Siapa sih dari kita yang tidak ingin atau tidak bercita-cita untuk memiliki sebuah rumah pribadi yang megah, modern dan juga nyaman untuk ditinggali? Sebuah rumah yang biasa kita gunakan sebagai tempat untuk tinggal, beristirahat setelah menjalani rutinitas di luar dan juga tempat untuk berkumpul dengan keluarga.

Mengingat saat ini kita hidup di dalam era yang menuntut kita untuk serba cepat dalam hal apapun, sebuah rumah modern rasanya bisa dipakai untuk memenuhi standar saat ini. Desain rumah modern dalam hal ini dapat diartikan sebagai seni arsitektur yang mengedepankan oleh komposisi massa dinamis, non aksial dan yang paling penting didasarkan atas pembentukan keseimbangan ruang-ruang, baik didalam maupun diantara bangunan.Tujuannya adalah dengan membangun rumah modern, penghuni bisa menemukan keharmonisan dan juga rumah yang bisa memenuhi kebutuhan di era yang dinamis ini.

Adapun prinsip-prinsip yang harus dipenuhi oleh rumah modern, di antaranya adalah rumah modern yang anti ornamen, efisien dan hemat, menggunakan teknologi tinggi, material modern dan juga rumah dengan bangunan sederhana.

Rumah modern juga biasa didominasi adanya kaca-kaca, baja atau besi dan juga bangunan bersemen. Style khas dari rumah modern sendiri biasanya memiliki konsep mengenai kebebasan dan esensi hidup dengan kesederhanaan yang ditunjukkan dengan banyaknya ruang-ruang kosong yang besar namun tetap memperhatikan estetika dengan furniture dan juga hiasan dinding kualitas tinggi.

Nah buat kamu yang masih penasaran, bagaimana sih rumah modern itu? Kali ini Kania bakal menghadirkan untuk kalian desain rumah modern yang populer saat ini dari berbagai negara di dunia. Apa saja? Simak ulasan Kania tentang rumah modern di bawah ini ya!

 

1. Bobbertz Residence

DarrenBradley.com

Rumah modern Bobbertz ini didesain pada tahun 1953 dan mengalami banyak modifikasi sehingga kini berubah menjadi salah satu contoh dari mid century modern yang ideal.

DarrenBradley.com

Rumah modern yang terletak di San Diego, California ini didesain oleh arsitek bernama Craig Ellwood pada tahun 1953, kemudian dimodifikasi besar-besaran dan detail oleh pemiliknya saat ini, yaitu Keith dan Jessica York. Ia menambahkan ruang laundry, mengembalikan fungsi teras, serta memberi dinding-dinding kaca di beberapa tempat.

2. Morgan House

DuanneTalley.com

Arsitek William Morgan memang dikenal dengan desainnya yang unik. Salah satunya adalah rumah modern yang satu ini. Rumah modern berbentuk segitiga atau triangular yang terletak di Pantai Atlantic, Florida ini kini dijual dengan harga USD 1.75 juta atau setara dengan Rp 23.3 miliar.

DuanneTalley.com

Rumah modern  yang didesain oleh arsitek lulusan Harvard ini terinspirasi dari zaman Romawi kuno di pinggir kota Herculaneum. Rumah modern tersebut terdiri dari dua sisi gedung segitiga, sisi pertama merupakan sisi yang menghadap pintu masuk, sedangkan sisi lainnya menghadap lurus ke pantai.

Ketika memasuki rumah tersebut, akan terasa sekali aura modern dari rumah ini. Berdiri di atas 1800 m², interior rumah modern ini terlihat nyaman dengan warna alami kayu dan padu padan warna putih terlihat luas karena tingginya atap rumah di ruang utama. Jendela clerestory yang dipasang juga membuat rumah mendapat cahaya dari matahari. Overall, rumah modern ini adalah rumah dengan setting yang unik dan cukup mengutamakan dekor ruangan.

3. Rumah HUT di Amsterdam

MerelLuime.com

Rumah modern dari HUT yang berlokasi di Amsterdam yang akan diluncurkan pada bulan September 2017 nanti membawa sebuah inovasi plug and play, di mana mereka meyakini bahwa teknologi dan pelayanan adalah hal terpenting dari suatu apartemen.

MerelLuime.com

Rumah modern dilengkapi dengan pelayanan seperti laundry, pengiriman parsel, sarapan hingga lokasi gym. Rumah modern ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi berkecepatan tinggi yang bisa langsung diakses oleh penghuninya. Adapun konsep SMART HOME SYSTEM yang digunakan untuk mengatur suhu ruangan, lampu mati-menyala otomatis, serta pintu otomatis.

4. Rumah pantai KGET

Pierre-vincentDebatte.com

Sebuah rumah pantai modern di Marseille, Prancis ini terinspirasi dari pemandangan sekitar dari rumah lama dua arsiteknya, Bonte dan Migozzi yang sudah bertahun-tahun tinggal di Australia.

