Fungsi utama dari sebuah kamar tidur tentunya adalah sebuah tempat untuk beristirahat dan melepas penat. Tapi, hampir semua orang juga melakukan berbagai aktivitas lainnya di kamar tidur mereka. Oleh karena itulah, kenyamanan di kamar tidur pun menjadi penting. Karena tidak hanya kamu perlu kasur berkualitas baik sebagai tempat untuk tidur, banyak orang yang juga menggunakan kamar tidur sebagai tempat untuk belajar, membaca, bekerja dan bermain.

Untuk menciptakan kenyamanan yang dapat mendukung semua aktivitas tersebut, kamu bisa mulai dari membangun suasana yang pas di kamar tidur. Membangun suasana tersebut bukan hanya dari memilih furniture yang kamu gunakan saja, tapi juga melalui dekorasi dinding kamar kamu. Tapi dengan budget yang terbatas, apa bisa mendapatkan hiasan dinding kamar yang keren, unik dan tentunya bisa mencerminkan diri kita?

Baca Juga: 4 Trik Kreatif dengan Hiasan Dinding dari Karton

Hiasan dinding kamar memiliki ragam yang luas sekali. Mulai dari stiker dinding, kain, bingkai foto dan rak dinding serbaguna, setiap hiasan dinding kamar itu memiliki fungsi bukan hanya sebagai pemanis ruangan saja.

Untuk memiliki hiasan dinding kamar yang pas dengan suasana ruangan yang ingin kamu bangun, membeli bukan satu-satunya jalan. Kamu selalu bisa membuat sendiri hiasan dinding kamar yang mencerminkan diri kamu. Bahkan membuatnya bisa menghemat budget pengeluaran yang kamu butuhkan untuk dekorasi dinding kamar kamu.

Ada berbagai macam hiasan dinding kamar yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahkan beberapa bahan pembuatannya merupakan hasil daur ulang dari sampah sehari-hari kita loh. Siapa yang menyangka sampah-sampah itu bisa bertransformasi menjadi hiasan dinding kamar yang unik dan memiliki nilai estetika yang tinggi pula. Yuk kita lihat beberapa inspirasi hiasan dinding kamar yang bisa kamu buat sendiri!

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Karton

Hiasan dinding kamar 3 dimensi bukan hal yang tidak mungkin untuk diwujudkan. Dengan sedikit trik dan kemampuan gunting-potong-lipat, semua orang pasti bisa membuatnya! Salah satu bentuk yang mudah untuk dibuat adalah hiasan kamar 3 dimensi berbentuk hati.

Cara pembuatan:

1. Potong pola bergambar hati pada kertas karton. Pastikan pangkal hati dibuat tidak terlalu lancip, dan sisi samping hati harus lebar.

cozinhasitatiaia.lti.net

2. Jepit bagian pangkal hati untuk menciptakan kesan menggembung.

 cozinhasitatiaia.lti.net

3. Ulangi langkah 1 dan 2 untuk membuat banyak karton hati.

floresmarien.blogspot.co.id

4. Tempelkan pada dinding dengan menggunakan lem.

azadehfun.ir

Hiasan dinding bentuk hati 3 dimensi ini sangat cocok ditempelkan pada dinding kamar dekat meja kerja atau meja belajar. Dengan demikian, kamu jadi makin semangat, deh!

Selain bentuk hati 3 dimensi, kamu dapat berkarya dengan kertas karton untuk membuat hiasan dinding berbentuk bunga mawar, loh! Tentunya pembuatannya pun tidak kalah mudah dari bentuk hati.

Cara pembuatan:

1. Siapkan kertas karton berbentuk segi empat sama sisi, dan gambari dengan bentuk pusaran angin seperti pada gambar. Tidak perlu mengkhawatirkan bentuknya gambarmu yang tidak sempurna, karena yang kamu butuhkan adalah bentuk dasarnya untuk membuat bagian kelopak bunga nanti.

2. Potong kertas karton mengikuti garis melingkar yang sudah kamu buat sebelumnya, seperti pada gambar.

diy.fr

3. Gulung kertas karton yang sudah dipotong dimulai dari sisi luar lingkaran, seperti pada gambar.

diy.fr

4. Setelah kertas karton selesai digulung dan akan mulai membentuk kelopak bunga mawar. Kamu dapat mengendurkan sedikit gulungan untuk mendapatkan bentuk kelopak mawar yang sesuai dengan kesukaanmu. Setelah selesai, gunakan lem untuk membuat kelopak mawar kertas tetap pada posisinya.

madexme.derail.co

5. Ulangi langkah 1 sampai 4 untuk membuat lebih banyak mawar kertas.

6. Tempelkan setiap mawar kertas yang sudah dibuat di atas kertas karton besar yang digunting berbentuk hati. Tambahkan potongan kertas karton hijau sebagai bagian daun dari mawarmu, dan manik-manik putih pada bagian tengah mawar sebagai bagian putik bunga.

