Plus Minus Menggunakan Kitchen Set dari Bahan Aluminium

Seiring berkembangnya teknologi, kini sudah ada banyak pilihan material dalam mewujudkan kitchen set idaman untuk dapur hunianmu. Salah satu pilihan yang bisa kamu jadikan alternatif adalah kitchen set aluminium. Sayangnya, masih banyak yang meragukan material ini untuk kitchen set karena termasuk pilihan yang tidak konvensional.

Selain itu, ada pula berbagai pertimbangan lain yang membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum menggunakannya. Meski demikian, tentu ada juga beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kitchen set yang terbuat dari bahan logan bersifat non-magnetik ini.

Nah, supaya kamu nggak bingung atau menyesal di kemudian hari, sebaiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangan kitchen set aluminium melalui ulasan dari Kania di bawah ini!

Kelebihan Kitchen Set Aluminium

Setiap benda atau hal pasti memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri, termasuk bahan-bahan untuk membuat kitchen set. Berikut beberapa kelebihan dari bahan aluminium untuk pembuatan kitchen set yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Mudah Dibersihkan dan Anti-Noda

decoholic.org

Kitchen set aluminium memiliki permukaan solid sehingga tidak akan menyerap noda dan kotoran yang jatuh ke atas permukaannya. Hal ini otomatis menjadikannya anti-noda dan sangat mudah dibersihkan, meliputi area countertop, backsplash, dan lemari dapur atas serta bawah.

Untuk membersihkan kitchen set ini, kamu cukup mengelapnya dengan kain dan cairan pembersih. Selain itu, karena tahan terhadap bahan kimia, kamu juga bisa mengunakan cairan pembersih khusus yang sifatnya cukup keras saat membersihkan permukaan kitchen set. Namun, tentu kamu harus ekstra hati-hati saat mengaplikasikannya karena meski cairan bersifat keras tidak akan merusak kitchen set, tetap bisa berbahaya bagi kamu.

2. Tidak Mudah Terbakar dan Tahan Terhadap Air

Ketahanan terhadap api dan air pada kitchen set sangatlah penting mengingat aktivitas di dapur akan banyak melibatkan kedua elemen tersebut. Aluminium sendiri memiliki sifat yang tahan terhadap air karena permukaannya yang solid. Sedangkan untuk api dan panas, aluminium termasuk bahan dengan titik leleh yang tinggi sehingga bisa dikatakan tidak mudah terbakar.

3. Perawatan yang Mudah

rabelapp.com

Nggak cuma mudah dibersihkan, kitchen set aluminium juga memiliki perawatan jangka panjang yang cenderung mudah. Umumnya, material aluminium tidak mudah berkarat sehingga kamu cukup membersihkannya dengan mengelapnya setelah memasak. Namun, disarankan untuk tetap menggunakan kain tekstil dapur yang lembut agar tidak mudah tergores.

4. Cocok untuk Semua Jenis Iklim

Dengan kitchen set aluminium, kamu juga nggak perlu khawatir mengenai cuaca dan iklim di mana rumah kamu berada. Baik itu seperti Kota Bogor yang sering hujan, atau di Jakarta yang cuacanya lebih panas, semua bisa dihadapi dengan mudah oleh kitchen set satu ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau material aluminium tahan terhadap segala jenis iklim dan cuaca di bumi, termasuk yang ekstrem seperti daerah bersalju sekalipun. Namun untuk hal ini, tentu harus diimbangi juga dengan pemilihan bahan aluminium yang berkualitas tinggi, bukan yang abal-abal. Jika asal memilih dan mendapatkan kualitas yang kurang baik, bukan tidak mungkin kitchen set malah jadi cepat rusak di tengah-tengah cuaca ekstrem.

5. Bersifat Anti Serangga atau Hama Lainnya

Salah satu keunggulan material logam seperti aluminium memang terkenal karena sifatnya yang anti serangan serangga, seperti rayap dan hama lainnya. Dengan begitu, kamu pun bisa menata dapur sederhana dan rapi dengan bertenang hati.

