Untuk mewujudkan desain rumah mewah impianmu, peran arsitek sangatlah penting. Tapi kamu nggak perlu kebingungan karena kini Indonesia sudah memiliki banyak sekali Arsitek ternama yang sudah terbukti kehandalannya dalam mewujudkan desain rumah mewah yang keren.

Inilah beberapa karya desain rumah mewah hasil buah kreativitas Arsitek ternama tanah air yang bisa jadi inspirasimu mewujudkan desain rumah mewah impianmu!

1. Rumah Kotak Kayu – RAW Architecture


Inhabitat.com

Desain rumah mewah satu ini dirancang oleh Tim Realrich Architecture Workshop (RAW architecture) yang diketuai oleh Realrich Sjarief. Rumah yang terdiri dari tiga lantai dan menggunakan material kayu sebagai lantai, jendela-jendela dengan ukuran besar, dan taman yang berada di atas ini diberi nama “Rumah Kotak Kayu”.

Dengan kesan natural, rumah berbahan kayu ini membuat penghuni bisa menikmati kenyamanan baik di dalam maupun di luar rumah. Rumah yang identik dengan material kayu ini menggunakan lima tipe kayu lokal baik sebagai interior maupun eksterior. Mulai dari kayu pinus atau kayu jati belanda pada fasad yang terkenal akan kekuatan dan warnanya yang baik, hingga kayu besi untuk bagian lantai dalam rumah.


 Inhabitat.com

Rumah Kotak Kayu juga menggunakan furnitur kayu jati di ruang tidur, perpustakaan, dan area foyer untuk memberikan kesan elegan dan mewah khas kayu jati. Dengan penggunaan berbagai kayu dan juga bukaan lebar yang mengatur sirkulasi baik udara dan cahaya, desain rumah mewah satu ini memberikan kenyamanan dibalik kemewahannya.

2. Splow House – Delution Architect


FernandoGomulya.com

Lahan terbatas adalah masalah hampir di semua kota besar. Namun Studio Arsitek yang berbasis di Jakarta, Delution Architect membuktikan bahwa dengan lahan hanya selebar 6 meter persegi, kamu bisa menghadirkan hunian yang mewah dan juga nyaman lewat desain rumah mewah yang diberi nama Splow House.

Splow House memiliki konsep “split” dimana jika terlihar dari luar, desain rumah mewah ini hanya terlihat memiliki 2 lantai. Namun, kenyataannya rumah ini memiliki 3 lantai yang terdiri dari 5 lantai mezanine yang disambungkan oleh tangga yang berada di void di tengah bangunan.


FernandoGomulya.com

Keberadaan void pada desain rumah mewah ini tak hanya sebagai penghubung antar lantai mezzanine tapi juga memungkinkan setiap penghuni tetap bisa berinteraksi meski berada di lantai yang berbeda.

Selain itu, void membantu desain rumah mewah Splow House mendapatkan cukup pencahayaan, baik itu pencahayaan alami atau dari lampu dan juga sirkulasi udara alami. Dengan pemanfaatkan unsur natural dan maksimalisasi penggunaan ruang di lahan sempit, nggak heran jika desain rumah mewah karya Delution Architect ini mendapatkan penghargaan Internasional!

3. Rumah Botol – Ridwan Kamil


Kompas.com

Siapa yang nggak kenal dengan Ridwan Kamil?  Ia adalah Arsitek dan Pendiri dari Urbane yang kini menjabat sebagai Walikota Bandung. Karya-karyanya sudah banyak dan tersebar di beberapa kota di Indonesia bahkan di luar negeri. Salah satu karyanya yang menarik adalah desain rumah mewah “Rumah Botol”, yang tak lain dan tak bukan adalah kediaman pribadi Arsitek yang kerap disapa Kang Emil ini.

Memiliki desain rumah yang beda dari yang lain, desain rumah ini dirancang secara khusus. Untuk mewujudkan desain rumah mewah ini, Ridwan Kamil menggumpulkan 30.000 botol kaca bekas selama dua tahun.

Selain untuk menciptakan fasad dan pencahayaan alami yang menarik, hal ini juga guna mengurangi sampah di kotanya. Ide unik ini hadir dari pengamatan Ridwan Kamil akan kebiasaan pegawainya yang suka mengonsumsi minuman tersebut.