7. Tambahkan pita merah pada hiasan dinding mawar kertasmu untuk membantumu dalam menggantungnya. Bisa digunakan untuk menghiasi dinding kamarmu, atau di area rumah lainnya.

woman39.ru

Hiasan dinding kamar ini sangat mudah dibuat dan bentuknya pun manis. Dengan pilihan warna yang cerah, suasana kamar kamu pun bisa menjadi lebih ceria, dan tentunya terasa manis dan hangat. Hiasan dinding kamar ini banyak digunakan di kamar para anak perempuan, apalagi oleh mereka yang sedang berbunga-bunga dan merasakan jatuh cinta.

Hiasan Dinding Kamar dari Bunga Kering

Untuk kamu yang sudah punya kekasih, sesekali pasti pernah kan mendapatkan bunga dari yang tersayang. Walaupun bunga memiliki kecantikan yang memikat, sayangnya mereka tidak memiliki daya tahan yang kuat dan cepat menjadi layu.

Daripada membiarkan mereka menjadi layu dan harus berakhir dengan dibuang, lebih baik bunga-bunga itu diawetkan saja? Dengan diawetkan, kamu dapat mengagumi kecantikan bunga-bunga tersebut lebih lama dan kamu dapat mengabadikan kenangan dari bunga itu. Setelah dikeringkan, kamu juga dapat menggunakan bunga tersebut sebagai hiasan dinding kamar kamu.

tattooedmartha.com

Cara pembuatan:

1. Buang bagian daun dari setiap tangkai bunga yang akan dikeringkan untuk digunakan.

driedflowercraft.co.uk

2. Gantung terbalik setiap tangkai bunga. Setelah beberapa hari, bunga akan mulai berubah warna, tanda dia sudah mengering, seperti pada gambar sebelah kanan.

frazerconsultants.com

3. Rentangkan setiap tangkai bunga di dinding kamar dan ditata agar rapi. Kamu bisa menatanya berbaris menyerupai tirai yang menempel.

michaelweishan.com

4. Tempelkan setiap tangkai dengan menggunakan selotip transparan.

recycled-things.com

Menggunakan bunga hasil dikeringkan sebagai hiasan dinding kamarmu dapat membantu membangun suasana kamar vintage yang manis. Selain itu kamar tidur pun dapat terasa lebih asri dengan kehadiran para bunga ini menghiasi dinding kamarmu.

Hiasan Dinding Kamar dari Gulungan Bekas Tisu

Tisu toilet merupakan salah satu benda yang cukup sering kita gunakan. Jadi, tidak heran kalau ada cukup banyak sampah gulungan bekas tisu toilet. Nah, daripada langsung dibuang, kamu bisa menyulap gulungan bekas tisu toilet ini menjadi sebuah hiasan dinding kamar yang elegan loh! Caranya pun sangat mudah.

Cara pembuatan:

1. Potong gulungan bekas tisu toilet menjadi lebih tipis, dengan tebal yang konsisten.

made2style.com

2. Rangkai hasil potongan gulungan bekas tisu dengan menggunakan lem untuk membentuk pola yang diinginkan, dan jepitan jemuran untuk mempertahankan bentuk hingga mengering. Contohnya membentuk pola bunga, seperti pada gambar.

made2style.com

3. Semprotkan cat pada permukaan gulungan bekas tisu yang ingin diberi warna dengan warna yang cerah.

9drawings.com

4. Pasangkan gulungan bekas tisu yang sudah dibentuk di dinding menggunakan paku ukuran kecil agar tidak mudah jatuh.

pinterest.com

Taraaa!! Sebuah transformasi yang luar biasa ya. Mengubah limbah rumah tangga menjadi sebuah dekorasi dinding kamar yang elegan. Rasanya pun betah berlama-lama menatapnya.

Waah, dijamin suasana kamarmu pun jadi semakin romantis deh ditemani dengan cahaya temaram dari lilin-lilin itu. Hiasan dinding kamar ini juga cocok digunakan untuk usaha kafe, karena memberikan suasana yang dapat membuat pelanggan yang datang merasa nyaman.

Baca Juga: 4 Transformasi Kabinet Lamamu Jadi Furniture yang Baru

Itu dia hiasan dinding kamar yang bisa kamu buat sendiri. Kalau kamu sedang mencari furnitur untuk melengkapi kamar tidurmu yang sudah dipenuhi hiasan dinding kamar, Dekoruma jual lemari pakaian, tempat tidur, dan sofa dengan beragam ukuran dan merek yang bisa kamu sesuaikan.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual spring bed King Koil, Alga, Lady Americana, dan beragam merek spring bed terkenal lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma sekarang juga!

Apabila kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