6. Umur Kitchen Set Aluminium Relatif Panjang

decoratorist.com

Dengan berbagai sifat dan keunggulan yang telah dijabarkan di atas, bisa disimpulkan bahwa rangkaian set dapur dari bahan aluminium memiliki umur yang lebih panjang. Oleh karena itu, kamu bisa memilih model kitchen set aluminium yang modular sehingga bisa kamu pindahkan atau tata ulang jika mulai bosan dengan tampilannya di kemudian hari, mengingat desainnya yang cenderung agak monoton.

7. Bobot yang Ringan

Keunggulan lainnya dari penggunaan kitchen set aluminium adalah bobotnya yang ringan, tidak seperti besi atau metal lainnya yang umumnya memiliki bobot yang berat. Hal ini akan mempermudah proses instalasi dan pembuatannya di dapur kamu.

Kekurangan Kitchen Set Aluminium

Di samping semua keunggulan tadi, tentu ada juga kelemahannya. Oleh karena itu, sebelum kamu memilih untuk menggunakan bahan aluminium untuk set dapur, sebaiknya pertimbangkan dulu kekurangannya berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari!

1. Bahan Aluminium Rentan Lunak

Karena bobotnya yang ringan dan juga masih tergolong bahan logam, kitchen set aluminium rentan melunak dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, jika kamu tetap memilih bahan ini untuk kitchen set, pastikan menggunakan aluminium yang lebih tebal dan berkualitas tinggi.

2. Kitchen Set Aluminium Tidak Tahan Benturan

freshome.com

Bisa dibilang ini adalah efek atau akibat dari bahan aluminium yang mudah melunak. Kitchen set aluminium jadi tidak tahan terhadap benturan sehingga permukaannya bisa menjadi penyok atau tidak rata. Jadi, kamu harus lebih berhati-hati saat hendak mengolah makanan di area kitchen set, seperti menumbuk bawang atau cabai, memotong daging, atau sekadar memecahkan telur. Tentu hal ini jadi pertimbangan sendiri bagi kamu yang sehari-hari beraktivitas di dapur dengan intensitas tinggi.

3. Kitchen Set Aluminium Cenderung Berisik

Untuk kamu yang tidak tahan mendengar suara yang terlalu bising, mungkin bahan aluminium belum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk set dapur kamu di hunian. Pasalnya, bahan logam ini dapat menimbulkan suara yang cukup berisik jika saling beradu atau terbentur benda lainnya. Apalagi jika ada banyak peralatan masak di dapurmu yang terbuat dari stainless steel atau bahan logam dan besi lainnya.

4. Desainnya Lebih Terbatas

decorablog.com

Kelemahan yang terakhir ini lebih mengarah ke unsur estetika. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kitchen set aluminium cenderung memberikan tampilan yang monoton. Hal ini karena desainnya sangat terbatas, hanya cocok untuk hunian bergaya modern. Berbeda dengan kitchen set kayu atau batu alam yang bisa divariasikan dan terlihat lebih aesthetic.

Bahkan, bagi beberapa orang, kesan yang ditampilkan oleh kitchen set aluminium ini terlalu kaku untuk sebuah hunian. Namun, mungkin ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin memiliki desain dapur ala chef!

Demikianlah berbagai kelebihan dan kekurangan dari kitchen set aluminium yang patut dipertimbangkan.  Pada akhirnya, keputusannya akan kembali lagi kepada kamu karena hanya kamu yang tahu secara detail bagaimana kebutuhan dan juga kondisi dapurmu. Apakah lebih cocok menggunakan kitchen set dari bahan aluminium, atau justru bahan lainnya seperti kayu, particle board, dan batu alam?

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga seluruh ruangan di hunianmu dengan furnitur berkualitas. Kamu bisa, lho menemukannya di Dekoruma yang jual kasur, kursi, meja, lemari pakaian, hingga meja & kursi makan dengan aneka model sehingga kamu bisa memilihnya sesuai selera. Selain furnitur,  Dekoruma juga jual piring, gelas, sendok, dan aneka peralatan makan lainnya.

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma pun siap membantu! Mulai dari desain interior rumah Japandi, apartemen minimalis modern, hingga

 kitchen set letter L
, semua bisa diwujudkan. Dijamin desainnya space-saving, prosesnya jelas, dan bisa disesuaikan dengan budget-mu. Yuk, segera hubungi tim Dekoruma Desain Interior! 🙂