Sebagian besar ide untuk memanipulasi ruang tamu kecil agar terlihat luas adalah dengan memberikan efek tipuan mata, hal ini bertujuan untuk menampilkan ruangan terlihat lebih luas. Strategi semacam itu dapat mengubah area yang terasa sempit dan sesak menjadi lebih nyaman dan tampak estetis.

Salah satu kuncinya adalah dengan cara memaksimalkan cahaya dan ruang, selain itu perhatikan penggunaan warna, ukuran dan berat. Ini bisa membuat perbedaan. Kamu nggak perlu minder kalau punya ruang tamu kecil, bisa kok dibuat lebih luas! Inilah beberapa cara favorit Kania untuk membuat ruang tamu kamu terasa lebih luas.

Gunakan Cermin sebagai Dekorasi pada Ruang Tamu Kecil

id.pinterest.com

Para desainer senang menjadikan cermin sebagai salah satu cara menciptakan ilusi ruangan luas. Kamu dapat menempatkan cermin secara strategis di beberapa tempat untuk membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar. Salah satu ide paling umum yang sering digunakan untuk ruang tamu kecil adalah dengan menggantung cermin besar di lokasi sentral atau tengah ruangan untuk menciptakan titik fokus.

Cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya dan menambahkan suasana yang menyenangkan, kamu dapat meletakkannya di balik sumber cahaya seperti lampu atau lilin. Jika memungkinkan, posisikan cermin di seberang jendela sehingga dapat mencerminkan pandangan dan memberi ilusi adanya jendela lain di ruang tamu kecilmu.

Arahkan Perhatian ke Atas

navpa2016.org

Sebuah ruangan memiliki dimensi horizontal sekaligus vertikal. Jika ruang tamu kamu memiliki langit-langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra dengan menghiasnya dengan cara yang menarik perhatian ke atas. Memakai jenis tirai atau gorden panjang hingga menyentuh lantai adalah salah satu caranya.

Ide lainnya adalah mengisi ruang vertikal dengan menggantungkan karya seni dari ukuran kecil hingga menengah. Teknik ini akan membuat ruangan terasa lebih besar dari yang sebenarnya, karena orang-orang yang berkunjung akan memandangi karya seni. Karya seni yang dimaksud dapat berupa lukisan yang digantung agak tinggi, patung, atau tiang lampu yang bentuknya ramping dan tinggi.

Gunakan Warna Netral untuk Ruang Tamu Kecil

decorilla.com

Salah satu ide untuk ruang tamu kecil yang paling populer adalah penggunaan warna netral di dinding, lantai, plafon dan pelapis furnitur. Palet warna off-white atau beige akan menciptakan kesan ruangan luas dengan ilusi yang menekan dinding. Warna-warna lembut juga membantu memberikan penerangan bagi ruang tamu kecilmu karena akan memantulkan cahaya.

Warna putih dapat menjadi pilihan tepat bagi ruang tamu kecil karena warna ini dapat menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, palet netral memberikan kesan menyenangkan secara instan dan menciptakan lingkungan yang menenangkan dibandingkan warna-warna lainnya.

Pilih Perabotan yang Ringan

Saat kamu berbelanja perabotan, pertimbangkan bobot visualnya. Konsep bobot visual ini mengacu pada bobot yang dapat dirasakan berdasarkan ukuran, warna dan desain sebuah benda. Pilihlah perabotan dengan potongan yang memiliki penampilan ringan untuk ruang tamu kecil, karena benda yang memiliki potongan besar dan terkesan berat akan mempersempit ruang.

tedxumkc.com

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memilih perabotan dengan warna pucat dibandingkan yang berwarna gelap. Selain itu, pilihlah perabotan yang memiliki kaki dan hindari yang berbentuk kotak.

Jika kamu berpikir untuk membeli meja kopi untuk ruang tamu kecil, pilih meja kopi yang berbahan kaca. Meja kopi dengan bahan kaca akan mengambil ruang visual lebih sedikit dari yang berbahan kayu, karena bahan kaca yang tembus pandang membuatmu dapat melihat ke sisi yang lain. Setiap perabotan atau dekorasi yang tidak menghalangi pandangan akan membuat ruang tamu kecil tampak lebih terbuka dan tentunya lebih luas.

Pilih Perabotan Berukuran Kecil

sojoob.com

Daftar ide untuk menciptakan ilusi ruangan luas pada ruang tamu kecil tidak akan lengkap tanpa rekomendasi yang satu ini. Kamu dapat memilih perabotan yang kesannya tidak terlalu “kuat”. Hindari perabotan besar yang memberi kesan mendominasi ruangan. Sofa minimalis dengan sandaran lengan kurus dan sandaran punggung yang padat lebih cocok untuk ruang tamu kecil dibandingkan dengan sofa yang memiliki sandaran lengan besar dan bantalan punggung yang berlapis-lapis.

Jika ruang tamu kamu memiliki ukuran yang begitu kecil, seperti ruang tamu apartemen, kamu dapat menghapuskan opsi kursi sofa dari perabotan ruang tamu. Keluarkan sofa dari ruang tamu kecilmu dan pilihlah jenis kursi empuk dengan bentuk lebih kecil.

metalaccord.com

Kamu juga dapat memilih jenis kursi dengan fungsi ganda, yaitu jenis kursi yang dapat menjadi kursi tamu dan dapat diposisikan di sekitar meja kopi sebagai kursi santai atau kursi makan. Saat memilih kursi, utamakan pilihan kursi yang tanpa lengan karena mereka akan menghabiskan lebih sedikit ruang.

Ruang Tamu Kecil: Untuk Rumah atau Apartment?

Seperti umumnya desain rumah atau apartemen masa kini, minimalis tidak selamanya membosankan atau plain. Kesan rapi dan bersih menjadi salah satu keunggulan desain minimalis. Kamu tidak perlu bingung jika memiliki ruang tamu yang tidak begitu luas alias ruang tamu kecil, karena kebanyakan rumah atau apartemen saat ini didesain seperti itu untuk memunculkan kesan minimalis.

Namun, jika kamu menginginkan ruang tamu yang kesannya lebih ramai dan tetap terlihat luas, cara-cara di atas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ruang tamu kecil yang jauh dari kesan sempit dan tetap menarik.

homedizz.com

Tidak harus selalu mengurangi perabotan yang ada di ruang tamu, kunci utama menciptakan ruang tamu kecil yang estetis adalah mengatur posisi perabotan tersebut. Ingat! Ruang tamu merupakan ruang pertama yang akan dimasuki seseorang saat berkunjung ke rumah kamu, kesan pertama akan terbentuk di ruangan ini. Jadi hiaslah ruang tamu kamu dengan perabotan dan dekorasi yang menunjukkan kepribadian pemilik rumah.

Ada banyak toko online yang menyediakan pilihan furnitur dan dekorasi yang cocok untuk ruang tamu kecilmu, salah satunya adalah Dekoruma yang jual kursi malas, lemari pakaian, dan sofa minimalis. Dekoruma juga jual Olymplast, yaitu merek kabinet dan rak penyimpanan plastik dengan kualitas terbaik. Selain menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja, kamu juga akan mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga yang lebih jujur.

Nggak hanya furnitur ruang tamu, kamu juga bisa menemukan kasur untuk kamar tidurmu. Dekoruma jual kasur Airland, kasur Guhdo, dan kasur Dunlopillo untuk menemani tidurmu. Tunggu apalagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!