Dalam membangun sebuah rumah, masing-masing dari kita memang memiliki kriteria tersendiri. Hal ini juga termasuk dengan kamu yang memiliki dasar pedoman Feng Shui nih. Feng Shui sendiri merupakan sistem estetika Cina Kuno yang sering dianggap sebagai suatu bentuk karya seni.

Nah buat sebagian orang yang percaya dengan pedoman Feng Shui biasanya akan menggunakannya sebagai acuan untuk merancang sebuah rumah termasuk dengan juga dalam hal pemilihan warna cat rumah. Dalam sebuah bangunan, warna cat rumah bukan hanya sebagai pendukung estetika dari suatu interior, namun bisa juga memberi efek psikologis bagi penghuninya.  Warna bisa memberi energi-energi kuat yang bisa mengalir serta menciptakan getaran dari energi positif maupun negatif.

Baca selengkapnya: Warna Cat yang Tepat Bisa Buat Kamu Lebih Happy, Percaya?

Kali ini, Kania bakal berbagi kepada kalian mengenai warna cat rumah yang tepat menurut Feng Shui. Sehingga kamu juga nggak bakalan sembarangan untuk memilih warna cat rumah yang tepat. Seperti apa? Yuk, simak di bawah!

Untuk suasana yang menyenangkan, pilih kuning sebagai warna cat rumah

pinterest.com

Warna kuning dalam Feng Shui diasosiasikan dengan matahari, keceriaan dan juga kebahagiaan (elemen api dan bumi). Menggunakan warna cat rumah berwarna kuning bisa membuat rumahmu cerah. Warna kuning juga bisa menciptakan suasana yang cozy, dan bisa menyambut energi positif.

Jika kamu aplikasikan di dapur, ruang keluarga, atau ruang anak, warna kuning bisa menjadi pilihan. Gradasi warna cat rumah kuning mulai dari warna kuning bunga matahari hingga kuning pucat bisa mulai kamu rencanakan sekarang.

Menciptakan suasana romantis dengan warna merah

pinterest.com

Warna merah adalah warna terkuat dalam Feng Shui. Merah sendiri merupakan perwakilan dari elemen api yang bisa membawa keberuntungan, kebahagiaan, romantisme, dan juga dihubungkan dengan suatu hal yang sensual. Warna merah dapat menjadi sebuah aksen yang paling menarik sehingga dapat membuat kesan memperbesar sebuah objek dengan memberikan setitik sentuhan. Namun bagi orang yang sering aktif atau suka cemas, warna cat rumah merah untuk tempat tidur tidak disarankan.

Warna cat rumah hijau untuk suasana yang segar dan vibrant

Pinterest.jp

Hijau merupakan warna  Feng Shui dari energi yang baru atau fresh dan kesuburan (elemen kayu). Hijau bisa menyimbolkan sesuatu yang harmonis dan bisa menyeimbangkan tubuhmu dengan membawa rasa yang menyenangkan dari alam.

Ketika bekerja dengan warna hijau sebagai warna cat rumah, sangat bagus jika kamu bisa menggunakan warna hijau dengan berbagai corak untuk meningkatkan efek Feng Shui dari warna hijau. Warna cat rumah hijau sebaiknya tidak digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain.

Untuk suasana yang optimis dan terbuka, gunakan warna oranye sebagai warna cat rumah

pinterest.com

Apabila warna cat rumah merah dirasa terlalu intens untuk warna cat rumah atau kantor, maka warna cat rumah yang paling tepat adalah warna oranye dari elemen api. Warna oranye sering diasosiasikan sebagai warna yang ‘sosial’ yang bisa menciptakan energi Feng Shui yang membuat rumah lebih ‘hidup’ dan seolah bisa membuat sebuah percakapan di rumahmu.

Warna cat rumah oranye akan mengingatkanmu pada mimpi-mimpi untuk berlibur dan memberikan kehangatan tersendiri di rumah, apalagi di ruang keluarga, ruang makan atau koridor. Sebaiknya hindari pemakaian warna ini untuk ruangan yang sempit.

