Kehadiran taman pada sebuah hunian bisa menjadi elemen yang menyegarkan, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Namun, menghadirkan taman bukan berarti hanya sekedar menambah vegetasi alias tanaman saja. Diperlukan penataan dan pemilihan vegetasi yang pas agar desain taman bisa selaras, tidak cuma dengan selera pemilik tapi juga hunian secara keseluruhan.


badris.com

Dengan desain taman yang tepat, kamu tidak hanya mendapatkan visual yang indah dan menyegarkan tapi juga bisa menciptakan ruang untuk berbagai aktivitas sesuai kebutuhan kamu. Apalagi, kini taman juga bisa kamu hadirkan di dalam ruangan, tidak hanya pada halaman depan ataupun belakang saja.

Untuk memudahkan dalam menentukan desain taman yang pas, simak inspirasi desain-desain taman yang bisa kamu implementasikan pada hunian berikut!

Desain Taman Batu


pinterest.com

Desain taman batu merupakan jenis taman yang bersifat kering dan relatif mudah dalam hal perawatan. Karena kering, desain taman satu ini kerap jadi pilihan paling pas untuk dijadikan taman dalam ruangan. Taman Zen khas Jepang merupakan salah satu contoh desain taman yang menggunakan batu sebagai salah satu elemen utamanya. Namun, kini taman batu bisa dipresentasikan lebih luas dan modern, tidak se-tradisional taman Zen lagi.

Dalam menata taman batu, komposisi, ukuran, jenis, dan warna baru menjadi sangat penting karena batu menjadi elemen yang dominan. Berbagai baru mulai dari baru kapur, koral, hingga garnit bisa kamu gunakan. Menambah elemen natural lain seperti batang kayu yang telah mati juga bisa menambah nilai artistik dan estetis dari desain tamanmu.


pinterest.com

Tanaman dihadirkan sebagai oasis ditengah-tengah komposisi batu yang telah kamu tata. Tanaman yang dipilih pun biasanya bukanlah tanaman-tanaman yang rimbun. Kaktus, Kamboja, Bambu Jepang, dan tanaman sejenisnya biasa menjadi pilihan tepat untuk melengkapi desain taman batu.

Meski penataannya relatif sulit, perawatan dari desain taman ini sangat mudah dikarenakan tidak terlalu banyak vegetasi yang perlu dirawat. Desain taman ini cocok untuk hunian bergaya modern dan minimalis. Jadi, kamu bisa membuatnya lebih maksimal dengan memadupadankan tamanmu dengan funitur-funitur yang modern atau minimalis.

Desain Taman Daur Ulang

Seiring populernya isu mengenai lingkungan, tidak hanya peranan taman menjadi penting untuk menciptakan hunian yang lebih eco-friendly, kini orang-orang juga mulai tertarik menggunakan konsep desain taman daur ulang. Dengan memanfaatkan berbagai perabot dan barang bekas, mereka mecoba menciptakan sebuah taman yang nggak cuma indah, tapi juga eco-friendly. Dan, siapa sangka konsep ini cukup menarik untuk diterapkan, lho.


pinterest.com

Berbagai hal bisa kamu kreasikan untuk mewujudkan desain taman daur ulang, mulai dari ban mobil sebagai pot, pipa paralon sebagai media tanam vertikal, hingga panel papan kayu sebagai media tanaman merambat. Kamu juga bisa mengkombinasikan desain taman daur ulang dengan berbagai furnitur industrial yang sangat cocok dengan konsep taman seperti ini.


pinterest.com

Selain murah, desain taman daur ulang juga sangat mungkin untuk kamu aplikasikan sendiri. Namun, tentu kamu harus memiliki kemampuan dan usaha lebih agar hasil taman daur ulang milikmu jadi lebih maksimal.

Desain Taman Vertikal

Desain taman satu ini menjadi populer seiring permasalahan semakin terbatasnya lahan yang ada di hunian urban kini. Dirancang tumbuh ke atas (vertikal), desain taman vertikal biasanya menggunakan teralis atau sistem pendukung (media tanam) lainnya yang dibuat khusus untuk memungkinkan dinding menjadi media tanam.


pinterest.com

Cara paling sederhana untuk menghadirkan taman vertikal adalah menggunakan tanaman rambat dinding dengan media vertikal berupa teralis. Namun, dengan perkembangan teknologi kini, kamu bisa menanam bunga, bahkan sayuran dan berbagai tanaman yang umumnya ditanam secara horizontal pada dinding vertikal. Kamu pun bisa menambahkan sofa pada bagian bawah taman vertikal tersebut untuk bersantai dan menikmati udara segar.


pinterest.com

Meski untuk mengaplikasikan media tanam vertikal relatif mahal, tapi desain taman satu ini sangat efektif untuk memaksimalkan setiap ruang yang ada pada hunian kamu. Pilihan yang tepat untuk hunian modern dengan lahan yang terbatas.

