Tren green house yang berkembang saat ini kembali mengangkat nilai kayu. Kayu bisa menjadi suatu material bangunan yang bernilai mahal jika diolah dengan benar. Kayu saat ini juga menjadi salah satu bahan yang dipertimbangkan untuk menggantikan batu bata dan batako sebagai bahan utama dalam membangun rumah.

Hal ini karena hal-hal yang bergaya klasik tengah digandrungi lagi oleh masyarakat umum, tak terkecuali rumah kayu. Jika dulunya rumah kayu diidentikkan dengan rumah kuno yang ketinggalan zaman, kini membangun rumah kayu justru tengah menjadi tren. Kesan klasik ditambah warna eksotis dari kayu membuat rumah kayu mampu menampilkan kesan yang keren dan elegan.

hgtv.com

Fakta jika rumah kayu juga bisa bertahan lama memberi nilai plus bagi kamu untuk memiliki rumah kayu. Ketahanan kayu sudah dibuktikan oleh rumah-rumah peninggalan nenek moyang, di mana rumah kayu tersebut mampu berdiri kokoh dari satu generasi ke generasi berikutnya. Apalagi perbaikan dan penggantian pada rumah kayu juga bisa dikerjakan dengan mudah.

Kayu juga bisa dibentuk menjadi rumah kayu dengan desain apapun, baik itu tradisional maupun modern. Kamu juga bisa memadupadankan kayu dengan material yang lain, seperti kaca dan batu-batuan.

5arts.info.com

Rumah kayu pun mempunyai keunikan tersendiri, jika kamu membangun rumah kayu di lokasi yang mayoritas rumahnya berbahan tembok akan membuatnya tampil beda. Apalagi jika bentuk bangunannya dibuat seunik mungkin sehingga mampu menambah daya tarik rumah kayu tersebut. Memiliki rumah yang unik akan membuatmu stand out diantara yang lainnya.

Nah, jika kamu saat ini termasuk yang sedang mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu, maka kamu harus tahu dulu, apa aja sih manfaat dari memiliki rumah kayu. Berikut Kania kasih bocoran beragam manfaat tersembunyi rumah kayu.

Rumah kayu bernilai seni dan artistik

arturomontilla.com

Rumah kayu dipandang mampu mengedepankan nilai artistik yang klasik dan alami dibanding rumah biasa. Hal ini karena kayu mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain, seperti warna alami yang hanya dimiliki kayu.

Salah satu poin yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan jenis kayu, kayu yang bagus akan menampilkan motif yang memiliki corak khusus. Selain itu, untuk kamu yang berjiwa seni tinggi, kamu bisa melakukan dekor pada rumah kayumu dengan pahatan serta ukiran.

Rumah kayu memberi nuansa alami dan sejuk

telegram.hr

Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Artinya, dengan membangun rumah kayu kamu bisa menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan rumah batu bata atau beton.

Tak perlu repot-repot menyalakan pendingin atau pemanas ruangan dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan lainnya adalah karena desain kayu yang lebih tipis dan kokoh, serta adanya pori-pori antar kayu, membuat sirkulasi udara rumah kayu lebih bagus daripada rumah biasa dan memberi kesan sejuk bagi penghuninya.

Memberi tampilan yang berbeda

Semakin rumit desain dan keunikan jenis kayu yang kamu pakai untuk membangun rumah kayu, maka semakin tinggi pula nilai seni yang di dapat dari rumah tersebut. Bereksperimen dengan desain unik yang berbeda dari yang sudah ada tidak ada salahnya lho.

Tapi jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Dibangun dengan desain dan penataan furniture yang tepat, rumah kayu akan menjadi sesuatu yang unik dan memberi tampilan yang berbeda yang tidak dapat ditemukan di rumah lain.

Penyerap suara yang baik

xianna.net

Untuk kamu yang nggak suka keramaian, atau jenuh dengan hingar bingar suasana kota bisa mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu. Pasalnya, sebagaimana diketahui, kayu juga merupakan penyerap suara yang sangat baik. Nah, dalam rumah kayu nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai studio musik atau juga home theater.

pinterest.com

Sebagai Investasi

modaidecor.com

Terdengar kuno, tapi rumah kayu juga bisa dijadikan sarana investasi lho. Sebuah rumah dengan desain yang unik dan menarik akan menaikkan harga rumah tersebut. Karena alasan tersebut, maka rumah kayu juga dapat difungsikan sebagai investasi jangka panjang.

