Di dalam era yang seperti ini, rumah yang kita tinggali saat ini bukan hanya menjadi tempat hunian saja tapi juga sekaligus menjadi sebuah aksesori dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti dari desain rumah dengan beragam gaya atau style yang tentunya sudah biasa diterapkan pada semua model rumah, baik pada rumah mewah maupun rumah minimalis. Kalau kita sedang berbicara tentang desain rumah yang minimalis, pasti nggak jauh-jauh dengan rumah tipe 36 yang bisa jadi rumah idaman!

Adanya rumah tipe 36 atau rumah 6×6  menjadi salah satu model rumah yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berada di kalangan menengah atau pasangan muda yang baru saja menikah. Adapun beberapa alasan mengapa rumah tipe 36 menjadi favorit; ada yang beralasan bahwa model rumah tipe 36 ini memiliki model yang menarik dan elegan,nggak lupa pas dan cocok untuk keluarga yang tidak begitu besar.

pexels.com

Selain itu, alasan yang paling utama dari keberadaan rumah tipe 36 adalah karena model rumah tipe 36 ini juga tidak memakan biaya yang cukup besar dalam pembuatannya.

Kamu berniat merenovasi rumah type 36 milikmu menjadi nyaman, simpel, tapi tetap elegan? Yuk simak ulasan Kania di bawah ini tentang rumah tipe 36, siapa tahu 10 desain ini bisa jadi inspirasimu nanti ketika ingin membangun rumah!

1. Model desain depan rumah tipe 36

blogspot.com

Rumah tipe 36 ini idenik dengan rumah minimalis dengan memanfaatkan space yang ada sehingga tidak terlalu memakan biaya besar dalam pembuatannya. Warna eksterior rumah tipe 36 biasa didominasi dengan warna abu-abu, putih, atau hitam. Perpaduan warna cat rumah bagian luar tersebut mampu menciptakan kesan yang elegan.

blogspot.com

2. Model desain layout rumah tipe 36

newhomemoderndesign.com

Memang suatu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi kalau rumah tipe 36 akan membuat para penghuni sedikit susah bergerak. Ruang yang sempit harus bisa diakali dengan menempatkan barang atau furniture dengan tepat dan bisa menggunakannya sesuai dengan fungsi. Layout dari rumah tipe 36 ini biasanya akan terdiri dari ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur. Meski sempit, kamu bisa mencari celah supa rumah tipe 36 bisa tetap terlihat luas dan rapi.

3. Desain bagian dalam atau interior rumah tipe 36

Pinterest.com

Karena rumah tipe 36 ini memiliki ruang luas yang terbatas, tentunya ini akan menuntut kita agar bisa cerdas dalam menata ruangan dan memadupadankan furnitur agar ruangan dalam rumah tidak terlalu sempit. Pemilihan kursi, lemari atau meja serta dekor yang ada dalam rumah juga menentukan bagaimana interior rumah tipe 36 akan seperti apa nantinya.

4. Desain ruang tamu rumah tipe 36

newhomeminimalist.com

Untuk tipe rumah 36, kita memang dituntut untuk pandai-pandai menata interior ruang tamu. Apalagi ruang tamu yang merupakan ‘wajah’ dari sebuah rumah. Dalam menata ruang tamu di rumah tipe 36, kamu bisa memulainya dengan pemilihan sofa pada ruangan tertentu yang disesuaikan dengan luas ruangan agar tidak membuat ruangan jadi sempit.

Baca Juga: 5 Cara Mendekor Ruang Tamu Sederhana Yang Kamu Ga Tau!

softosd.com

5. Desain ruang tidur dalam rumah tipe 36

remontbp.com

Satu ruangan yang esensial dari sebuah rumah tentunya adalah kamar tidur. Di dalam rumah tipe 36, ruang tidur harus mendapatkan perhatian lebih, apalagi kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat dan melepas penat seharian. Ruang tidur harus dibuat senyaman mungkin. Ini bisa diwujudkan dengan memilih kasur yang tepat, dipadu dengan

side table 
dan lampu dengan pencahayaan yang pas. Sama seperti prinsip yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menata rumah tipe 36, kita harus bisa pintar-pintar mendekorasi kamar dengan menentukan barang apa saja yang harus kamu pasang di kamar.

6. Desain dapur rumah tipe 36

solesirius.com

Desain dari dapur di rumah tipe 36 ini juga penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu ruangan yang sering atau hampir setiap hari dikunjungi. Selain kebersihan, keindahan ruangan juga mestinya tetap diperhatikan. Desain dapur dalam rumah tipe 36 bisa dimulai dengan penggunaan warna dari furnitur atau deretan kabinet dengan warna-warna yang sepadan. Kamu bisa menggunakan furnitur dapur berbahan kayu atau stainless yang lebih mudah untuk dibersihkan. Untuk contoh dari desain sapur rumah tipe 36 kamu bisa melihat di bawah ini.

7. Desain kamar mandi rumah tipe 36

rhyva.info

Meskipun tata letak kamar mandi yang biasanya ada di belakang atau tersembunyi, bukan berarti kita harus mengabaikan desain kamar mandi untuk rumah tipe 36 ya. Tentukan kamar mandi seperti apa yang kamu mau, apakah kamar mandi kering atau basah, dengan bak mandi, shower, atau menggunakan bathtub? Yang jelas, harus disesuaikan juga dengan ukuran kamar mandimu.

Baca Juga: 10 Desain Kamar Mandi Minimalis, Murah Tapi Ga Murahan!

8. Penentuan warna yang tepat untuk rumah tipe 36

pinterest.com

Salah satu hal yang juga esensial dalam ‘menghidupkan’ rumah tipe 36 adalah dengan menentukan bagaimana warna dari interior dan juga eksterior rumah sendiri. Karena rumah cenderung sempit, menggunakan warna-warna monokrom akan membuat rumah terasa lebih luas. Warna yang dipilih juga sesuai dengan kursi dan sofa yang kamu miliki. Kamu bisa bermain-main dengan warna-warna gelap agar desain interior terlihat lebih elegan.

9. Desain teras pada rumah tipe 36.

Pinterest.com

Keberadaan teras di rumah tipe 36 bisa dibilang sebagai ruang mempercantik rumah yang mini ini. Selain bisa mempercantik rumah tipe 36-mu, teras juga bisa memiliki fungsi lain yaitu untuk menerima tamu selain ruang tamu utama.

Pinterest.com

Untuk desain teras, kamu bisa mempercantik teras sesuai dengan seleramu, mulai dari pemilihan aksesori, warna keramik, hingga tiang pada rumah tipe 36. Kamu juga bisa memakai tanaman sebagai hiasan.

Baca Juga: 6 Desain Teras Rumah Homey, Bikin Kamu Betah Berlama-lama!

10. Desain rumah tipe 36 berlantai 2

Pinterest.com

Kita memang sering menemui rumah tipe 36 ini dengan dibangun hanya satu lantai saja. Namun, ada kalanya rumah tipe 36 ini dibuat dengan dua lantai. Model desain rumah dengan dua lantai ini bisa mudah kamu temukan di perumahan atau perkotaan.

Setelah melihat desain rumah tipe 36 di atas, apa kamu terinspirasi untuk mendesain rumah impianmu? Ternyata ukuran rumah yang kecil bukan jadi halangan untuk mendapat rumah idaman, bukan?

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, Dekoruma juga siap menangani masalah lemari custom kamu. Harga transparan, bisa disesuaikan dengan budgetmu. Tak hanya desain interior, Dekoruma juga jual furniture minimalis untuk hunianmu. Dekoruma jual rak sepatu, lemari pakaian, dan sofa. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!