Desain Taman Air

Desain taman air merupakan salah satu bentuk sistem taman yang sudah sangat tua dan kuno. Bahkan, sistem berkebun lili air sudah ada di Mesir sejak 2000 SM berdasarkan catatan dan gambar Mesir Kuno. Di Jepang sendiri, taman air sudah menjadi salah satu kebudayaan yang indah sejak berabad-abad silam. Taman air juga cocok dikombinasikan dengan taman zen yang menggunakan media batu.


pinterest.com

Sedangkan di negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika Utara, taman air hadir dalam bentuk kolam formal dengan bentuk yang simetris seperti persegi panjang atau lingkaran. Biasanya juga dilengkapi dengan air mancur sebagai pusat tidak dilengkapi vegetasi atau hanya beberapa lili air.


pinterest.com

Untuk hunianmu, kamu bisa menciptakan taman air sesederhana dengan membuat kolam lili air atau untuk hunian dengan lahan terbatas, kamu bisa menggunakan pot beton sebagai media tanam. Isi dengan air dan kamu bisa mengisinya dengan berbagai tanaman air. Desain taman air seperti ini juga akan memberikan efek menyejukkan dan menenangkan pada hunian. Apalagi untuk kamu yang merasa udara di hunian relatif kering, kehadiran taman air bisa meningkatkan kelembaban udara di rumah sehingga lebih nyaman untuk dihuni.

Desain Taman Atap

Perkembangan teknologi arsitektur dan juga permasalahan keterbatasan ruang membuat banyak desain taman yang berusaha menggali segala potensi ruang yang selama itu tidak terpakai. Termasuk atap. Desain taman atap paling mungkin diaplikasikan pada hunian-hunian beratap datar dengan menggunakan media khusus yang memungkinkan rumput dan juga vegetasi lainnya mampu tumbuh diatas atap.


pinterest.com

Dikarenakan media yang cukup rumit, terdiri dari beberapa lapisan, membuat desain taman atap termasuk taman yang memerlukan biaya relatif tinggi. Namun, selain menghemat ruang, taman atap juga secara tidak langsung melindungi hunian dari paparan sinar matahari sehingga ruangan yang berada dibawahnya akan terasa lebih sejuk.

Untuk kamu yang ingin mengaplikasikan desain taman atap yang lebih ekonomis, kamu bisa menggunakan media tanam pot dibandingkan green roof. Metode ini juga cukup efektif dalam pemanfaatkan atap sebagai taman.


pinterest.com

Jangan lupa lengkapi juga desain taman atap dengan aneka furnitur yang nyaman dan homey. Kalau bingung mencarinya, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi malas, kursi teras, kursi panjang, dan coffee table untuk bersantai di taman atap milikmu.

Taman Apotik dan Warung Hidup

Pada awalnya memang kebanyakan taman dimanfaatkan sebagai media menanam aneka jenis tanaman obat dan makanan yang bisa dikonsumsi. Menjadikan taman sebagai kebun seperti ini juga salah satu pilihan yang cukup menarik, lho.


pinterest.com

Selain memberi manfaat lebih yaitu bisa digunakan dan dikonsumsi, desain taman sebagai kebun apotik dan warung hidup ini juga bisa ditata dekoratif dengan pagar kecil hingga menambahkan gnome dan orang-orangan pengusir hama.

Untuk mewujudkan desain taman seperti ini, kamu memerlukan lahan yang cukup besar dan tentunya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Meski termasuk murah, perawatan tanaman-tanaman untuk dikonsumsi tentu memerlukan perhatian lebih. Mulai dari pupuk dan juga berbagai pestisida perlu kamu persiapkan. Tentunya berkebun di taman seperti ini bakalan menjadi salah satu aktivitas dan hobi yang menyenangkan.


pinterest.com

Pada dasarnya memilih desain taman tidak bisa hanya berdasarkan selera saja tapi harus disesuaikan dengan ketersediaan lahan serta kebutuhan aktivitas. Dengan pemilihan desain taman yang pas, tidak hanya kebutuhan visual hunian terpenuhi, kebutuhan lain yang bisa kamu temukan lewat menghadirkan tamanpun dapat terpenuhi.

Baca juga: 6 Desain Teras Rumah yang Bikin Rumahmu Super Homey

Selain media tanam serta berbagai vegetasi, jangan lupa juga untuk melengkapi taman dengan berbagai unsur dekoratif dan juga perabot yang pas. Hal ini tentu akan membantu taman tampil lebih menarik dan fungsional. Kamu bisa menemukan berbagai dekorasi dan juga perabot yang pas untuk tamanmu dengan mudah secara online di Dekoruma!

Tak hanya untuk tamanmu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur untuk setiap ruangan di dalam rumahmu, lho! Dekoruma jual kursi bar, sofa ruang tamu, tempat tidur, dan kabinet kamar mandi. Ada juga kasur berkualitas dari merek-merek terkenal, seperti kasur The Luxe dan King Koil. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!