AboutUrban.com

Perpaduan material botol kecoklatan dan material kayu untuk meja membuat desain rumah mewah ini tampak cantik diluar, ini dilengkapi oleh sofa dan juga bantal dekorasi bercorak unik. Material kayu memberikan bayangan yang cantik pada ruang dibaliknya. Selain memanfaatkan material daur ulang, penggunaan energi pada desain rumah mewah ini tertata dengan baik sehingga nggak heran jika karya Ridwan kamil satu ini dianugerahi “Green Design Award 2009” oleh BCI Asia.

4. Reva House – Revano Satria


arsitag.com

Perkembangan gaya hidup membuat desain rumah mewah dituntut untuk mampu mengakomodir setiap aktivitas penghuninya. Hal inilah yang membuat Arsitek Revano Satria mengimplentasikan desain rumah mewah untuk mengintegrasi pekerjaan dan juga kehidupan keluarga lewat desain ruma mewah “Reva House”.

Rumah yang ia diami bersama keluarga ini memiliki penampilan terbuka, sederhana, namun tetap terkesan mewah dengan berbagai material yang diekspos. Mulai dari kayu, beton, hingga besi. Meski terbuka, area pribadi seperti kantor dan juga ruang tidur utama terpisah dari bangunan utama yang menciptakan area terbuka di tengah bangunan yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

Selain pemisahan zoning yang rapi, salah satu hal yang menjadikan desain rumah mewah ini menarik adalah konsepnya yang sangat playful dimana setiap sudut ruangan bisa menjadi area bermain yang menyenangkan untuk buah hatinya.


arsitag.com

Reva House juga dibangun dengan sistem otomasi jaringan interkoneksi yang sepenuhnya terkontrol melalui perangkat genggam dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Sistem HVAC dirancang untuk mendeteksi secara otomatis suhu luar yang akan diinformasikan oleh informasi berbasis internet, untuk menggerakkan tirai dan gorden di rumah secara otomatis untuk menutup atau terbuka pada siang hari dan malam tergantung pada arah sinar matahari sepanjang hari untuk mendapatkan efisiensi HVAC dan mengurangi panas di dalam rumah.

5. Desain Rumah Mewah Denpassar Residence – Atelier Cosmas Gozali


archdialy.com

Desain rumah mewah selanjutnya adalah kombinasi dari rumah tradisional Jawa dengan tampilan yang lebih modern. Kombinasi teras, halaman, kolam renang, memberikan oasis ditengah kepadatan lingkungan sekitar dari desain rumah mewah karya Atelier Cosmas Gozali ini.

Memiliki tema rumah modern, hampir semua ruang di dalam desain rumah mewah yang dinamakan “Denpasar House” ini menggunakan konsep “Pendopo” atau paviliun dalam konsep tradisional Jawa. Semua gubahan massa bangunan menyatu dengan landskap hunian yang berpusat pada halamana tengah dengan bukaan yang besar guna memaksimalkan pencahayaan dan pengudaraan alami.


archdialy.com

Setiap gubahan massa “pendopo” yang dibagi jadi beberapa blok, disambungkan melalui koridor yang membuat komposisi desain rumah mewah ini menjadi tidak terlalu masif dan masih terlihat humble. Rancangan hunian ini juga mencoba mempertahankan pohon-pohon yang memang secara alami sudah berada pada lokasi tapak. Hiasan dinding dan dekor dibuat sealami mungkin dan menyatu dengan desain rumah itu sendiri.


archdialy.com

Kombinasi antara elemen tradisional dan juga modern bisa kita lihat juga pada interior desain rumah mewah ini seperti pada pola batik kaeung yang dikombinasikan dengan furnitur modern. Selain itu, banyaknya ruang terbuka, pemanfaatan cross ventilation yang maksimal, dan penggunaan material lokal membuat rumah ini juga ramah lingkungan.

6. Heavy Rotation House – Parametr Architect


archdialy.com

“Heavy Rotation” adalah desain rumah mewah karya Arsitek tanah air dari studio Parametr Architect. Dengan melihat bentuknya saja kamu sudah bisa menerka alasan dibalik penamaan desain rumah mewah satu ini.

