalah pemilihan kursi tamu yang tepat untuk ruangan tamu Anda. Pemilihan kursi tamu yang tepat akan menunjang penampilan ruang tamu menjadi lebih menawan. Kursi tamu dapat menjadi bagian terpenting dari sebuah rumah. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih kursi tamu yang tepat untuk ruang tamu Anda antara lain:

Sesuaikan Konsep Rumah

Dalam menentukan jenis kursi tamu yang tepat, hendaknya disesuaikan dengan  konsep rumah. Apabila rumah Anda berkonsep minimalis, Anda dapat memilih kursi tamu atau sofa yang minimalis pula. Setiap ruang tamu pasti memiliki tema masing-masing. Alangkah baiknya Anda menyesuaikan dengan tema yang anda usungkan. Perbaduan dua unsur ini dapt membuat ruang tamu Anda terasa lebih hidup dan semakin kental pula konsep minimalisnya. Selain itu, perhatikan pula dari segi luas ruang tamu dan ukuran kursi atau sofa tamu minimalis. Jika Anda memiliki ruang tamu minimalis yang cenderung sempit, Anda dapat memilih kursi atau sofa tamu dengan model single tanpa sandaran. Bagaimana cara mengetahui sofa yang terbaik?

Baca juga: Jangan Buang Kursi Lamamu, Sulap Saja Menjadi Baru

Jika tema ruang Anda berkesan kontemporer, maka pemilihan kursi dengan ukiran dan detail klasik dapat memberikan kekuatan bagi ruang tamu Anda. Contoh lain jika perabot di ruang tamu didominasi oleh material kayu, lebih bijak jika detail dan aksen ruangan dihadirkan kursi samping yang terbuat dari material kayu.

Sesuaikan Warna Kursi Tamu

Pemilihan warna menjadi bagian penting untuk memilih kursi tamu, terutama kursi tamu kayu. Anda dapat memilih warna kursi yang sesuai dengan warna dinding ruang tamu Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan ornamen yang berwarna kontras dengan kursi dan dinding ruang tamu anda. ornamen disini bisa berupa bantal sofa atau kursi. Anda juga dapat menempatkan meja persegi berwarna hitam dan sebuah lampu meja berwarna hitam di samping kursi tamu Anda. Karpet berwarna krem juga dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memadukan warna hitam dan putih pada ruang tamu minimalis Ini akan membuat ruang tamu Anda terkesan lebih mewah dan berkesan.

Terkait: 5 Item Wajib untuk Ruang Tamu Minimalis

Gunakan Material Yang Tepat

Sebenarnya banyak pilihan material yang bisa Anda pilih mulai dari kayu utuh hingga rangka kayu atau logam yang dilapisi dengan busa dan fabric yang beraneka rupa. Jika tema ruang tamu Anda mengusung kesan temporer, maka material kayu dapat memperkuat gaya klasik yang ada. Namun, tidaklah jelek pula jika material kayu ditambahkan pada kursi tamu dengan ruang tamu yang berkesan minimalis. Hal ini dapat menciptakan kesan natural yang hangat.

Lalu apa jenis kayu yang cocok untuk kursi tamu Anda?

Kayu jati menjadi salah satu jeniss kayu yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Teksturnya yang khas, kuat, dan ketahanannya membuat jenis kayu ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu pula, Anda perlu memperhatikan apakah konstruksi kayu tersebut adalah konstruksi kayu utuh atau sambungan. Kayu utuh cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibanding kayu sambungan karena finishingnya lebih rapi tanpa garis layaknya yang Anda temui pada kayu sambungan.

Bagaimana jika Anda memilih kursi tamu berupa sofa?

Layaknya kayu, sofa sendiri memiliki berbagai bahan material yang perlu Anda perhatikan. Anda dapat memilih berdasarkan material pelapis serta busa yang digunakan. Perhatikan pula kerapian jahitan dan kekuatan bahan yang digunakan sehingga sofa Anda bisa lebih awet ke depannya.

Busa yang keras cenderung terbuat dari bahan yang jelek. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tingkat kualitas yang kurang baik. Hindari pula memilih kain yang kasar sebagai pembungkus kursi tamu atau sofa yang membuat Anda merasa tidak nyaman saat mendudukinya. Kain bludru polos ataupun velvet motif bisa menjadi pilihan jenis kain yang berkualitas.

Selain itu, perhatikan pula bantal kursi tamu atau sofa yang digunakan. Pilihlah bantal yang dapat diganti sehingga jika Anda merasa bosan atau terkena noda, dapat dicuci bersih atau menggantinya dengan kain yang lain dengan ukuran yang serupa dengan bantal kursi tamu atau sofa Anda.

Pertimbangan Kenyamanan

Tidak hanya berfungi untuk menjamu tamu, ruang tamu bisa saja Anda gunakan dengan kegiatan lain seperti membaca buku atau sekedar santai. Pemilihan kursi tamu dengan desai apik dapat menunjang penampilan keseluruhan ruangan. Namun, hal yang penting bahwa desain tersebut harus mempertimbangkan dengan kenyamanan pemiliknya.

Bagaimana Anda bisa menilai kenyamanan kursi tamu Anda?

Anda dapat melakukan tes sederhana dengan duduk diam selama beberapa detik. Kemudian duduk kembali dalam posisi sama selama 10-15 menit. Jika Anda tidak ingin berpindah posisi setelah jangka waktu tersebut atau Anda merasa tidak ada perbedaan dari pertama kali duduk, maka kursi tersebut telah mampu memenuhi kenyamanan rata-rata kursi tamu pada umumnya.

Jadi, Anda tidak perlu membeli yang terbaik. Yang penting bisa membuat Anda merasa nyaman dan sesuai dengan konsep rumah yang Anda inginkan. Sesuaikan pula dengan kondisi keuangan keluarga Anda.

Kualitas Dan Harga

Harga bisa menjadi pertimbangan relatif dalam pemilihan kursi tamu. Jangan pernah mematok jika kualitas berbanding lurus dengan harga. Tidak semuanya benar tentang argumen tersebut. Banyak produk yang memiliki kualitas baik namun dipatok dengan harga bersaing.

Jasa Custom Design

Pilihan terakhir jika Anda tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan jasa custom design untuk memesan kursi tamu sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Selain dapat memperoleh kursi dengan sentuhan personal yang Anda inginkan, jasa ini juga dapat membantu Anda dalam memilih furnitur yang pas dengan ukuran dan model ruangan yang ada. Selain itu, harga yang ditawarkan bisa jadi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga yang dipatok oleh merk dan toko furnitur itu sendiri.

Temukan beragam furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam furnitur yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari pakaian, sofa, kursi makan, meja TV, hingga dekorasi untuk ruang tamu impian Anda.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah. Desainnya multifungsi dan beragam, bisa selesai dalam 8 minggu pengerjaan. Cukup dengan mengisi formulir konsultasi, nantinya tim Dekoruma akan menghubungi Anda untuk langkah selanjutnya.