Kamu ingin menata ruang tamu kecil milikmu, tapi kamu nggak tahu apa-apa soal interior?

Sempat terpikir nggak mungkin kamu bisa melakukannya, ruang tamu besar saja susah. Dengan ruang tamu kecil, opsi kamu dalam memilih dekor yang tepat jadi sangat terbatas, kan?

homebnc.com

Desain ruang tamu kecil terbilang sangat tricky. Butuh siasat-siasat khusus agar memeperlihatkan ruang tamu kecil tidak terlihat sempit. Memanfaatkan setiap sudut ruang yang ada di ruang tamu kecil tersebut, baik vertikal maupun horizontal harus kamu jadikan mindset utama. Walaupun sedikit kompleks dan beresiko gagal kalau kamu nggak hati-hati, menata ruang tamu kecil bukannya nggak mungkin buat pemula (baca: kamu). Berikut adalah 10 kesalahan fatal saat menata ruang tamu kecil, ada yang kamu lakukan nggak?

Penempatan sofa pada ruang tamu kecil

Pinterest.com

Bila memungkinkan, letakkan sofa atau kursi tamu menempel ke dinding. Hal ini akan membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas. Kalau meletakkan sofa di tengah-tengah ruangan, akan ada ruang diantara belakang sofa dan tembok kosong atau sisi tembok yang lain. Ini malah akan membuat ruang tamu kecil terlihat semakin kecil!

Bantal sofa pada ruang tamu kecil

Bukan cuma sofa berkualitas yang harus kamu pilih. Saat memilih bantal dekorasi untuk sofa, perhatikan juga coraknya. Apa bahan, corak, dan ukuranya sesuai dengan sofa yang kamu punya? Memilih bantal dengan ukuran terlalu besar misalnya, malah membuat ruang tamu kecil milikmu terlihat penuh.

Baca Juga: 5 Rahasia yang Bisa Membuat Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas

Posisi yang tepat untuk TV

eiforces.org

Jangan pernah letakkan TV di tembok yang bersisian dengan jendela. Sinar matahari siang hari bisa saja secara nggak langsung menyinari kabel. Gawatnya, ini bisa membuat ruang tamu kecil kamu terlihat berantakan. Posisi terbaik untuk meletakkan televisi adalah pada dinding kosong. Kamu bisa memasang bracket atau menaruh kabinet untuk menopang TV tersebut.

Ruang tamu kecil perlu pencahayaan yang tepat

homedesigndecormag.com

Pencahayaan lampu yang tepat bisa memunculkan efek luas bagi ruang tamu kecil. Jika memungkinkan, susunlah furnitur untuk menciptakan zona-zona yang lebih fungsional. Hal ini akan meningkatkan efektivitas pencahayaan. Ruang tamu kecil juga harus memiliki lebih dari satu sumber cahaya. Kamu bisa mengandalkan jendela besar untuk pencahayaan alami.

Model ruang tamu kecil yang terlalu kaku

thespruce.com

Jangan takut untuk memadupadankan desain ruang tamu kecil dari dunia maya. Jika kamu hanya menggunakan satu model, tentu ruang tamu kamu akan terlihat sangat kaku. Solusinya, kamu bisa memakai sofa berwarna cerah, disandingkan dengan coffee table yang tepat berwarna senada. Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam melakukan mix & match terhadap desain ruang tamu kecil. Banyak orang yang nggak tahu cara mendekorasi ruang tamu sederhana dengan tepat, apa kamu termasuk?

Nah, selain menggunakan sofa, kamu bisa menganekaragamkan furnitur yang dipakai, misalnya dengan kursi panjang. Dekoruma jual kursi panjang yang bisa disesuaikan dengan konsep desainmu. Ukurannya pun beragam dan terbuat dari aneka bahan.

Pemilihan warna furnitur juga penting!

hgtvhome.sndimg.com

Sesuaikan warna furnitur dengan tipe langit-langit. Kalau ruang tamu kecil punyamu langit-langitnya rendah, jangan memilih warna furnitur yang bernada gelap. Pilih warna netral atau cenderung cerah, seperti beige atau light grey. Padankan dengan tanaman hias di atas meja, atau tambahkan hiasan dinding sederhana.

Ruang tamu kecil dan model furnitur yang salah

blogspot.com

Jangan sampai kamu memaksakan sofa atau furnitur lain yang terlalu besar untuk ruang tamu kecil. Soalnya, ruang tamu kecil memang perlu perhatian ekstra dalam pemilihan furniture. Perhatikan keselarasan jenis furnitur dengan karakter ruang tamu kecil. Jika dirasa tidak cocok, sofa atau furnitur tersebut bisa dialihfungsikan ke ruangan lain yang bisa menampungnya.

Cahaya yang masuk

famiizuu.ca

Jika memungkinkan, buatlah desain ruang tamu kecil yang bisa memasukkan cahaya dari luar rumah agar masuk. Jika tidak ada jendela yang mampu melakukannya secara maksimal, gunakan cermin besar yang memantulkan cahaya tersebut. selain menerangi dan hemat listrik, cermin besar juga memiliki efek memperbesar ruangan, lho!

Ruang tamu kecil dengan karpet yang sesuai

designtrends.com

Biasanya, kesalahan yang sering dilakukan saat menata ruang tamu kecil adalah dengan memilih ukuran karpet yang kecil juga. Mungkin, kalian berpikiran supaya menyesuaikan dengan ukuran ruang tamu kecil. Salah! Karpet yang kamu pilih haruslah berukuran proporsional untuk ruang tamu kecil.

Peletakkan kolase foto pada ruang tamu kecil

cineticfilmbuff.com

Sebagai alternatif, biasanya pemilik rumah menggunakan kolase foto momen-momen terbaiknya untuk menghias ruang tamu kecilnya. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah meletakkan foto secara acak di semua sudut ruangan. Hal ini malahan akan membuat ruang tamu kecil terlihat berantakan. Untuk itu, coba manfaatkan satu sisi kosong yang khusus untuk menjadi daerah galeri foto. Selain itu, pastikan juga kamu meletakkan pajangan atau koleksi kesayanganmu di rak display agar tertata dengan rapi.

Baca Juga:  4 Strategi Menciptakan Ruang Tamu Mewah Ala Desainer Ternama

Selain 10 hal di atas, jika kamu termasuk salah satu orang yang membiasakan menaruh sepatu di sudut ruang tamu, pastikan kamu menggunakan rak sepatu, ya! Dengan demikian, tampilan ruang tamu milikmu akan lebih rapi dan enak dipandang.

Tidak sulit kok, melakukan desain terhadap ruang tamu kecil meskipun kalian tidak mempunyai dasar dalam desain interior rumah! Desain ruang tamu kecil tentu menjadi kunci dari pemandangan utama rumah kalian yang paling pertama dinilai tamu atau saudara-saudara kalian yang berkunjung ke rumah.

Kamu sedang mencari furnitur dengan model yang tepat untuk ruang tamumu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma! Dekoruma jual laci, sofa, coffee table, hingga kursi anak yang pastinya dengan kualitas terjamin.

Atau kamu justru sedang mencari kasur atau spring bed baru buat kamarmu? Dekoruma juga menyediakannya, lho! Dekoruma jual Comforta dan King Koil. Dua merek kasur yang paling terkenal di Indonesia.

Atau kamu sedang kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu? Tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