Pikiran saya bekerja di malam hari. —Pete Wentz

Mungkin kutipan bisa menjadi alasan yang bagus buat para penderita insomnia yang sulit tidur saat malam. Mungkin juga berlaku buat kamu yang sudah mencoba berbagai cara untuk tidur, tapi nggak berhasil. Insomnia sendiri banyak penyebabnya, tapi tahu nggak, kalau warna cat kamar tidur bisa jadi salah satunya?

Mungkin terdengar aneh kalau dibilang warna cat kamar bisa membuatmu insomnia, atau mungkin makin parah. Tapi bisa saja warna cat kamar yang terlalu buruk memperparah insomniamu!

Walaupun ada beberapa desain dengan warna cat kamar yang terbukti populer; seperti hitam-putih, memakai warna merah sebagai warna cat kamar, atau hijau yang didapuk sebagai warna cat kamar terbaik untuk relaksasi.

Pinterest.com

Lantas, warna cat kamar apa yang bagus untukmu? Pertanyaan ini memicu Zillow Digs—salah satu marketplace untuk real estate dan rental untuk melakukan riset pada 50.000 foto rumah yang sudah terjual. Hasilnya? Mereka menemukan rumah dan dengan warna car kamar tertentu terjual dengan harga lebih tinggi dibanding rumah dengan warna cat kamar lainnya.

9 warna berikut adalah warna yang paling nggak disukai oleh pembeli rumah, pastikan kamu nggak memakai mereka sebagai warna cat kamar ya!

1. Off-white (eggshell)

ikea.com

Palet dari warna putih, atau warna putih-putih sepertinya aman untuk dijadikan warna cat kamar. Buktinya, menurut Zillow, rumah dengan off-white sebagai warna cat kamar terjual sekitar USD$ 82 lebih rendah dibanding perkiraan mereka.

Walau begitu, jangan ragu untuk memilih warna putih sebagai warna cat kamar! Kalau kamarmu cukup tertata dengan furniture yang tepat, putih bukan warna cat kamar yang harus kamu takuti.

Tapi ingat ya, padupadankan warna putih dengan dekor rumah berwarna. Misalnya memilih hiasan dinding berwarna pastel, menggantung tipografi yang kamu sukai dan menggantung bingkai foto kamu dan keluarga atau teman. Perhatikan juga warna gorden yang kamu pilih! Untuk mengimbangi warna cat kamar putih yang terkesan netral dan flat, ambil gorden dengan warna mencolok seperti merah atau kuning.

Baca Juga: Warna Cat yang Tepat Bisa Buat Kamu Lebih Happy, Percaya?

Salah satu alternatif warna cat kamar yang bisa kamu pakai adalah kuning gandum, jangan pakai warna mencolok sebagai warna cat kamar, apalagi kalau kamarmu termasuk kecil.

2. Cokelat tua

Pinterest.com

Warna cat kamar kedua yang harus kamu hindari selanjutnya adalah cokelat tua. Nggak tanggung-tanggung, menurut riset dari Zillow rumah dengan warna cat kamar cokelat tua terjual lebih rendah USD$ 236 lebih rendah daru seharusnya! Saking nggak disukai, pemerintah Australia sempat berpikir untuk menggunakan warna ini sebagai warna kotak rokok.

Kalau warna cokelat segitu nggak disukai, masa kamu mau menggunakannya sebagai warna cat kamar sih? Sebagai alternatifnya, khaki atau hijau muda bisa dipilih sebagai warna cat kamar kamu

3. Terracotta

keystrokecapture.org

Buat kamu yang asing dengan istilah terracotta, warna ini pasti bisa kamu temukan di pot tanaman. Rumah dengan warna cat kamar ini terjual USD$ 793 lebih rendah dibanding estimasi harga dari Zillow. Hindari warna cat kamar yang terlalu terang seperti merah, oranye, atau ungu. Pilihan warna kalem seperti abu-abu muda bisa kamu pertimbangkan jika mencari kesan klasik

4. Oranye

pinterest.com

Oranye yang cerah dan ceria menjadikannya cocok sebagai warna ruang bermain, sayangnya hal ini nggak berlaku buat warna cat kamar. Terutama buat kamu yang punya insomnia. Alih-alih punya istirahat yang tenang, kamu malah jadi nggak bisa tidur karena warna cat kamar yang terlalu cerah.