Rumah ini sendiri merupakan hasil renovasi rumah lama yang membuktikan bahwa bangunan lama dapat digunakan dan diharmonisasikan dengan bangunan baru.


archdialy.com

Dalam merancang desain rumah ini, sang Arsitek menggunakan filosofi Krowakism (krowak = lubang) dengan memaksimalkan void dan skylight serta menggunakan jembatan sebagai untuk sirkulasi pada lantai dua.

Gubahan masa yang terlihat sangat dinamis dan unik ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Desain rumah mewah “Heavy Rotation” mencoba untuk membuat bangunan tidak menghadap langsung pada cahaya matahari sehingga bisa menggurangi penggunaan secondary skin untuk melindungi bangunan dari temperatur ekstrem. Menarik sekali bukan desain rumah mewah satu ini?

7. Distort House – TWS & Partners


archidaily.com

“Distort House” karya TWS & Partners ini memberikan twist pada bentuk-bentuk bangunan konvensional untuk memberikan persepsi baru dan juga memperkaya kualitas kenyamanan daru desain rumah mewah ini.

Rumah satu ini juga identik dengan bukaan dan ruang terbuka hijau yang banyak dan luas guna merespon kondisi tapak yang berdekatan dengan taman kota. Nggak heran jika sirkulasi udara pada desain rumah mewah ini sangatlah baik.


archidaily.com

Selain bentuknya yang menonjol, bangunan ini juga mengombinasikan material alami seperti kayu dengan beton dan juga berbagai bahan-bahan bangunan konvensional yang sebenarnya jauh dari kata modern. Namun, siapa sangka hal ini justru membuat rumah ini terkesan mewah dengan caranya sendiri.

8. Satu House – Chrystalline Architect


 HomeDsgn.com

Dinamakan “Satu House” karena desain rumah mewah karya Chrystalline Architect ini memiliki nomor rumah satu. Dengan fasad yang layaknya rumah kembar, desain rumah mewah minimalis ini jelas terlihat berbeda dan unik dibanding rumah lain disekitarnya.


HomeDsgn.com

Masih mengusung konsep minimalis, pada bagian interior, desain rumah mewah ini didominasi ruang-ruang terbuka tanpa sekat yang membantu rumah ini menjaga sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Tanpa banyak pernak-pernik atau dekor glamor, “Rumah Satu” tetap berhasil membangun kemewahan dan “ekslusivitas” pada karyanya satu ini.

9. BRG House – Tan Tik Lam


archdaily.com

Meski berada pada tapak yang terlihat sangat indah, justru lokasi tapak inilah yang menjadi tantangan terbesar dari desain rumah mewah karya Tan Tik Lam ini. Karena permasalahan ini dan juga ukuran, sang arsitek memisahkan dua fungsi utama pada tapak, yaitu area drop-off dan bangunan rumah utama sehingga penghuni harus berjalan atau menggunakan golf chart untuk mencapai bangunan utama.


archdaily.com

Pada desain rumah impian yang mewah ini, Tan Tik Lam mengusung konsep “one floor living” dimana semua fungsi utama berada pada satu lantai sama yang dirancang responsif pada keadaan topografi tapak. Dengan lingkungan tapak yang sangat natural, desain rumah mewah yang dinamakan “BRG House” ini jelas pilihan tepat untuk menjadi peristirahatan saat kamu merasa penat.


archdaily.com

Itulah beberapa desain rumah mewah karya arsitek ternama nusantara. Ternyata banyak bukan arsitek tanah air dengan desain rumah mewah yang menakjubkan dan terkenal hingga tingkat internasional. Desain rumah mewah mana yang jadi favoritmu?

Yuk, temukan aneka furnitur untuk rumahmu di Dekoruma! Dekoruma jual rak display, meja ruang tamu, kursi malas, sofa, dan lemari. Untuk kasur, Dekoruma jual kasur Florence, King Koil, Serta, dunlopillo, dan merek-merek kasur ternama lainnya.

Bagi kamu yang suka memasak, Dekoruma juga menyediakan peralatan dapur yang super lengkap, lho! Tak ketinggalan, Dekoruma juga jual Calista, yaitu merek wadah makanan berkualitas yang bisa digunakan untuk menyimpan aneka bumbu dapur hingga masakan di rumah. Lengkap banget, ‘kan?

Kamu sedang mencari hunian baru yang nyaman dan strategis? Lagi-lagi kamu bisa temukan di Dekoruma! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Depok, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!