Pierre-vincentDebatte.com

Pada pagi dan siang hari, rumah modern ini akan ‘menghilang’ di balik cahaya matahari karena material rumah yang terbuat dari kayu. Sedangkan pada malam hari, rumah modern ini akan bercahaya seperti lentera.

5. ROOST Midtown

MatthewWilliams.com

ROOST Apartement House ini merupakan rumah modern yang ditujukan untuk mereka yang sophisticated, mencari suatu kenyamanan dan juga sebagai tempat untuk ‘melarikan diri’ dari rutinitas sehari-hari.

MatthewWilliams.com

Setiap ruangan dalam rumah modern yang berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania ini mendapat dekor sarat dengan karya seni, tanaman dan bunga, serta karpet bertema vintage.

6. Canal House

 Jason Roehner/dwell.com

Dipercaya telah didirikan sejak 2.000 tahun yang lalu dan kemudian dibangun kembali untuk masyarakat modern, rumah modern yang terletak di Phoenix, Arizona ini terinspirasi dari kanal Arizona. Rumah modern berbentuk seperti peternakan ini tampak polos di bagian eksteriornya. Jika kita melihat baik dari eksterior maupun interior rumah modern ini, Canal House seakan terobsesi dengan sesuatu yang simetris.

 Jason Roehner/dwell.com

Di sisi lain, rumah modern tipe ini sedikit mirip dengan gaya minimalis. Ini bisa dilihat dari pemilihan sofa, meja, dan kursi. Tak lupa dengan pemilihan lampu gantung yang simpel dan elegan.

Jason Roehner/dwell.com

Ketika kamu masuk, kita bisa melihat beberapa material unik yang ada di dalam rumah modern ini. Didominasi dengan alumunium, pintu kayu dan juga kaca-kaca membuat rumah modern ini makin sempurna bagi mereka yang menginginkan suasana Phoenix yang tenang.

7. Casa Plaza

Federico Cairoli/dwell.com

Casa Plaza merupakan rumah modern yang terletak di Montevideo, Uruguay yang mengusung tema simple monochromatic.

Federico Cairoli/dwell.com

Rumah modern ini dibuat untuk menciptakan suasana ruangan yang intim dan individual dengan kisi-kisi yang didominasi dengan kayu dan dinding berwarna putih bersih.

8. Morgan Street Live

urbanlab.com

Rumah modern dwifungsi yang berada di Chicago ini memadukan antara rumah dan juga tempat kerja. Desain dari rumah modern ini sendiri terdiri dari lantai dasar yang merupakan tempat bekerja, sedangkan lantai dua yang merupakan rumah tempat tinggal.

urbanlab.com

Rumah modern yang terdiri dari ‘office bar’ ini menyediakan sebuah privasi ketika bekerja. Serta terlihat dari eksterior rumah modern ini didominasi oleh alumunium tanpa adanya tambahan detail selain kaca-kaca yang memperbolehkan cahaya matahari masuk ke dalam lantai dua.

9. Cor-Ten Steel-Clad Prefab

Themodernhouse.com

Rumah modern yang terletak di Inggris ini merupakan bekas workshop yang kemudian direnovasi ulang oleh arsitek Sandy Rendel menjadi rumah modern dengan SIPS (Structured Insulated Panels). Saat ini rumah yang berada di dekat South Downs National Park ini dijual dengan harga USD 2.54 juta atau Rp 33.85 miliar.

Themodernhouse.com

Rumah modern ini didominasi oleh warna merah bata yang memang sering digunakan oleh rumah-rumah bekas peninggalan zaman Gerogian dan Victoria di Inggris. Namun ketika masuk ke dalam, semuanya berlawanan dengan interior yang modern. Dibuktikan dengan adanya ruang terbuka dan juga dinding kaca yang langsung berhadapan dengan sungai dan pegunungan di Inggris.

10. The Tent House

Dwell.com

Sesuai dengan namanya, rumah yang terletak di Aucland, Selandia Baru ini memang berbentuk seperti tenda. Didesain oleh arsitek bernama Chris Tate, rumah ini seakan ingin menciptakan kesan kembali ke alam dengan berkemah atau camping.

Dwell.com

Rumah modern ini terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi, sleeping area, dapur multifungsi serta deck depan untuk menikmati pemandangan di luar rumah. Rumah ini juga dikelilingi oleh lanskap tumbuhan-tumbuhan eksklusif dari Selandia Baru yang bisa menciptakan suasana alami hutan yang sesungguhnya. Jadi, nggak jarang deh kalau penghuni akan mendengar suara burung-burung merdu dari rumah itu.

Nah dari kesepuluh rumah modern di atas, mana nih yang bisa kamu terapkan untuk rumah impianmu nanti? Apa kamu mendapat inspirasi interior untuk rumahmu?

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Apabila rumah modern impianmu sudah terwujud, jangan lupa untuk melengkapinya dengan aneka furnitur berkualitas dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual laci, lemari, kasur lantai, hingga tempat tidur dengan aneka model yang bisa disesuaikan dengan konsep rumah modernmu.

Ada pula dekorasi kekinian, Dekoruma jual cermin, lampu gantung, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!