Punya rumah minimalis tengah menjadi tren akhir-akhir tahun ini. Menciptakan rumah minimalis bukanlah hal yang sulit asalkan anda bisa mengetahui caranya. Pemilihan perabot rumah tangga menjadi salah satu hal yang penting dalam menciptakan rumah minimalis. Perabotan ini bisa dari banyak hal seperti sofa, lemari, hingga meja makan. Meja makan memegang peranan penting pada setiap rumah. Bagaimana menciptakan meja makan yang minimalis?

Agar meja makan terkesan minimalis namun tetap modern harus disesuaikan dengan konsep rumah yang anda inginkan. Hal ini agar tercipta keserasian, sehingga meja makan minimalis anda tidak terlihat menjadi sesuatu yang menggangu pemandangan di dalam rumah.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah jangan asal pilih meja makan. Tetapkan dulu konsep rumah minimalis yang diinginkan. Setelah itu, anda bisa mulai survei meja makan yang diinginkan di toko-toko terdekat. Jika anda ingin membuat sesuai desain yang anda inginkan, anda dapat menyewa tukang yang ahli dalam pembuatan meja makan. Desain meja makan yang minimalis biasanya jauh dari kesan glamour namun tetap terlihat elegant walaupun sederhana. Yang penting enak dipandang dan nyaman digunakan. Jangan sampai pilihan anda jadi salah karena hal ini akan membuat meja makan anda bersifat menganggu tata letak serta menghilangkan estetika rumah. Beberapa jenis meja makan minimalis yang bisa anda jadikan referensi untuk rumah minimalis anda:

Meja Makan Minimalis Kayu

Illustration by rusticwooden

Siapa bilang meja makan dari kayu terkesan tua dan ketinggalan zaman. Ternyata bahan kayu juga dapat menciptakan kesan minimalis rumah anda. Apalagi penggunaan kayu akan menambah kesan artistik dari ruang makan. Hal inilah yang menyebabkan meja makan minimalis kayu masih banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis.

Dari segi harga memang meja makan kayu memiliki harga yang lebih mahal dibanding bahan baku meja yang lain. Hal ini juga tergantung pada jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan meja makan. Sedangkan untuk ukuran, anda bisa menyesuaikan dengan jumlah bangku dan jumlah anggota keluarga yang ada dalam rumah. Sesuaikan pula dengan luas ruangan makan dalam rumah anda.

Dari segi bentuk, biasanya meja makan minimalis kayu terdapat dalam dua bentuk yaitu persegi atau bulat. Bentuk meja makan kayu akan memperlihatkan kesan elegan pada ruang makan anda

Namun, kebanyakan jenis kayu yang sering digunakan adalah kayu jati. Hal ini disebabkan oleh strukturnya yang kuat, tangguh, dan tahan lama tidak termakan oleh waktu. Selain itu, meja makan minimalis dari kayu dapat dipoles menjadi beberapa ukiran cantik yang akan mempermanis meja makan anda.

Satu kelemahan yang dimiliki oleh meja makan minimalis kayu adalah mudah patah serta tidak tahan dengan api sehingga anda harus berhati-hati pada suhu yang tinggi.

Meja Makan Minimalis Kaca

Illustration by legrattonaute

Jangan berpikir kalau meja makan yang satu ini murni semua terbuat dari kaca. Meja makan jenis ini lebih menonjolkan kaca sebagai bahan utamanya sehingga disebut meja makan minimalis kaca. Sebagai pelengkapnya disertai kursi yang bisa terbuat dari berbagai macam bahan lain seperti kayu, plastik, atau fiber. Namun tetap tidak meninggalkan kaca sebagai primadona meja makan minimalis yang satu ini. Mungkin kelemahannya bisa diketahui dari bahan kaca yang mudah pecah. Jadi, anda harus berhati-hati dalam merawatnya.

Meja Makan Minimalis Aluminium

Illustration by karenshomecookin

Meja makan minimalis yang satu ini paling sering diminati oleh banyak orang sebagai pilihan untuk melengkapi rumah minimalis mereka. Anda dapat menemukan banyak keunggulan dari meja makan berbahan dasar aluminium seperti bisa dicat dengan warna yang beraneka ragam, dapat didesain dengan berbagai macam bentuk serta ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Selain itu, bahannya juga ringan sehingga mudah untuk dipindahkan kemana-kemana. Bahan dasar aluminium mampu membuat meja makan anda tampak bersinar dan cantik.

Beberapa orang berpendapat jika meja makan aluminium lebih menonjolkan kesan minimalisrumah tanpa harus memperlihatkan ruang makan secara mewah atau berseni. Dari segi harga cukup terjangkau dibanding bahan lain seperti kayu.

Sedangkan kelemahannya adalah karena terbuat dari bahan aluminium, jadi mudah berkarat dan kurang awet jika tidak dirawat dengan baik pula. Jadi, jika anda bisa merawat meja makan jenis ini secara benar maka hal itu bisa dihindari.

Meja Makan Minimalis Plastik

Illustration by staticflickr

Jika anda mematok dari harga yang paling murah, maka jenis meja makan yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Harga murah tidak mesti kualitas barang buruk. Asalkan anda bisa memilih atau membuatnya secara tepat maka semua akan terlihat tidak murahan namun kesan minimalis tetap menonjol. Keunggulan meja makan plastik adalah lebih awet dan tahan lama. Selain itu, dapat dicat dengan warna-warna minimalis yang diinginkan. Sifat plastik yang ringan membuat barang ini dapat dipindahkan secara mudah. Perawatannya pun tergolong mudah dan murah meriah.

Meja Makan Perpaduan Kaca Dan Kayu

Illustration by camtenna

Perpaduan kaca dan kayu ini dimaksudkan bagi atas terbuat dari kaca sedangkan kaki-kaki meja makan terbuat dari kayu. Perpaduan bahan ini mampu menciptakan meja makan minimalis namun tetap modern. Jika anda menginginkan jenis meja makan yang satu ini, anda harus bisa menyesuaikan dengan konsep rumah anda. Sebagai tips, jika anda memiliki anak kecil di rumah sebaiknya tidak disarankan menggunakan meja makan yang satu ini. Hal ini dipertimbangkan dari segi keamanan ketika anak bermain di dekar meja makan, akan lebih riskan terkena bagian atas meja yang mudah pecah.

Dari kelima jenis meja makan yang ada, manakah yang lebih cocok dengan konsep rumah anda? Jangan asal pilih ya… Pilihlah meja makan yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kantong anda.

Jika anda bingung, anda bisa melihat variasi meja makan minimalis lainnya di Dekoruma. Bukan cuma meja makan, Dekoruma pun menyediakan berbagai macam furniture untuk mempercantik rumah anda. Dekoruma jual lemari dapur, sofa, lemari pakaian, dan lainnya.

Ada juga aneka perlengkapan makan dan minum yang bisa anda dapatkan. Dekoruma jual cangkir, gelas, mangkuk, piring, sendok, dan garpu. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, beli sekarang!