Apalagi saat ini banyak restoran yang menawarkan konsep alam dengan bangunan rumah kayu. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa rumah kayu mempunyai nilai investasi yang sepadan dari rumah biasa.

Rumah kayu ringan dan hemat biaya

lithouse.eu

Kelebihan lainnya dari rumah kayu adalah ringan dan hemat biaya. Tak bisa dipungkiri, beberapa kayu yang memiliki kualitas bagus memang harganya cukup mahal. Eits, jangan berkecil hati dulu, karena masih banyak pula jenis kayu lainnya yang harganya lebih murah tapi tidak kalah kokoh.

Tipsnya adalah, jika budgetmu terbatas kamu bisa menggunakan jenis kayu yang murah tapi tetap berkualitas, seperti kayu balok, kayu kaso, dan kayu galar. Harga kayu jenis tersebut jauh lebih murah daripada kayu jati.

Rumah kayu kokoh dan tahan gempa

Kelebihan lain yang tak kalah penting dari rumah kayu adalah memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. Jika rumah biasa umumnya akan muncul retakan atau bahkan roboh saat gempa terjadi, tidak demikian dengan rumah kayu. Hal ini karena sifat kayu yang elastis membuat rumah kayu mampu bertahan lebih lama jika terjadi gempa. Sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia yang rawan gempa kan!

gacahome.com

Pembangunan lebih cepat

assets.inhabitat.com

Jika dibandingkan dengan rumah biasa, proses pembangunan rumah kayu membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih cepat lho. Kayu memiliki kemampuan untuk membawa berbagai solusi arsitektural. Fakta bahwa rumah kayu saat ini sedang menjadi tren lagi, akhirnya memunculkan banyaknya pengusaha kontraktor yang menawarkan rumah kayu dengan sistem knock down atau bongkar pasang, sehingga pembuatan bisa dilakukan di pabrik yang kemudian dapat dirangkai di lokasi pembangunan rumah dalam waktu beberapa hari saja. Cukup efisien bukan?

Kemampuan menyesuaikan dengan lingkungan

houzz.com

Rumah kayu juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan mana pun lho. Hal ini karena sifat tekstur kayu yang merupakan garis-garis alam dari pepohonan. Seperti misalnya, jika tinggal di daerah pegunungan, kamu bisa menggunakan material kayu untuk bagian pondasi. Jika tinggal di daerah kota, kamu bisa menggunakan material kayu untuk bagian dinding, furniture, atau hanya pada lantai.

Bisa didaur ulang

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa didaur ulang sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang lain. Jadi jika nantinya kamu ingin merenovasi rumah kayu, kayu bekasnya masih bisa kamu olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika. Seperti misalnya dialihfungsikan sebagai furnitur atau dijual kepada penampung barang bekas.

pinterest.com

Untuk memiliki rumah kayu yang cantik dan awet, kamu bisa menggunakan kayu jati. Kayu jenis ini termasuk kayu yang awet dan kuat, karena memiliki ketahanan yang bagus terhadap jamur dan rayap. Kayu jati juga mudah didapatkan. Selain kayu jati, kayu kamper juga bisa kamu gunakan. Pemakaian kayu ini sudah umum digunakan untuk pembangunan rumah kayu di Indonesia. Kayu ini terkenal sangat kuat dan awet dengan tekstur yang cukup halus.

Jadi, apa kamu berminat tinggal di rumah kayu? Atau kamu ingin menciptakan interior bertema kayu? Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Selain jasa desain interior, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa kamu beli secara online. Dekoruma jual rak dinding, sofa bed, lemari pakaian, dan tempat tidur.

Bahkan, Dekoruma juga jual vas & pot bunga untuk kamu si pecinta tanaman hias. Yuk, segera wujudkan rumah impian yang nyaman bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!