Membuat suasana rumah seperti baru dan innocent dengan warna putih

areuoneofus.com

Dalam konsep Feng Shui, warna putih menandakan adanya suatu kesucian, innocence, dan juga suatu hal yang polos. Warna dari elemen metal ini juga disebut sebagai warna yang bisa melebur dengan mudah dengan warna yang lain. Penerapannya sebagai warna cat rumah akan mampu menciptakan kesan bersih, santai dan juga sejuk. Warna ini sangat cocok digunakan untuk ruang keluarga, ruang santai atau dapur.

Pemilihan warna biru sebagai simbol kedamaian

homeje.com

Warna biru bisa dibilang sebagai warna yang luar biasa. Dari warna langit, warna birunya air hingga warna lautan dan biru indigo, banyak sekali warna yang bisa kamu pilih dari elemen air ini untuk dijadikan sebagai warna cat rumah.

Warna cat rumah biru memang sangat digemari, namun apabila kamu sering merasa stress, ada baiknya jika kamu menghindari warna ini. Menurut Feng Shui, ada beberapa aturan yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan warna biru sebagai warna cat rumah. Untuk kesehatan gunakan warna biru di sebelah timur, sudut tenggara untuk rezeki, dan utara untuk karier.

Jika ingin suasana yang megah atau misterius, bisa gunakan warna ungu

pinterest.com

Menurut master Feng Shui, warna ungu memang lebih cocok digunakan untuk aksesori atau hiasan dekorasi rumah karena mampu memberikan aksen megah, seperti untuk bantal dekorasi sofa hingga karya seni, sehingga tidak cocok sebagai warna cat rumah. Namun, ada juga ruangan yang cocok untuk warna ungu. Warna dari elemen api ini mempunyai nilai spiritual yang tinggi sehingga bisa kamu gunakan pada ruang tidur maupun ruang meditasi.  

Pemilihan warna cokelat untuk kekuatan dan stabilitas

pinterest.com

Warna cokelat sebagai warna cat rumah akhir-akhir ini lumayan banyak dipilih menurut Feng Shui. Selain karena warnanya yang bagus, warna cokelat sendiri menyimbolkan energi yang baru dan diasosiasikan dengan hal yang baik. Warna cat rumah misalnya seperti dark chocolate, gourmet coffee, atau warna kayu mahogani yang indah

Warna coklat sangat disarankan untuk ruangan yang membutuhkan kosentrasi lebih seperti ruang belajar atau ruang kerja. Namun sebaliknya, warna cat rumah yang bagus ini tidak dianjurkan untuk ruangan tempatmu beristirahat. Area dari Feng Shui yang paling bisa diberkahi jika menggunakan warna cat rumah cokelat adalah timur untuk kesehatan, tenggara untuk kekayaan, dan selatan untuk popularitas.

Gimana? Sudah tahu bagaimana pemilihan warna cat rumah yang paling cocok buat kamu dan juga sesuai Feng Shui belum? Satu tambahan lagi, untuk mendekorasi area uangmu, kamu bisa memilih lima warna cat rumah yang bisa mendatangkan rezeki. Di antaranya adalah warna cat rumah seperti:

  • Warna cat rumah hijau
  • Warna cat rumah cokelat
  • Warna cat rumah hijau
  • Warna cat rumah hitam
  • Warna cat rumah kuning cerah

Bukan hanya warna cat rumah saja, tetapi hal ini juga bisa kamu terapkan pada detail dekorasi, furniture, perabotan hingga hiasan yang sesuai dengan warna pemilihan Feng Shui di atas. Karena kembali lagi, bahwa pada dasarnya penggunaan Feng Shui dalam pemilihan warna cat rumah ini bukan hanya bisa mendukung estetika rumahmu, tapi juga bisa memberikan efek psikologis bagi penghuni rumah.

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, Dekoruma juga siap menangani masalah design and build kitchen set kamu. Nggak berhenti sampai di situ, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

featured image taken with credit from pinterest.com