Kalau kamu bersikeras ingin memakai warna oranye di kamar, pilih shades lebih lembut seperti warna buah persik (peach). Jadikan sebagai aksen pada kamarmu, misalnya pada meja atau kursi ottoman.

5. Merah

Merah merupakan warna yang sangat bersemangat, malah terlalu bersemangat dan bisa mempengaruhi pikiran kamu jadi terlalu aktif pada waktu tidur. Makanya, warna cat kamar serba merah atau furnitur serba merah lebih baik dihindari pada kamar tidurmu. Tapi, kamu bisa menambahkan aksen merah pada benda-benda kecil seperti bantal dekorasi.

6. Kuning

easypaint.com

Seperti oranye, kuning sangat nggak disarankan untuk warna cat kamar. Secara umum, warna cat kamar yang terlalu terang bisa berbalik jadi overstimuli untuk pikiranmu. Apalagi kalau kamarmu terbilang kecil. Bukannya rileks, kamu malah jadi sulit tidur. Insomnianya makin parah kan?

Baca Juga6 Tips Kreatif Dekorasi Kamar Ukuran Kecil

7. Slate gray

furni.walkabye.com

Shades warna abu memang bagus, tapi nggak semua warna abu-abu itu bagus. Slate gray, kalau di masyarakat umum lebih dikenal dengan abu-abu tua, bisa jadi pilihan terburuk pada saat memilh warna cat kamar kamu. Bukan cuma buat kamar, slate gray juga nggak disarankan buat warna ruang makan. Buktinya, nilai penjualan rumah dengan ruang makan slate gray merugi USD$ 1,112. Selain itu, slate gray sering dianggap terlalu suram untuk warna cat kamar. Sebaliknya, pilihan warna cat kamar lebih terang seperti dove atau light gray malah menaikkan harga jual sebanyak USD$ 1,104.

8. Lime green

Pinterest.com

Dianggap melambangkan ketenangan, hijau seringkali menjadi warna favorit untuk rumah. Terutama untuk warna cat kamar. Tapi tahukah kamu, seperti palet warna terang lainnya, hijau dianggap kurang bagus untuk jadi pilihan warna cat kamar?

Shades hijau, selain melambangkan ketenangan—juga melambangkan ledakan energi. Sama seperti merah, kuning, dan oranye, warna-warna yang bisa menstimuli pikiranmu sebaiknya dihindari sebagai warna cat kamar.

9. Hitam

interiorish.com

Pada feng shui, warna hitam dianggap bisa menyerap energi. Makanya, orang sering salah kaprah menganggap hitam adalah pilihan tepat untuk warna cat kamar.

Padahal, kalau kamu memilih untuk mencat seluruh kamar dengan warna hitam, nggak mustahil kamu akan merasa kewalahan atau nggak bersemangat. Warna hitam sangat nggak disarankan untuk warna cat kamar, terutama kamar anak.

Baca Juga: 8 Trik Memilih Warna Cat Rumah Lewat Feng Shui

Selain warna cat kamar, hal yang sering kamu lewatkan (padahal penting) adalah pencahayaan. Warna lampu yang kamu pilih harus sesuai dengan warna cat kamar; pilih kuning atau putih? Hal ini bisa menentukan keseluruhan tema kamarmu nanti. Jangan lupa pilih tipe lampu yang tepat, misalnya pilih lampu gantung atau lampu dinding. Tipe lampu juga berbeda, seperti yang kamu dengar, ada jenis lampu bohlam dan lampu LED.

Nah, setelah membaca soal warna cat kamar di atas, kamu pasti berpikir dua kali ‘kan sebelum membeli cat? Bukannya tidur nyenyak tiap hari, insomnia kamu malah makin parah gara-gara salah pilih warna cat kamar. Pastikan juga kamu menggunakan kasur yang nyaman agar tidurmu lebih nyenyak. Jika kamu sedang mencari kasur dengan kualitas terbaik, Dekoruma jual kasur King Koil,  Dunlopillo, Airland, dan berbagai merek kasur terkenal lainnya.

Jika kamu sedang mencari furnitur untuk melengkapi kamar tidurmu, Dekoruma juga jual lemari pakaian, tempat tidur, sofa, dan kasur dengan beragam ukuran, model, dan merek. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!

Selain itu, kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